Sukses

Pemerintah Evakuasi Lagi Ratusan ABK WNI Negatif Corona COVID-19 dari Kapal Pesiar

Sejumlah ABK WNI dari beberapa kapal pesiar yang berstatus negatif Virus Corona COVID-19 rencananya akan dievakuasi oleh pemerintah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Virus Corona COVID-19 masih meluas. Sejumlah kapal pesiar pun terkena dampak, kasus positif Virus Corona jenis baru yang awalnya jadi sorotan terjadi di Diamond Princess.

Sejak itu, sejumlah kapal pesiar juga melaporkan kasus serupa. Akibatnya, bahtera mewah tersebut pun kerap tak diizinkan bersandar. Mereka khawatir menjadi pembawa Corona COVID-19 dan terjadi penularan di tempat persinggahan.

ABK WNI yang berada di sejumlah kapal pesiar pun terimbas. Sejumlah di antaranya sudah dievakuasi oleh pemerintah RI. Proses serupa kini dikabarkan tengah kembali dilakukan, menjemput para pekerja dari Tanah Air di beberapa kapal pesiar.

Hal itu dibenarkan oleh Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Teuku Faizasyah.

"iya, jadwal kedatangan (yang beredar) merupakan hasil konsolidasi dan akan terus di-update merujuk perkembangan di lapangan," kata Faizasyah kepada Liputan6.com dalam pesan singkatnya, Selasa (31/3/2020).

"Tentunya sebelum bisa kembali ke Indonesia akan melalui prosedur protokol kesehatan di negara pemberangkatan. Dan setibanya di Indonesia juga akan menjalani protokol kesehatan lanjutan," jelas Faizasyah.

Kendati demikian, ia tak merinci di mana para ABK WNI itu akan menjalani observasi kesehatan setibanya di Tanah Air.

"Untuk persisnya tolong dicek dengan Kemenkes (Kementerian Kesehatan). Kalau tidak salah Pemda Bali, misalnya, sudah menyiapkan lokasi observasi ABK yang kembali tersebut," kata dia.

"Ada yang ke Bali (Brilliance of the Seas, Celebrity reflection, silhoutte)".

Faizasyah juga menegaskan bahwa seluruh ABK WNI yang dievakuasi berstatus negatif Virus Corona COVID-19.

"Mereka yang positif Virus Corona (jenis baru) tidak bisa tinggalkan kapal dan dirawat di negara setempat," katanya.

Untuk moda transportasi yang digunakan saat evakuasi, Faizasyah menyebut bahwa sejauh ini pesawat masih menjadi alternatif terbaik.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Kedatangan ABK WNI Dalam Waktu Dekat

Berikut ini jadwal kedatangan ABK WNI dalam waktu dekat, hasil koordinasi sejumlah pihak terkait RI:

(a) Genoa Italia: 316 ABK Kapal Pesiar MSC Splendida, dari Genoa mendarat di Denpasar 30 Maret 2020 pukul 20.00 Wita dengan pesawat komersial Qatar Air.

(b) Miami, USA: 283 ABK dari 3 kapal pesiar, yaitu Brilliance of the Seas, Celebrity Reflection, dan Celebrity Silhoutte dari Miami dijadwalkan mendarat di Denpasar tanggal 1 April 2020 pukul 17.30 WITA dengan pesawat komersial Qatar Airlines QR 0962

(c) USA: 274 ABK dari 4 kapal pesiar, yaitu MSC Armonia (31 ABK), MSC Divina (146 ABK), MSC Meraviglia (33 ABK), MSC Seaside (64 ABK) dijadwalkan mendarat di Denpasar tanggal 2 April 2020 pukul 07.20 WITA dengan pesawat charter Air Europe. Jadwal menunggu proses FC.

(d) Lisabon, Portugal: 228 ABK kapal pesiar MSC Fantasia dari Lisabon tujuan Denpasar dengan pesawat carter Qatar air. BPBD Bali siap. Ketibaan to be confirmed.

(e) Roma, Italia: 186 ABK dari 3 kapal pesiar, yaitu Costa Luminosa (73 ABK), MSC Grandiosa (88 ABK) dan MSC Opera (25 ABK) tujuan Denpasar dengan pesawat charter NEOS AIR. BPBD Bali siap. Ketibaan to be confirmed. Catatan: 5 ABK WNI positif COVID-19 masih dirawat di Italia.

(f) USA: 297 orang awak kapal yang terdiri dari 67 awak Adventure Of The Seas dan 230 awak Harmony Of The Seas dipulangkan dengan rute penerbangan Qatar Airways (QR956), tiba di Jakarta 31 Maret 2020 pukul 15.20

(g) USA: 6 orang awak kapal Norwegian Encore dipulangkan pada tanggal 28 Maret via London 5 orang ke Jakarta, ETA 31 Maret 15.20, QR9561 orang ke Denpasar, ETA 31 Maret 17.30. QR962

Selain itu, kabarnya masih ada dua penerbangan lainnya pada 1 April esok. Namun, belum disebutkan membawa ABK WNI dari kapal pesiar mana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.