5 Kisah Lansia Sembuh dari Virus Corona COVID-19

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 15 Apr 2020, 20:10 WIB
Diperbarui 15 Apr 2020, 20:10 WIB
Lansia

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak studi yang mengatakan bahwa orang lansia sangat rentan terhadap penularan Virus Corona COVID-19 yang saat ini tengah menjadi pandemi bagi masyarakat seluruh dunia.

Dalam banyak penelitian juga menyebutkan bahwa para lansia yang memiliki riwayat penyakit lain kemungkinan besar juga akan mudah meninggal dunia.

Meski begitu, ada sejumlah kasus yang menunjukkan bahwa peluang lansia untuk bertahan hidup setelah dinyatakan positif Corona COVID-19.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (15/4/2020), berikut 5 kasus lansia yang dinyatakan sembuh dari Corona COVID-19:

2 dari 7 halaman

1. Veteran 99 Tahun di Brasil

Lansia (iStock)
Ilustrasi lansia (iStockphoto)

Seorang veteran Perang Dunia II yang berusia 99 tahun di Brazil dipulangkan dari rumah sakit dengan prosesi militer pada hari Selasa (14 April) setelah pulih dari Corona COVID-19.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Letnan Dua Ermando Piveta, yang bertugas di artileri Brasil di Afrika selama Perang Dunia II, dibawa keluar dari Rumah Sakit Angkatan Bersenjata dengan musik trompet dan tepuk tangan.

Mengenakan topi sisi hijau-tentara, ia mengangkat tangannya ke udara ketika meninggalkan rumah sakit setelah delapan hari berstatus sebagai pasien.

"Dia memenangkan pertempuran lain, kali ini melawan Virus Corona baru," kata pihak militer Brasil.

"Dia dibebaskan dari rumah sakit pada hari yang sama Brasil saat negara itu memperingati 75 tahun kampanye pasukannya yang berhasil dalam Pertempuran Montese di Italia selama Perang Dunia II," tambahnya.

 

3 dari 7 halaman

2. Nenek 97 Tahun di Brasil

Ilustrasi lansia (iStock)
Ilustrasi lansia (iStock)

Gina Dal Colleto sempat dirawat di rumah sakit pada 1 April lalu dengan gejala Virus Corona COVID-19.

Banyak yang mengira jika ia tak akan berhasil. Namun nenek berusia 97 tahun ini bisa sembuh dan dinyatakan negatif dari virus mematikan tersebut, demikian dikutip dari laman Channel News Asia.

Pada Minggu, 12 April 2020, Dal Colleto didorong dengan kursi roda keluar dari rumah sakit Vila Nova Star di Sao Paulo.

Banyak orang bertepuk tangan setelah melihat Dal Colleto sembuh, termasuk para perawat dan dokter yang selama ini bersamanya.

Pemulihannya yang tak terduga adalah secercah harapan di Brasil, di mana Virus Corona baru telah meletakkan sistem kesehatan publik menjadi hal baik di negara tersebut.

Sebab, beberapa waktu belakangan negara tersebut dihadapkan dengan permasalahan politik dan masalah ekonomi.

"Bahkan dengan hampir seabad kehidupan, Gina memiliki rutinitas yang sangat aktif dan menikmati waktunya untuk berjalan, berbelanja, dan memasak," kata orang terdekatnya.

Selama dirawat di rumah sakit, Dal Colleto memakai tambahan saluran oksigen sebagai alat bantu napas. Ia juga harus menjalani perawatan intensif saat itu.

 

4 dari 7 halaman

3. Lansia 103 Tahun di Iran

Orang Lanjut Usia (Lansia)
Ilustrasi Lansia Credit: pexels.com/PaulTheodorOja

Seorang wanita berusia 103 tahun di Iran telah pulih dari infeksi Virus Corona COVID-19. Ia menjadi lansia kedua di Iran yang pulih dari COVID-19.

"Wanita yang tidak disebutkan namanya itu telah dirawat di rumah sakit di pusat Kota Semnan selama sekitar satu minggu," tulis kantor berita Iran, IRNA seperti dikutip AFP.

"Tapi dia dipulangkan setelah pulih total," kata kepala Semnan University of Medical Sciences Navid Danayi.

Wanita itu adalah pasien lansia kedua di Iran yang selamat dari penyakit akibat Virus Corona COVID-19. Sebelumnya, seorang pria berusia 91 tahun dari Kerman, di tenggara Iran.

 

5 dari 7 halaman

4. Nenek 93 Tahun Asal Turki

Ilustrasi Orang Tua (iStockphoto)
semakin tua seseorang semakin sulit pula mereka lepas dari obat. (Ilustrasi Lansia/iStockphoto)

Seorang nenek berusia 93 tahun berhasil menang melawan Virus Corona (COVID-19) setelah 10 hari dirawat dokter. Kesembuhan nenek bernama Alye Gündüz ini membangkitan semangat melawan virus tersebut di Turki.

Dilansir Daily Sabah, sang nenek dirawat di Cerrahpaşa Medical Faculty Hospital di Istanbul akibat menderita demam tinggi dan sakit di perut. Ia bahkan sempat masuk ke ruang ICU.

Para dokter pun merayakan kesembuhan ini karena Virus Corona sebetulnya berbahaya bagi lansia.

"Ini menjanjikan karena pasien-pasien seumurannya dan dengan penyakit kronis seringnya tidak bisa sembuh karena risiko mereka tinggi akibat COVID-19," ujar kepala dokter Zekayi Kutlubay.

 

6 dari 7 halaman

5. Lansia 96 Tahun di Korea Selatan

Ilustrasi lansia
Ilustrasi lansia

Seorang nenek di Korea Selatan dinyatakan telah sembuh total dari Virus Corona COVID-19. Wanita berusia 96 tahun merupakan pasien tertua di Korea Selatan yang dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Golongan lanjut usia (lansia) menjadi salah satu yang paling rentan terinfeksi Virus Corona jenis baru. Tak sedikit pula lansia yang meninggal dunia karena penyakit COVID-19.

Namun, nenek dari Cheongdo County ini dinyatakan telah benar-benar sembuh pada Rabu 25 Maret, seperti dikutip dari CNN.

Nenek ini didiagnosa positif Virus Corona jenis baru pada 13 Maret, dan menjalani perawatan intensif di klinik masyarakat Pohang, di timur Daegu.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓