Sukses

Tunisia Lockdown karena Corona, Penari Perut Tawarkan Hiburan Via Facebook

Untuk memastikan warga mematuhi aturan lockdown, Presiden Tunisia Kais Saied bahkan mengerahkan tentara turun ke jalanan. Tapi penari perut ini memiliki cara unik via Facebook.

Tunis - Berbagai negara telah menerapkan lockdown atau penguncian wilayah akibat Virus Corona COVID-19. Salah satunya Tunisia, sejak 20 Maret Presiden Kais Saied memberlakukan aturan tersebut di negaranya hingga 4 April.

Kafe dan restoran tutup, semua perjalanan internasional dihentikan. Menurut data dari John Hopkins, pemerintah telah mengkonfirmasi lebih dari 455 kasus Virus Corona COVID-19 dan sekitar 14 kematian. 

Untuk memastikan warga mematuhi aturan, Presiden Tunisia Kais Saied bahkan mengerahkan tentara turun ke jalanan. 

Mengutip DW Indonesia, Jumat (3/4/2020), seorang penari perut profesional, Nermine Sfar, punya cara lain agar warga tidak keluar dari rumah. Lewat akun Facebook-nya, Sfar mengirimkan pesan: "Tetap di rumah dan aku akan menari untukmu." 

Lewat live streaming di Facebook, Sfar menggoyangkan pinggul dan menari dengan latar music pop Arab. Ada sekitar 130.000 yang menonton videonya. Sebelum Virus Corona jenis baru ini jadi pandemi, Sfar sudah dikenal di Tunisia dan memiliki puluhan ribu followers.

Saksikan juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampil Mengenakan Masker

Sebelum pemerintah mengumumkan lockdown, Sfar tampil dengan mengenakan masker bedah dan sarung tangan di akun Facebook-nya dan meminta followersnya untuk mengikuti saran pemerintah untuk tinggal di rumah. 

Pesan yang disampaikan Sfar lewat media sosial sepertinya lebih berdampak pada warga, dibanding kampanye pemerintah. Ribuan orang memberikan komentar di posting videonya. Namun, kadang ada juga komentar yang bernada kasar. 

Sfar kemudian menjanjikan "tarian korona" setiap malam. Ketika dia gagal tampil pada satu malam, ribuan pesan naik dari penggemar yang memohon padanya untuk kembali ke layar ponsel mereka. 

"Saya tahu sulit untuk tinggal di rumah dan dikurung, tetapi kita dapat mencoba untuk menciptakan suasana hangat di rumah kita," kata Sfar kepada Reuters. 

Seiring semakin populernya Sfar, seorang penari pria, Rochdi Belgassmi, mulai melakukan aksi serupa dari rumah. Lewat akun media sosial ia mengumumkan: "Tunggu aku malam ini, wanita Tunisia!".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.