Sukses

Kasus Virus Corona COVID-19 di Turkmenistan Nol, Apa yang Terjadi?

Disaat pandemi Corona COVID-19 sedang membuat hampir seluruh dunia kewalahan, namun ternyata masih ada negara yang belum melaporkan satupun kasusnya.

Liputan6.com, Ashgabat - Virus Corona COVID-19 kini telah ditemukan di hampir setiap negara di dunia. Angka infeksi secara globalnya sudah menyentuh 1,4 juta dengan lebih dari 80.000 kematian. 

Namun ternyata, masih ada beberapa negara yang belum menemukan kasus tersebut. Salah satunya adalah Turkmenistan. 

Sementara dunia kini sedang memerangi Virus Corona jenis baru dan semakin banyak negara mengunci populasi mereka, Turkmenistan mengadakan acara bersepeda massal untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia pada Selasa 7 April.

Melansir dari laman BBC, Rabu (8/4/2020), salah satu negara Asia Tengah ini mengklaim masih memiliki nol kasus COVID-19. Namun, banyak ahli khawatir pemerintahnya mungkin menyembunyikan kebenaran, yang dapat mengganggu upaya untuk mengakhiri pandemi.

"Statistik kesehatan resmi dari Turkmenistan terkenal tidak dapat diandalkan," kata Profesor Martin McKee dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine, yang telah mempelajari sistem perawatan kesehatan Turkmenistan.

"Selama dekade terakhir mereka mengklaim tidak memiliki orang yang hidup dengan HIV/AIDS, sebuah angka yang tidak masuk akal. Kami juga tahu bahwa, pada tahun 2000-an, mereka menekan bukti serangkaian wabah."

Banyak orang di Turkmenistan bahkan takut menyarankan COVID-19 mungkin sudah ada di negara tersebut.

"Kenalan saya yang bekerja di sebuah agen negara mengatakan kepada saya bahwa saya seharusnya tidak mengatakan bahwa virus ada di sini atau bahwa saya mendengarnya, kalau tidak saya akan mendapat masalah," kata seorang warga ibukota Ashgabat, yang meminta untuk namanya tetap anonim. 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Turkmenistan

Namun, otoritas Turkmenistan sedang berupaya mengatasi kemungkinan wabah. Bersama-sama dengan badan-badan PBB di negara itu, mereka mendiskusikan rencana aksi.

Koordinator Residen PBB, Elena Panova, mengatakan kepada BBC bahwa rencana ini mencakup koordinasi tingkat negara, komunikasi risiko, investigasi kasus, diagnostik laboratorium, dan langkah-langkah lainnya.

Ketika ditanyai apakah PBB memercayai angka resmi yang menunjukkan Turkmenistan tidak memiliki kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, Panova menghindari memberikan jawaban langsung.

"Kami mengandalkan informasi resmi karena inilah yang dilakukan semua negara," katanya. "Tidak ada masalah kepercayaan karena itu cara kerjanya."

Panova mengatakan, langkah-langkah awal untuk membatasi perjalanan mungkin berkontribusi pada kurangnya kasus yang dikonfirmasi. Turkmenistan memang menutup sebagian besar penyeberangan perbatasan darat lebih dari sebulan lalu.

Mereka juga membatalkan penerbangan ke China dan beberapa negara lain pada awal Februari dan mulai mengalihkan semua penerbangan internasional dari Ibu Kota ke Turkmenabat di timur laut, tempat zona karantina dibuat.

Namun, menurut beberapa penduduk, beberapa orang dapat menyuap keluar dari zona dan menghindari kewajiban isolasi selama dua minggu di tenda.

Panova mengatakan semua orang yang tiba di negara itu dan mereka yang menunjukkan gejala sedang diuji untuk Covid-19. Namun, dia tidak bisa memberikan angka pasti berapa banyak tes yang dilakukan sehari dan berapa banyak test kit Turkmenistan secara keseluruhan.

"Apa yang kami pahami saat berbicara dengan pejabat pemerintah adalah bahwa mereka memiliki tes yang cukup."

 

3 dari 3 halaman

Kesiapan Turkmenistan

Tetapi seberapa siapkah sistem kesehatan untuk menghadapi wabah Virus Corona?

"Kami tidak tahu," Panova mengakui. "Kami telah diberitahu bahwa mereka memiliki tingkat kesiapan tertentu dan kami tidak meragukannya ... karena rumah sakit di sini dilengkapi dengan sangat baik."

"Namun, jika ada wabah yang merupakan tekanan besar pada sistem kesehatan seperti di negara lain. Jadi, terlepas dari seberapa banyak yang Anda siapkan, biasanya tidak cukup. Itulah sebabnya kami sudah berbicara dengan mereka tentang pengadaan ventilator, dan juga jenis peralatan lainnya. "

Ada beberapa kesadaran tentang wabah di kalangan masyarakat. Perpindahan antarkota telah dibatasi dan mereka yang memasuki Ashgabat sekarang harus memiliki catatan kesehatan dari dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.