Sukses

Bernie Sanders Hentikan Langkah Menuju Pemilu AS 2020, Peluang Besar Bagi Joe Biden?

Seorang senator Vermont, Bernie Sanders mengatakan bahwa ia akan menghentikan kampanyenya untuk menjadi presiden pada pemilu 2020.

Liputan6.com, Washington D.C - Senator Bernie Sanders telah mengakhiri kampanye presidennya jelang pemilu pada 2020 ini. Keputusannya pun membuka jalan bagi mantan Wakil Presiden Joe Biden untuk menjadi calon partai Demokrat.

Sanders, yang kini berusia 78 tahun mengatakan kepada pendukungnya pada hari Rabu bahwa dia tidak melihat jalan yang layak untuk mendapatkan cukup suara untuk memenangkan nominasi. Demikian seperti dikutip dari laman BBC, Rabu (9/4/2020). 

Sanders mengatakan kepada para pendukungnya dalam siaran langsung bahwa keputusan untuk mengakhiri kampanyenya adalah "sangat sulit dan menyakitkan", dan mengakui bahwa beberapa pendukungnya ingin dia bertarung sampai pemilihan terakhir.

"Jika saya yakin kami memiliki jalan yang layak untuk nominasi, saya pasti akan melanjutkan," katanya.

Sanders menambahkan bahwa kampanye telah "mengubah kesadaran Amerika tentang negara seperti apa yang kita bisa ciptakan dan telah mengambil langkah besar untuk perjuangan tanpa akhir dalam keadilan ekonomi, keadilan sosial, keadilan rasial dan keadilan lingkungan".

"Tolong juga hargai bahwa kita tidak hanya memenangkan perjuangan secara ideologis, kita juga memenangkannya secara generasi."

Sanders mencatat bahwa di seluruh negeri, kampanyenya menerima "mayoritas suara yang signifikan ... dari orang-orang tidak hanya 30 tahun atau lebih muda, tetapi 50 tahun atau lebih muda".

"Masa depan negara ini adalah dengan ide-ide kami." 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Kalah Sebelumnya

Sanders, seorang calon presiden Independen, telah menjadi nominasi presiden dari Partai Demokrat sebelumnya, dan kalah pada 2016 dari Hillary Clinton.

Dalam kedua pemilihan tersebut, ia mendapat dukungan dari pemilih muda yang menganut seruannya tentang "revolusi" politik.

Dia memenangkan dukungan dari sejumlah selebriti, termasuk Cardi B, Ariana Grande, Miley Cyrus, Mark Ruffalo dan Dick Van Dyke.

Sanders mengokohkan statusnya sebagai kandidat utama pada awal musim pemilihan utama Demokrat tahun 2020 dengan kemenangan di New Hampshire dan Nevada, tetapi momentumnya tertinggal di kemudian hari.

Biden membuat 'pembalasan' dengan memenangkan sejumlah negara besar, termasuk Texas dan North Carolina, pada awal Maret, dan kemudian dengan mengumpulkan suara di Florida, Arizona dan Illinois.

Sanders gagal memenangkan pemilih utama Afrika-Amerika di seluruh negara bagian selatan, yang sebagian besar memilih Biden.

Dalam beberapa minggu terakhir, Sanders telah menjadi tuan rumah acara kampanye melalui siaran langsung online karena masalah kesehatan dari pandemi Virus Corona Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.