Sukses

Lockdown Akibat Corona COVID-19 Inggris Bakal Diperpanjang Hingga Tiga Minggu

Akibat pandemi Corona COVID-19 yang menginfeksi semakin banyak korban, status lockdown di Inggris diperpanjang hingga setidaknya selama tiga minggu ke depan.

Liputan6.com, London - Status lockdown di Inggris akibat pandemi Virus Corona COVID-19 akan berlanjut untuk "setidaknya" tiga minggu ke depan.

Menteri Luar negeri, Dominic Rabb mengatakan dalam briefing hariannya bahwa suatu tinjauan telah menyimpulkan bahwa tindakan itu sekarang akan berisiko membahayakan kesehatan masyarakat dan ekonomi.

"Kami masih belum menurunkan tingkat infeksi sejauh yang kami butuhkan," katanya.

Melansir BBC, Jumat (17/4/2020), hal ini terjadi ketika Inggris mencatat 861 kematian akibat Virus Corona baru di rumah sakit, menjadikan totalnya menjadi 13.729.

Pembatasan ketat pada kehidupan sehari-hari, seperti mengharuskan orang untuk tinggal di rumah, menutup banyak bisnis dan mencegah pertemuan lebih dari dua orang  diperkenalkan sejak 23 Maret, ketika pemerintah mulai mencoba membatasi penyebaran virus corona.

Sedangkan itu, para menteri diharuskan oleh hukum untuk menilai apakah aturan itu berfungsi dan berdasarkan saran ahli, pantauan harus dilakukan setiap tiga minggu.

Raab, yang mewakili Perdana Menteri Boris Johnson yang baru sembuh dari Virus Corona baru, mengatakan: "Ada cahaya di ujung terowongan, tetapi kita sekarang berada pada tahap yang sulit dan berbahaya dalam pandemi ini."

"Jika kita buru-buru melonggarkan langkah-langkah yang kita miliki di tempat kita, kita akan mengambil risiko dan membuang semua pengorbanan serta semua kemajuan yang telah dibuat," tambahnya. 

"Itu akan berisiko tentang kemungkinan kembalinya status lockdown lain, dengan semua ancaman terhadap kehidupan yang membawa puncak kedua virus dan semua kerusakan ekonomi yang diakibatkan oleh penguncian kedua," jelasnya lagi. 

Raab mengatakan tinjauan itu menyimpulkan bahwa tindakan itu berhasil, tetapi ada bukti infeksi menyebar di rumah sakit dan rumah perawatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Pencabutan Status Lockdown

Raab kemudian mengatakan lima kondisi yang harus dipenuhi sebelum status penguncian dapat mereda. Di antaranya adalah: memastikan NHS dapat mengatasinya; penurunan "berkelanjutan dan konsisten" dalam tingkat kematian harian;  data yang dapat diandalkan yang menunjukkan tingkat infeksi menurun ke "tingkat yang dapat dikelola"; memastikan pasokan tes dan Alat Pelindung Diri (APD) dapat memenuhi permintaan di masa depan; dan juga mampu percaya diri setiap penyesuaian tidak akan mengambil risiko puncak kedua.

Dia mengatakan dia tidak bisa memberikan garis waktu yang pasti, tetapi mengatakan peringatan perdana menteri pada awal epidemi bahwa akan memakan waktu sekitar tiga bulan mendatang untuk bisa melewati puncak pandemi. 

"Kami tahu ini sulit. Setiap kali saya datang ke podium ini dan membacakan angka korban yang suram, saya pergi dan memikirkan putra dan putri mereka yang sedang mengalami hal ini sekarang, saudara, saudari, cucu, semua yang tertinggal, "kata Raab.

"Itu membuat pemerintah kini lebih fokus pada apa yang harus kita lakukan dan saya tahu bersama, bersatu, kita harus melanjutkan upaya nasional ini."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.