Sukses

Pantau Mahasiswa RI Saat Pandemi Corona COVID-19, KBRI di Pakistan Silaturahmi Online

Di tengah wabah penyakit infeksi Virus Corona baru (COVID-19), KBRI di Pakistan bersilaturahmi secara daring (online) dengan para mahasiswa Indonesia.

Liputan6.com, Islamabad - Duta Besar RI untuk Pakistan Iwan Suyudhie Amri bersilaturahmi secara daring (online) dengan para mahasiswa Indonesia di Pakistan pada Rabu 15 April 2020, di tengah wabah penyakit infeksi Virus Corona baru (COVID-19).

"Jarak bukanlah halangan bagi kita yang masih punya banyak alasan positif untuk tetap bertahan di tengah tantangan yang kita hadapi. Untuk itu, kita patut bersyukur dapat memanfaatan teknologi virtual sehingga pertemuan silaturahmi ini dapat terwujud," kata Dubes Iwan seperti dikutip dari Antara, Kamis (16/4/2020).

Menurut dia, di tengah suasana pembatasan jarak sosial dan fisik akibat wabah COVID-19 di Pakistan, silaturahmi antara KBRI Islamabad dengan mahasiwa harus tetap dijaga, seperti disampaikan dalam keterangan KBRI Islamabad yang diterima di Jakarta, Kamis.

Acara silaturahmi virtual yang digagas oleh KBRI Islamabad itu diikuti lebih dari 200 orang mahasiswa dalam satu forum interaksi yang berlangsung dengan tertib dan lancar.

Pertemuan daring itu juga menjadi sarana silaturahmi bagi KBRI Islamabad untuk mengetahui dan memastikan semua mahasiswa Indonesia dan keluarga besar KBRI dalam keadaan baik.

"Dalam situasi yang tidak normal dan prihatin seperti ini, kita harus mampu menjaga dan mengelola fisik, jiwa dan pikiran agar tetap sehat dan jernih," ujar Dubes Iwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atase Pertahanan KBRI Islamabad Berbagi Situasi Terkini Pakistan

 

Pada pertemuan virtual itu, Atase Pertahanan KBRI Islamabad, Kolonel ARH Dody Muhtar Taufik, selaku Komandan Satgas Penanganan Situasi Khusus dan Perlindungan WNI terkait penyebaran COVID-19 di Pakistan, berbagi informasi kepada mahasiswa mengenai situasi terkini di Pakistan.

"Dalam upaya mengantisipasi dan menghambat penyebaran COVID-19, Pemerintah Pakistan sejak 16 Maret 2020 memberlakukan karantina wilayah. Ruang gerak kita, masyarakat Indonesia di Islamabad dan Pakistan secara keseluruhan menjadi sangat terbatas," jelas Kolonel Dody.

Dia juga mengimbau agar mahasiwa tetap waspada, menjaga kesehatan, selalu menaati ketentuan otoritas Pakistan untuk membatasi kontak langsung sosial dan tetap beraktivitas positif selama masa karantina.

Dody juga menyampaikan tentang kemungkinan perpanjangan masa karantina hingga bulan Ramadhan.

Untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadhan tahun ini, KBRI Islamabad mengajak mahasiswa Indonesia mengadakan kegiatan buka puasa bersama. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini acara buka bersama akan dilaksanakan secara daring.

Menjelang buka puasa di masing-masing tempat, mahasiswa akan memaparkan materi keislaman dan dilanjutkan dengan diskusi secara daring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini