Sukses

Singapura Laporkan Penambahan 191 Kasus Baru Corona COVID-19 Kemarin

Singapura melaporkan 191 kasus baru virus corona pada Sabtu 11 April 2020 kemarin.

Liputan6.com, Singapura - Singapura melaporkan 191 kasus baru virus corona pada Sabtu 11 April 2020 kemarin.

Penambahan itu menjadikan total 2.299 kasus di Singaputa, menurut angka terbaru yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan, seperti dikutip dari the Straits Times, Minggu (12/4/2020).

Seorang pria Singapura berusia 90 tahun juga telah meninggal karena komplikasi akibat infeksi tersebut, yang merupakan kematian kedelapan di Singapura.

Tiga kluster yang baru diidentifikasi, semuanya di asrama pekerja asing: asrama Westlite Woodlands, North Coast Lodge dan Cassia @Penjuru.

Sebagian besar kasus baru yang diumumkan pada Sabtu 11 April tidak terkait dengan kasus atau cluster yang diketahui sebelumnya. Pelacakan kontak sedang dilakukan untuk 119 kasus ini.

Ada 52 kasus terkait dengan kelompok yang diketahui, sementara 20 kasus terkait dengan kasus lain. Tidak ada kasus impor yang dilaporkan.

Total 35 pasien lainnya juga telah dipulangkan.

Hingga saat ini, total 528 kasus telah sepenuhnya pulih dari infeksi dan telah dikeluarkan dari rumah sakit atau fasilitas isolasi masyarakat.

Dari 943 kasus yang dikonfirmasi yang masih di rumah sakit, sebagian besar stabil atau membaik, sementara 31 dalam kondisi kritis di unit perawatan intensif.

Sebanyak 820 kasus yang secara klinis baik tetapi masih tes positif untuk virus corona diisolasi dan dirawat di fasilitas masyarakat.

Pada pukul 12 siang pada hari Sabtu, Departemen Kesehatan telah mengidentifikasi 26.189 kontak dekat yang telah dikarantina.

Dari jumlah tersebut, 10.757 saat ini dikarantina dan 15.432 telah menyelesaikan karantina mereka.

Kekhawatiran muncul di Singapura setelah kasus baru virus corona kembali melonjak setelah kebijakan pembatasan sosial di sana sempat dilonggarkan. Pekan ini, negara kota tersebut mengonfirmasi peningkatan signifikan dalam infeksi baru.

Salah satu negara yang paling terpukul ketika virus corona pertama kali menyebar dari China pada Januari, pengawasan ketat Singapura dan sistem karantina membantu memperlambat wabah.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajib Pakai Masker

Sebelumnya pada hari Sabtu, Menteri Perhubungan Khaw Boon Wan mengatakan semua penumpang akan segera diminta untuk memakai masker di transportasi umum untuk mengekang penyebaran virus corona.

Enterprise Singapore dan Singapore Tourism Board mengatakan bahwa semua pelanggan yang mengunjungi supermarket, toko serba ada, apotek, dan pusat perbelanjaan harus mengenakan masker mulai Minggu 12 April 2020, atau mereka tidak akan diizinkan masuk.

Badan Pangan Singapura juga mengatakan bahwa semua pekerja yang terlibat dalam penjualan dan persiapan makanan dan minuman akan diharuskan mengenakan masker, serta bentuk-bentuk pembatasan fisik lainnya mulai Senin 13 April.

Pada Jumat 10 April, Badan Lingkungan Nasional (NEA) mengatakan bahwa mulai hari Minggu, mereka yang tidak memakai masker akan ditolak di 40 pasar yang dikelola oleh operator yang ditunjuk oleh NEA atau yang ditunjuk oleh NEA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.