Sukses

Prangko Spesial Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-China Dirilis

Dalam memperingati 70 tahun hubungan diplomatik, Indonesia dan Tiongkok meluncurkan logo peringatan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Republik Rakyat Tiongkok, yang jatuh tepat hari ini, telah diluncurkan secara daring sampul dan prangko spesial yang menggambarkan persahabatan kedua negara.

Peluncuran dilakukan melalui kerja sama antara Kemlu RI, KBRI Beijing, dan PT. Pos Indonesia serta Kedubes RRT di Jakarta dan China Post.

Sampul dan keempat prangko memuat logo peringatan 70 tahun, yaitu Panda dan Garuda Emas. Selain itu, ditampilkan pula beberapa kekhasan dari kedua negara, seperti Barong Bali dan Barong Sai, Candi Borobudur dan Tembok Raksasa, serta keindahan alam Raja Ampat, Provinsi Papua Barat dan Sungai Li di Kota Guilin, Provinsi Guangxi. Demikian seperti dikutip dari portal website kemlu.go.id, Senin (13/4/2020). 

Burung Garuda memiliki makna yang kuat dan jaya, sedangkan Panda memiliki simbol filosofis kedamaian. Sementara Barong Bali dan Barong Sai menunjukan kekayaan peradaban dan kedekatan budaya antara Indonesia dan Tiongkok.

Penggabungan simbol dan makna ini menggambarkan persahabatan kedua rakyat yang erat dan berkontribusi positif bagi kemakmuran dan perdamaian dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Sejarah

Didasari hubungan sejarah yang telah terjalin sejak ratusan tahun lalu, penguatan Kemitraan Strategis Komprehensif RI-RRT telah selama ini menghasilkan berbagai capaian konkret bagi kemajuan pembangunan nasional kedua negara.

Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan salah satu investor terbesar di Indonesia. Kedekatan ini juga ditandai dengan terus meningkatnya saling kunjung di antara masyarakat kedua negara.

Berbagai program kegiatan dalam rangka memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-RRT akan dilakukan sepanjang tahun 2020, baik di Indonesia maupun di Tiongkok.

Rangkaian peringatan akan mengedepankan semangat persahabatan, sinergi dan kolaborasi guna menyongsong kerja sama bilateral yang semakin kokoh dan nyata di berbagai bidang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.