Sukses

Pandemi Corona COVID-19, Dubes Singapura Anil Kumar Nayar Tetap di Jakarta

Dubes Singapura Anil Kumar Nayar tetap berada di Jakarta kala pandemi Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Australia memulangkan duta besarnya di Indonesia pada 9 April akibat khawatir ancaman Virus Corona COVID-19. Namun, perwakilan diplomatik negara lain masih tetap aktif di Indonesia. 

Salah satunya adalah Kedutaan Besar Singapura di Indonesia. Kedutaan masih aktif dan Duta Besar Anil Kumar Nayar juga tetap berada di Jakarta. 

"Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Nayar, dan tim Kedubes Singapura tetap di Jakarta. Ini adalah saat yang menantang bagi banyak negara, termasuk Singapura dan Indonesia," ujar Cai Xihao, Counsellor (Political) Singapore Embassy di Jakarta kepada Liputan6.com, Rabu (15/4/2020).

Menurutnya, di Singapura saat ini banyak warga yang bekerja keras di garis depan untuk menyediakan pelayanan-pelayanan esensial dalam menghadapi pandemi COVID-19. "Kedubes Singapura, begitu juga tim Konsulat Jenderal Singapura di Batam dan Konsulat Jenderal di Medan akan terus melakukan tugas serupa di Indonesia. Ini adalah tugas dan tanggung jawab kami."

Dalam hal bantuan COVID-19 ke Indonesia, Xihao mengungkap, pemerintah Singapura telah memberi kontribusi total 30 ribu tes diagnostik dan lima mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk deteksi COVID-19; 1.050 set perlengkapan perlindungan diri; 100 viral transport media (VTM); dan empat pemindai thermal.

"Alat-alat ini telah dikirim ke Jakarta, Kepulauan Riau, dan Sumatera Utara. Kontribusi ini berangkat dari diskusi-diskusi antara Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan Presiden Joko Widodo pada 11 Maret 2020 untuk memperkuat kolaborasi antara Singapura dan Indonesia dalam melawan COVID-19," kata dia.

Terkait penerbangan komersial, jelas Xihao, saat ini masih beroperasi antara Singapura dan Jakarta, "Jadi warga Singapura tetap bisa pulang ke rumah."

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

WNI di Singapura Positif Virus Corona COVID-19 Bertambah 2, Totalnya Kini 47

Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan 2 WNI telah dikonfirmasi positif Virus Corona COVID-19, yaitu kasus 3194 dan 3197. 

Dengan begitu, total 47 WNI yang telah dikonfirmasi positif COVID-19 di Singapura dengan rincian 16 orang telah dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit, 2 orang meninggal dunia, dan 29 orang masih menjalani perawatan. 

Adapun rincian 2 kasus baru tersebut adalah sebagai berikut:

Kasus 3194 merupakan WNI pemegang Work Pass berusia 41 tahun berjenis kelamin laki-laki dan saat ini dirawat di National Centre for Infectious Diseases (NCID).Kasus 3197 merupakan WNI pemegang Work Pass berusia 24 tahun berjenis kelamin laki-laki dan saat ini dirawat di NCID.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.