Sukses

5 Cara Cerdas Gunakan Disinfekstan untuk Cegah Corona COVID-19

Selama ini kita hanya membersihkan rumah dengan disinfeksi tanpa tahu detailnya seperti apa. Berikut cara cerdas membersihkan rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Waktu yang paling banyak dihabiskan orang-orang adalah di rumah. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan dan kesehatan rumah adalah hal yang sangat penting.

Saat pandemi Virus Corona COVID-19, kebersihan rumah juga harus ditingkatkan berkali-kali lipat.

Salah satu cara membasmi Virus Corona adalah dengan membersihkannya dengan disinfektan.

Namun, ada banyak pihak yang tidak teliti dan membersihkan rumah asal-asalan saja. Berikut sejumlah cara cerdas membersihkan rumah dengan disinfestan di tengah pandemi Virus Corona:

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Area yang Sering Disentuh

Jangan hanya membersihkan lantai atau permukaan meja. Sebab, virus ini bisa ada di mana saja. Terutama di sejumlah lokasi yang sering disentuh tiap anggota keluarga.

Misalnya gagang pintu, sakelar lampu, gagang toilet, keran air hingga remot. Jangan pula Anda bisa membersihkan laptop, keyboard hingga telepon di rumah.

Pastikan tiap titik tidak luput dari target pembersihan Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Jangan Lakukan dengan Cepat

Meskipun ada banyak benda yang harus dibersihkan, ketelitian adalah jadi hal yang sangat penting.

Jangan sampai semua titik yang paling banyak disentuh itu hanya dibersihkan dengan cara yang begitu cepat.

Jangan hanya formalitas. Namun, betul-betul teliti dalam membersihkannya. Usap setiap sudutnya dengan baik sehingga virus akan mati.

 

4 dari 6 halaman

3. Keringkan Baju Hingga Betul-Betul Kering

Pakaian adalah benda yang paling sering kita gunakan. Setelah melakukan aktivitas di luar rumah, kita tidak tahu apakah ada virus yang masih menempel.

Jadi, segera cuci baju Anda lalu keringkan pada suhu yang benar-benar panas. Jika Anda harus mengeringkan dengan sinar matahari, maka pastikan baju benar-benar kering.

 

5 dari 6 halaman

4. Bersihkan Mobil

Jika rumah sudah bersih, maka pastikan kendaraan Anda seperti mobil dan motor atau alat kendaraan lainnya juga diberishkan dengan baik.

Karena Anda terus menyentuh hampir setiap permukaan, pastikan untuk menyeka semuanya secara teratur, termasuk setir dan gagang pintu.

 

6 dari 6 halaman

5. Kartu Debit Anda

Adalah ide bagus untuk membersihkan kartu debit, kredit atau jenis kartu lain yang Anda gunakan.

Saat berbelanja, bukan hanya Anda yang memegang kartu tersebut. Kasir atau pihak lain juga akan memegang kartu tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.