Sukses

Potret Perjuangan 3 Astronaut NASA Saat Apollo 13 Meledak di Antariksa 50 Tahun Lalu

Seorang ahli fotografi yaitu Andy Saunders membagikan hasil potret terjelas dari 3 Astronaut NASA saat berada di Pesawat Antariksa Apollo 13.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa foto-foto mengagumkan mengenai kehidupan dan perjuangan di atas Pesawat Antariksa NASA yaitu Apollo 13 tengah menjadi sorotan dari berbagai media internasional. 

BBC News memdapatkan dan membagikan foto-foto yang diabadikan tiga astronaut NASA itu dari Andy Saunders, seorang spesialis fotografi yang berhasil menyulap potret dari film 16mm berkualitas rendah itu menjadi jelas.  

50 tahun lalu, Pesawat Antariksa Apollo 13 itu mengangkut 3 Astronaut NASA yang diantaranya adalah Jim Lovell, Jack Swigert dan Fred Haise, dengan misi ketiga Amerika Serikat untuk mendarat di permukaan Bulan. 

Namun di tengah perjalanan, sebuah ledakan terjadi pada modul layanan yang membuat beberapa oksigen pesawat antariksa bocor ke angkasa luar.

Dalam situasi mendesak itu, para astronaut harus menghemat sumber daya yang tersisa. Sumber itu pun ada pada bagian dari Pesawat Antariksa Apollo 13 yaitu Command Module (CM), yang dirancang untuk mengembalikan para astronot melalui atmosfer Bumi setelah misi usai.

Keadaan itu membuat para astronaut harus menggunakan modul pendarat atau yang disebut sebagai Lander Module (LM) dan juga dikenal sebagai sekoci.

Namun Lander Module itu didesain hanya untuk kapasitas dua astronaut selama dua hari di permukaan Bulan. Untuk mendukung keselamatan 3 astronaut itu selama 4 hari, para ahli di Johnson Space Center NASA di Houston, Texas, pada saat itu berusaha mencari cara untuk memperluas sumber dayanya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendarat dengan Selamat

Selama menunggu bantuan dari kru di Bumi, pesawat yang membawa Jim, Jack, dan Fred itu berputar mengelilingi Bulan dan kembali ke Bumi dalam modul dingin dan lembab dengan persediaan air minum yang terbatas. Untungnya, upaya penyelamatan ketiga astronaut itu berhasil dan mereka mendarat dengan selamat di Samudra Pasifik.

Gambar atau dokumentasi yang diambil di dalam pesawat antariksa dikatakan relatif sedikit, dengan perjuangan para astronaut itu yang harus bertahan hidup. 

Melalui akun Twitter-nya, Andy Saunders membagikan foto astronaut Fred Haise yang sedang beristirahat di dalam pesawat antariksa itu. 

Salah satu teknik yang dilakukan Andy itu disebut sebagai "stacking", yang merupakan teknik di mana banyak bingkai dikumpulkan berkumpul di atas satu sama lain untuk meningkatkan detail gambar, seperti dikutip dari BBC, Senin, (13/4/2020). 

Andy mengatakan kepada BBC News, "Satu hal yang mengejutkan tentang rekaman 16mm adalah bagaimana ketenangan kru muncul, mengingat sifat alami dari situasi, kondisi, dan tugas misi kritis yang ada di depan."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.