Sukses

Corona COVID-19, Hand Sanitizer Masih Tak Seefektif Cuci Tangan dengan Sabun

Hand sanitizer digunakan untuk membersihkan tangan di waktu ketika cuci tangan tidak dapat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona COVID-19 membuat semua orang berlomba-lomba menjadi orang paling bersih sedunia. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan hand sanitizers. Mulai dari berburu membeli ke toko-toko hingga membuatnya sendiri. Namun, seberapa efektif kah penggunaan hand sanitizers jika dibandingkan dengan mencuci tangan secara langsung?

Anda mungkin tahu itu bahwa kandungan terbanyak dari hand sanitizers adalah alkohol. 

Jadi mengapa pembersih tangan tidak terlihat, berbau, dan terasa bisa membersihkan tangan kita?

Secara teknis, pembersih tangan paling populer dibuat dari bentuk alkohol termasuk etanol (barang yang sama dalam anggur, bir, dan minuman keras) dan isopropanol, yang ditemukan dalam alkohol gosok. Ini melarutkan lapisan luar dari virus dan bakteri, yang akhirnya membunuhnya.

Konon, zat-zat di atas hanya terdiri sekitar 70 persen dari bahan aktif pembersih tangan. Sisanya ditambahkan untuk memberikan efek lain seperti konsentrat seperti gel, sifat pelunakan, dan aroma botani. Dalam beberapa kasus, pabrikan bahkan mungkin menambahkan beberapa senyawa pencicip yang busuk ke dalam campuran, untuk mencegah pengguna dari kemungkinan mengonsumsi yang tentunya tidak disarankan. 

Campuran ini biasanya disebut dapat "membunuh 99,99 persen kuman." Dalam kondisi laboratorium, mereka hampir dapat membasmi strain bakteri tertentu, tetapi tidak semua yang umum ditemukan di tangan Anda. Meskipun demikian, mereka melakukan pekerjaan yang cukup efektif.

Beberapa pembeli yang sadar kesehatan mungkin khawatir pembersih tangan akan menyebabkan munculnya super-kuman, semacam resistensi antibiotik . Inilah kabar baiknya: Bakteri tidak dapat mengembangkan protein atau membran yang sangat kuat sebagai respons terhadap peledakan oleh alkohol, jadi jangan ragu untuk terus menyemprotkan benda-benda beraroma lidah buaya sepanjang musim dingin. 

Berita buruknya? Secara fisik tidak mencuci kotoran dari tangan. Untuk itu, Anda harus mengandalkan sabun dan air untuk mencuci tangan, demikian seperti dikutip dari Mentalfloss, Sabtu (4/4/2020).

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja Hand Sanitizer

Melansir dari laman Live Science, Sabtu (4/4/2020), alkohol menghancurkan agen penyebab penyakit, atau patogen, dengan memecah protein, membelah sel menjadi beberapa bagian atau mengacaukan metabolisme sel, menurut sebuah tinjauan tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Microbiology Review.

Solusi dengan sedikitnya 30% alkohol memiliki kemampuan membunuh patogen, dan efektivitasnya meningkat dengan meningkatnya konsentrasi alkohol. Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol membunuh beragam bakteri dan virus ketika konsentrasinya melebihi 60%, dan ia bekerja lebih cepat ketika konsentrasinya meningkat. Tetapi keefektifan alkohol nampaknya melebihi konsentrasi 90-95%. 

Kekuatan lain dari alkohol adalah bakteri yang dibunuhnya tidak mengembangkan daya tahan terhadapnya, sehingga alkohol tidak kehilangan keefektifannya dengan penggunaan yang berkelanjutan. 

Menurut ulasan 2014, etanol sangatlah kuat sehingga beberapa penelitian telah menemukan bahwa dalam konsentrasi tinggi, lebih baik dalam menyingkirkan tiga spesies bakteri penyebab penyakit - Escherichia coli , Serratia marcescens dan Staphylococcus saprophyticus.

Tetapi alkohol tidak bekerja untuk semua kuman, seperti norovirus; Clostridium difficile , yang dapat menyebabkan diare yang mengancam jiwa; atau Cryptosporidium , sebuah parasit yang menyebabkan penyakit diare yang disebut cryptosporidiosis, kata Centers for Disease Control and Prevention.

Pembersih tangan juga tidak menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti pestisida atau logam berat, pembersih tangan juga tidak bekerja dengan baik terutama pada tangan yang kotor atau berminyak. Jadi, sabun dan air masih menjadi soluasi secara keseluruhan.

Menurut CDC, pembersih tangan tanpa alkohol mungkin tidak membunuh banyak kuman dan hanya mengurangi pertumbuhan kuman daripada membunuh mereka secara langsung.

CDC merekomendasikan pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol di dalamnya untuk efektivitas maksimum.

Namun, CDC menegas bahwa sebenarnya mencuci tangan dengan sabun lebih efektif mengurangi dan membunuh jumlah kuman di tangan.

Sabun dan air yang mengalir dikatakan lebih efektif daripada pembersih tangan seperti hand sanitizer. Pasalnya pembersih tangan atau hand sanitizer tidak akan membersihkan secara efektif pada saat setelah berolahraga atau ketika tangan berminyak dan kotor.

Maka itu menggunakan sabun dianggap jauh lebih efektif daripada dengan hand sanitizer karena sabun mengandung surfaktan, yaitu zat yang mengangkat minyak dan mikroba dari kulit. CDC juga merekomendasikan untuk membasahi tangan dengan air mengalir dan menggosokkan tangan dengan sabun setidaknya 20 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.