Sukses

India Bakal Hadapi Masa Terberat Pandemi Corona COVID-19, Ada Apa?

PM Narendra Modi menyebut bahwa India akan mengalami masa terberat menghadapi pandemi Virus Corona baru.

Liputan6.com, New Delhi - Pada akhir pekan, Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan bahwa dalam tiga hingga empat minggu ke depan, India akan mengalami masa "kritis" untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19.

Sejak kasus pertamanya dikonfirmasi pada 30 Januari, India telah mengambil sejumlah langkah untuk memerangi Virus Corona baru.

Mengutip BBC, Senin (13/4/2020), langkah ini telah meringankan pengujian kelayakan dalam penerapan undang - undang penyakit epidemi era kolonial 122 tahun yang kejam untuk membatasi pertemuan publik.

Sekarang, aturan ini sudah diatur sedemikian rupa untuk memperpanjang lockdown selama tiga minggu secara ketat yang dijadwalkan berakhir pada 15 April hingga akhir bulan. Lebih dari satu miliar orang terus tinggal di rumah dan transportasi darat, kereta api dan udara tetap ditangguhkan.

Sejauh ini telah ada 180.000 tes infeksi yang dilakukan, dan sebanyak 4,3% dari sampel telah diuji positif. Penularannya telah menewaskan 273 orang. Virus corona baru ini dilaporkan telah menyebar ke hampir setengah dari 700 distrik di negara itu sehingga beberapa hotspot telah diidentifikasi.

Para pakar kesehatan global dengan tajam mengamati bagaimana India memerangi virus ini. 

Populasinya yang padat, geografi yang luas, dan sistem kesehatan masyarakat yang lemah dapat dengan mudah membanjiri upaya terbaik untuk mengatasi penyebaran infeksi. 

"Ini adalah sesuatu yang mengkhawatirkan banyak orang," kata seorang ahli virus terkemuka yang tidak ingin disebutkan namanya. "Ini masih hari-hari awal dalam lintasan virus di sini. Dalam tiga hingga empat minggu, gambarannya akan lebih jelas."

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telah Melakukan Upaya Terbaik

Seorang ekonom bernama Shamika Ravi, seorang rekan senior di Brookings Institution yang melacak infeksi ini dengan seksama, yakin India tidak melakukan hal yang buruk.

Dia mengatakan jumlah kasus aktif dua kali lipat setiap tujuh hari, tingkat yang lebih lambat dari sebelumnya. Angka kematiannya masih rendah tetapi terus naik.

"Laju pertumbuhan (infeksi) kami sangat terkendali, terlepas dari kenyataan bahwa kami secara aktif mengejar api," katanya.

"Hampir semua pengujian kami telah didorong oleh protokol, dimulai dengan orang-orang dengan riwayat perjalanan, pelacakan kontak orang-orang yang berhubungan dengan mereka dan sebagainya. Kemungkinan mendapatkan kasus yang lebih positif (dari cluster ini) akan jauh lebih tinggi."

Banyak juga yang menunjuk pada kurangnya laporan tentang lonjakan penerimaan di rumah sakit dengan penyakit seperti influenza dan pasien COVID-19, yang akan mengisyaratkan penularan masyarakat yang cepat.

Tetapi ini mungkin karena kurangnya informasi atau sistem pelaporan yang lemah.

Sebuah rumah sakit swasta di pusat kota Indore sudah mengalami lonjakan kasus dan merawat lebih dari 140 pasien COVID-19, dengan hampir sepertiga dalam perawatan kritis. Pada akhir pekan, rumah sakit melaporkan sekitar 40 kasus baru per hari. 

"Kami mengira penularannya turun, tetapi beban kasus kami tiba-tiba naik selama dua hari," kata Dr Ravi Dosi, dokter spesialis di rumah sakit.

Yang lainnya seperti T Jacob John, pensiunan profesor virologi di Christian Medical College, Vellore, percaya India harus bersiap menghadapi yang terburuk.

"Saya kira kita belum memahami besarnya masalah yang mungkin menimpa kita dalam dua bulan ke depan," katanya. "Sudah terlalu lama virus menentukan tanggapan kita dan bukan sebaliknya".

Dr John mengatakan respons India sebagian besar "berbasis bukti dan reaktif padahal seharusnya berbasis proyeksi dan proaktif".

3 dari 3 halaman

Butuh Upaya Ekstra

Kementerian kesehatan India dengan keras membantah telah terjadi penularan komunitas bahkan ketika dokter dari seluruh negara mengatakan mereka telah melihat pasien dengan gejala COVID-19 mulai awal Maret. 

"Seluruh fokus tampaknya pada menemukan bukti penularan komunitas, ini adalah kesalahan taktis," kata Dr John. "Kita semua tahu transmisi komunitas ada di sana."

Dr Ravi percaya bahwa ke depan, "setiap minggu akan menjadi sangat penting sekarang".

Dalam upaya mencegah krisis ekonomi dan meratakan kurva, pengawasan terhadap Virus Corona jenis baru harus dilakukan secara lebih ketat lagi guna mengetahui siapa yang terinfeksi dan siapa yang tidak.

India kemudian akan membutuhkan jutaan alat uji dan tenaga kerja terlatih untuk menangani proses tersebut. Pengujian juga merupakan proses yang sangat diperlukan, yang meliputi memastikan rantai penyebaran dan kelancaran transportasi puluhan ribu sampel ke laboratorium. Sumber daya India terbatas dan kapasitas terbatas. Salah satu cara untuk mengatasi ini, kata Dr Ravi, adalah "pengujian kolam".

Ini melibatkan pengumpulan sejumlah sampel dalam tabung dan mengujinya dengan uji Virus Corona jenis baru real-time tunggal berdasarkan usap hidung dan tenggorokan (swab test), seperti yang direkomendasikan oleh WHO.

Jika tes negatif, semua orang yang diuji negatif. Jika positif, setiap orang harus dites secara individual untuk mengetahui virusnya. 

"Pengujian kolam" mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menguji sebagian besar populasi. "Jika tidak ada jejak infeksi di beberapa kabupaten, maka kita dapat membukanya untuk kegiatan ekonomi," kata Dr Ravi.

Ahli virologi percaya bahwa India juga harus melakukan tes anti-tubuh massal, yaitu tes darah dengan tusukan jari untuk mencari keberadaan antibodi pelindung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.