Tips Olahraga Ala Astronaut untuk Anda di Rumah Saat Corona COVID-19

Oleh Hariz Barak pada 12 Apr 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 12 Apr 2020, 21:00 WIB
Ilustrasi astronaut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai ahli dalam menjaga kesehatan dalam kondisi yang tidak biasa, para astronaut yang saat ini tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional telah berbagi kiat olahraga dan isolasi mereka.

Berolahraga adalah cara yang bagus untuk tetap sehat secara fisik dan mental, tetapi mungkin sulit untuk mendapatkan latihan yang baik di rumah, seperti yang kita pelajari sendiri yang terisolasi di tengah pandemi virus corona.

Dan, saat berolahraga di luar bisa menjadi hal yang hebat, opsi itu kemudian menjadi terbatas ketika kita mempraktikkan jarak sosial. Jadi, siapa yang harus meminta saran untuk berolahraga di ruang sempit? Astronaut, tentu saja!

Dalam video baru mereka berdua diposting ke Twitter, astronaut NASA Jessica Meir dan Andrew Morgan berbagi beberapa tips mereka.

"Sebagai penghuni @Space_Station saat ini, @AstroDrewMorgan dan saya pikir kami akan berbagi beberapa strategi kami untuk hidup bahagia dalam isolasi," tulis Meir di Twitter, seperti dikutip dari Space.com, Minggu (12/4/2020).

Video dibuka dengan Meir pada bilah pull-up di lingkungan grvaitasi buatan di stasiun ruang angkasa.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga sangat penting tidak hanya untuk kesehatan fisik Anda tetapi juga untuk kesehatan mental Anda," kata Meir dalam video.

"Anda mungkin perlu sedikit kreatif untuk meningkatkan detak jantung saat berada di rumah tanpa pergi ke gym, tetapi kami yakin Anda dapat menemukan sesuatu. Inilah cara kami menyelesaikan pekerjaan di Stasiun Luar Angkasa Internasional."

Dia menambahkan bahwa sangat penting bagi para astronaut untuk bekerja untuk menangkal kepadatan tulang dan kehilangan otot yang terjadi pada manusia di luar angkasa.

Setelah memamerkan batang pull-up stasiun, Meir menunjuk ke salah satu peralatan utama yang digunakan para astronaut: Perangkat Latihan Resistif Tingkat Lanjut, atau ARED.

"Ini pada dasarnya adalah alat berat satu atap kami," kata Meir. "ARED menggunakan dua tabung vakum besar untuk menghasilkan hambatan bagi berat badan kita."

Sementara itu, Morgan kemudian menunjukkan bagaimana astronaut berlari di ruang angkasa dengan "T 2," atau treadmill 2. Karena kurangnya gravitasi, astronaut tidak bisa hanya berlari di treadmill seperti yang kita lakukan di Bumi: Jika mereka mencoba, mereka hanya akan melayang-layang.

"Bungees dan harness-ku menahanku terhadap treadmill," kata Morgan ketika dia mempraktikkan.

Dia kemudian menunjuk ke cara lain bahwa astronaut di stasiun ruang angkasa mendapatkan latihan kardiovaskular mereka: di sepeda stasioner.

Dikenal sebagai Cabil Ergometer Stabilisasi Isolasi, atau CEVIS, "sepeda ruang angkasa" khusus ini tidak memiliki kursi atau setang, karena fitur seperti itu tidak diperlukan dalam ruang gravitasi mikro buatan, kata Meir.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menerapkan Saran Astronaut

Diperpanjang Sampai 20 Mei, Siswa Belajar Online di Rumah
Siswa sekolah dasar belajar online menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings di Pamulang Tangerang Selatan, Kamis (2/4/2020). Menunjuk Surat Edaran Mendikbud, Kepala BNPB dan Walikota Tangsel, pelaksanaan belajar dari rumah di perpanjang sampai tanggal 20 Mei 2020. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sekarang, kebanyakan orang yang terisolasi di Bumi tidak akan memiliki jenis peralatan olahraga yang sama dengan yang dilakukan astronot di stasiun ruang angkasa.

Faktanya, banyak dari kita yang mencoba berolahraga di rumah mungkin tidak memiliki peralatan sama sekali.

Tapi satu kunci yang menarik dari video Meir dan Morgan adalah, seperti kata Meir, "menjadi sedikit kreatif."

Di ruang angkasa, para astronaut terus-menerus menghasilkan solusi baru dan inventif untuk cara hidup dan bekerja paling efektif di lingkungan yang aneh dan seringkali sulit.

Sebagai contoh, CEVIS benar-benar hanya beberapa pedal karena mengapa mengambil ruang ekstra dengan setang yang tidak diperlukan dalam ruang gravitasi buatan?

Jadi, jaga agar latihan Anda tetap kompatibel dengan gravitasi, tentu saja, jangan lupa membawa kreativitas para astronaut itu ke keadaan yang tidak biasa.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓