Sukses

Bekukan Dana WHO Saat Pandemi Corona, Donald Trump Lakukan Kejahatan Kemanusiaan?

Keputusan Trump menghentikan dana untuk WHO selama krisis Covid-19 sangat disesalkan oleh kepala PBB dan para ahli yang mengatakan itu akan menelan korban jiwa.

Liputan6.com, Washington - Pakar kesehatan terkemuka telah melabeli keputusan Donald Trump untuk memotong dana ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai "kejahatan terhadap kemanusiaan" dan tindakan "terkutuk" yang akan menelan korban jiwa.

Melansir laman The Guardian, Rabu (15/4/2020), langkah ini juga mendapat teguran dari kepala Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang mengatakan WHO "sangat penting bagi upaya dunia untuk memenangkan perang melawan Virus Corona COVID-19".

Pada Selasa malam, Trump menyatakan dana AS akan ditunda selama 60-90 hari sambil menunggu tinjauan "untuk menilai peran Organisasi Kesehatan Dunia dalam salah urus dan menutupi penyebaran virus corona". Sebagai latar belakang, AS adalah kontributor tunggal terbesar bagi WHO.

Richard Horton, pemimpin redaksi jurnal medis Lancet, menulis bahwa keputusan Trump adalah "kejahatan terhadap kemanusiaan ... Setiap ilmuwan, setiap pekerja kesehatan, setiap warga negara harus melawan dan memberontak terhadap pengkhianatan solidaritas global yang mengerikan ini."

Antonio Guterres, sekretaris jenderal PBB, mengatakan "bukan waktunya" untuk memotong dana atau untuk mempertanyakan kesalahan. 

"Begitu kita akhirnya membalik halaman tentang epidemi ini, harus ada waktu untuk melihat kembali sepenuhnya untuk memahami bagaimana penyakit seperti itu muncul dan menyebarkan kehancurannya begitu cepat di seluruh dunia, dan bagaimana semua yang terlibat bereaksi terhadap krisis," kata Guterres.

"Pelajaran yang dipetik akan sangat penting untuk secara efektif mengatasi tantangan yang sama, karena mungkin timbul di masa depan. Tapi sekarang bukan saatnya ... Ini juga bukan saatnya untuk mengurangi sumber daya untuk operasi Organisasi Kesehatan Dunia atau organisasi kemanusiaan lainnya dalam memerangi virus," tambahnya lagi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Waktu yang Tepat

Menyuarakan permohonan Guterres, Dr Amesh Adalja, seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins, mengatakan WHO memang membuat kesalahan dan mungkin perlu reformasi tetapi pekerjaan itu perlu dilakukan setelah krisis berlalu. 

"Bukan di tengah pandemi bahwa Anda melakukan hal semacam ini," katanya.

Dr Nahid Bhadelia, seorang dokter penyakit menular dan profesor di sekolah kedokteran Universitas Boston, mengatakan pemotongan itu adalah bencana mutlak. "WHO adalah mitra teknis global, platform di mana negara berdaulat berbagi data atau teknologi, mata kami pada lingkup global pandemi ini."

Laurie Garrett, mantan anggota senior Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan keputusan itu adalah tindakan yang "terkutuk" oleh Trump yang "dengki" dan akan menelan korban jiwa. 

"Sementara itu, WHO adalah satu-satunya jalur kehidupan yang dimiliki sebagian besar negara Afrika, Amerika Latin dan Asia Pasifik," katanya.

Lawrence Gostin, direktur pusat WHO untuk kesehatan masyarakat dan hak asasi manusia, memperkirakan AS pada akhirnya akan kalah karena negara-negara lain akan masuk ke dalam kekosongan dengan meningkatnya pendanaan. 

"Dalam kesehatan global dan di tengah pandemi, Amerika akan kehilangan suaranya," kata Gostin.

WHO telah mendapat kecaman atas beberapa aspek penanganan pandemi ini, dan telah dituduh terlalu menghormati China, mengingat penindasan awal partai Komunis terhadap informasi dan hukuman pelapor. 

Sebagian besar fokus kritik adalah pada tulisan di Twitter pada 14 Januari dari WHO yang mengatakan "penyelidikan awal yang dilakukan oleh otoritas China tidak menemukan bukti yang jelas tentang penularan dari manusia ke manusia". 

Tetapi para pejabat WHO juga mengatakan kepada rekan-rekan mereka dalam briefing teknis pada 10 dan 11 Januari, dan memberi tahu pers pada 14 Januari, bahwa penularan dari manusia ke manusia adalah kemungkinan yang kuat mengingat pengalaman epidemi virus corona masa lalu dan mendesak tindakan pencegahan yang sesuai.

WHO juga telah diserang karena pengucilan Taiwan dari keanggotaan karena Beijing menganggapnya sebagai wilayah China. 

Keputusan Trump untuk memotong dana disambut di beberapa tempat, termasuk oleh aktivis demokrasi Hong Kong Joshua Wong yang menyebut WHO sebagai "lengan diplomasi China".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.