Sukses

AS Miliki Kasus Tertinggi Corona COVID-19, Trump Malah Berencana Cabut Lockdown

Presiden AS Donald Trump berencana untuk kembali membuka jalannya ekonomi yang saat ini terhenti akibat pandemi Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengklaim memiliki kekuatan "total" untuk mencabut aturan lockdown akibat Virus Corona COVID-19 secara nasional, yang bertentangan dengan para gubernur dan pakar hukum.

"Presiden Amerika Serikat menyerukan tembakan," kata Trump dalam konferensi pers agresif di mana ia terlihat berselisih dengan wartawan, seperti dilansir dari laman BBC, Selasa (14/4/2020). 

Dalam briefing hariannya terkait pandemi ini, Donald Trump mengatakan bahwa pemerintahannya sedang menyelesaikan rencana untuk membuka kembali jalannya ekonomi AS, yang sebagian besar telah ditutup sebagai upaya memperlambat penyebaran Virus Corona COVID-19.

Namun Konstitusi AS mengatakan negara bagian bertugas menjaga ketertiban dan keamanan publik. 10 negara bagian di pantai Timur dan Barat AS berencana untuk mencabut perintah ketat kepada masyarakat untuk tinggal di rumah.

Pemerintahan Trump telah mengisyaratkan 1 Mei sebagai tanggal potensial untuk meredakan pembatasan sosial.

Rekomendasi Gedung Putih saat ini bagi orang Amerika adalah untuk menghindari bepergian ke restoran dan perjalanan yang tidak penting serta mengadakan pertemuan pribadi dengan tidak lebih dari 10 orang akan berakhir pada 30 April.

Tetapi ketika jurnalis mempertanyakan apakah Trump memiliki wewenang untuk melampaui perintah tinggal di rumah yang diberlakukan berdasarkan aturan negara bagian, ia mengatakan, "Ketika seseorang menjadi presiden Amerika Serikat, otoritasnya total."

"Ini total. Gubernur tahu itu."

Dia menambahkan, "Yang dikatakan, kita akan bekerja dengan negara."

Trump bersikeras bahwa ada banyak ketentuan dalam undang-undang AS yang memberinya kekuasaan seperti itu, tanpa menentukan yang mana.

Tetapi para ahli hukum mengatakan, presiden AS tidak memiliki wewenang untuk membalikkan pembatasan kesehatan masyarakat yang diberlakukan di tingkat negara bagian atau lokal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gelombang Kedua Virus Corona

Ketika ditanya oleh wartawan apakah dia khawatir tentang kemungkinan harus menutup jalannya ekonomi lagi jika gelombang kedua Virus Corona baru menyerang, Trump mengatakan, "Itu benar-benar membebani pikiran saya."

Dia mengatakan, jumlah kematian akibat virus di AS telah mulai stabil, yang mengindikasikan bahwa upaya social distancing telah berhasil.

3 dari 3 halaman

Gubernur Menentang

Gubernur menegaskan itu adalah hak prerogatif mereka ketika pembatasan terkait Virus Corona baru dicabut.

Menanggapi tulisan di akun Twitter Trump pada hari sebelumnya yang mengklaim otoritas sepihak tentang masalah ini, Gubernur Tom Wolf dari Pennsylvania mengatakan, "Ya, mengingat bagaimana kita memiliki tanggung jawab untuk menutup negara bagian, saya pikir kita mungkin memiliki tanggung jawab utama untuk membukanya."

Gubernur negara bagian sedang mendiskusikan rencana untuk melanjutkan kegiatan ekonomi tanpa masukan nyata dari administrasi Trump.

Para pejabat di New York, New Jersey, Rhode Island, Connecticut, Delaware, Massachusetts, dan Pennsylvania menjanjikan pendekatan yang "sangat bijaksana", tetapi tidak memberi batas waktu terkait hal tersebut. 

Saat ini, New York memiliki hampir 190.000 kasus Virus Corona jenis baru dengan ebih dari 10.000 kematian, dan menjadi angka tertinggi di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.