Sukses

Bisakah Virus Corona COVID-19 Mati dengan Sinar UV?

Hanya ada satu jenis sinar UV atau ultraviolet yang konon andal dapat menonaktifkan Virus Corona COVID-19 - dan ini sangat berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, beragam kalangan berlomba-lomba untuk menemukan cara membasmi virus tersebut.

Adalah seorang pekerja di Inggris yang kemudian menggagas bahwa ada satu sinar yang dapat membunuh Virus Corona baru pemicu penyakit COVID-19.

"Hanya ada satu jenis UV yang andal dapat menonaktifkan COVID-19 - dan ini sangat berbahaya. Anda benar-benar akan menggoreng orang," kata Dan Arnold, tertawa tak percaya seperti dikutip dari CNN, Senin (30/3/2020).

Arnold bekerja untuk UV Light Technology, sebuah perusahaan yang menyediakan peralatan desinfektan untuk rumah sakit, perusahaan farmasi dan produsen makanan di seluruh Inggris. Baru-baru ini, ketika kecemasan global tentang COVID-19 meningkat, dia menerima beberapa permintaan yang tidak biasa.

"Kami memiliki pertanyaan dari seseorang tentang peralatan kami, mengatakan 'Baiklah, mengapa kita tidak mendapatkan satu saja lampu UV Anda dan memasangnya di pintu keluar supermarket - orang-orang dapat berdiri di bawahnya selama beberapa detik sebelum mereka masuk," katanya.

Di antara banyak saran kesehatan yang saat ini beredar di internet, gagasan bahwa Anda dapat mendisinfeksi kulit, pakaian, atau benda lain dengan sinar UV terbukti sangat populer. Salah satunya di Thailand, sebuah perguruan tinggi dilaporkan bahkan membangun terowongan UV yang dapat dilalui oleh para siswa untuk membasmi hama yang menempel pada mereka.

Jadi, apakah ini cara yang baik untuk melindungi diri Anda dari COVID-19? Dan apakah benar Virus Corona baru membenci matahari dan akan segera membunuhnya, seperti yang dilaporkan beberapa media sosial?

Singkatnya, jawabannya adalah tidak, kata Arnold. Inilah sebabnya:

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinar UV Berbahaya

Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa sinar matahari mengandung tiga jenis UV.

  1. Pertama ada UVA, yang membentuk sebagian besar radiasi yang mencapai permukaan Bumi. Ini mampu menembus jauh ke dalam kulit dan dianggap bertanggung jawab atas 80% penuaan kulit, dari keriput hingga bintik-bintik penuaan.
  2. Selanjutnya ada UVB, yang dapat merusak DNA di kulit kita, menyebabkan kulit terbakar dan akhirnya kanker kulit (baru-baru ini para ilmuwan telah menemukan bahwa UVA juga memiliki efek sama jika berlebihan). Keduanya cukup dikenal khalayak, dan dapat diblokir oleh krim matahari yang paling baik.
  3. Tipe ketiga: UVC. Bagian spektrum yang relatif tidak jelas ini terdiri dari panjang gelombang cahaya yang lebih pendek dan lebih energik. Ini sangat baik dalam menghancurkan material genetik - baik pada manusia atau partikel virus. Untungnya, sebagian besar dari kita tidak mungkin merasakan sinar ini karena disaring oleh ozon di atmosfer jauh sebelum mencapai kulit kita yang rapuh.

Atau itulah yang terjadi, setidaknya, sampai para ilmuwan menemukan bahwa mereka dapat memanfaatkan UVC untuk membunuh mikroorganisme.

Sejak ditemukan pada tahun 1878, UVC yang diproduksi secara artifisial telah menjadi metode pokok sterilisasi - yang digunakan di rumah sakit, pesawat terbang, kantor, dan pabrik setiap hari. Yang terpenting, ini juga penting untuk proses sanitasi air minum; beberapa parasit resisten terhadap desinfektan kimia seperti klorin, sehingga memberikan kegagalan fungsi.

Meskipun belum ada penelitian yang melihat bagaimana UVC mempengaruhi COVID-19 secara khusus, penelitian telah menunjukkan bahwa UVC dapat digunakan terhadap Virus Corona lain, seperti SARS. Radiasi melengkungkan struktur materi genetik mereka dan mencegah partikel virus membuat lebih banyak pembelahan dari diri mereka sendiri.

Atas dasar itulah, bentuk UVC yang terkonsentrasi saat ini berada di garis depan dalam pertarungan melawan COVID-19.

Di China, seluruh bus diterangi oleh cahaya biru suram setiap malam, sementara squat, robot pemancar UVC telah membersihkan lantai di rumah sakit. Bank bahkan telah menggunakan lampu dengan sinar itu untuk mendisinfeksi uang mereka.

Pada saat yang sama, pemasok peralatan UV telah melaporkan rekor penjualan, dan banyak yang segera meningkatkan produksi untuk memenuhi pesanan mereka. Arnold mengatakan Teknologi UV Light telah kehabisan semua peralatannya.

Tapi ada peringatan utama.

"UVC adalah sinar yang benar-benar jahat - Anda tidak boleh terpapar itu," kata Arnold. "Diperlukan berjam-jam untuk tersengat matahari dari UVB, tetapi dengan UVC hanya dibutuhkan beberapa detik. Jika mata Anda terbuka ... Anda tahu perasaan sakit yang Anda dapatkan jika melihat matahari? Rasanya 10 kali lipat, hanya setelah beberapa detik. "

Untuk menggunakan UVC dengan aman, Anda membutuhkan peralatan dan pelatihan khusus.

 

3 dari 3 halaman

Sinar Matahari jadi Solusi?

Apakah UVA atau UVB akan berfungsi sebagai gantinya? Dan jika demikian, apakah ini berarti Anda dapat mendisinfeksi sesuatu dengan membiarkannya di bawah sinar matahari?

Jawaban singkatnya: mungkin - tetapi Anda tidak mungkin bergantung pada hal tersebut.

Di negara berkembang, sinar matahari sudah menjadi cara yang populer untuk mensterilkan air - bahkan direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Teknik ini melibatkan menuangkan air ke gelas atau botol plastik bening, dan membiarkannya di bawah sinar matahari selama enam jam.

Diperkirakan bekerja karena UVA di bawah sinar matahari bereaksi dengan oksigen terlarut untuk menghasilkan molekul tidak stabil seperti hidrogen peroksida, bahan aktif dalam banyak disinfektan rumah tangga, yang dapat merusak patogen.

Tanpa air, sinar matahari masih akan membantu membersihkan permukaan - tetapi mungkin butuh waktu lebih lama dari yang Anda kira.

Masalahnya adalah kita tidak tahu berapa lama, karena masih terlalu dini untuk banyak penelitian yang telah dilakukan pada Virus Corona baru. Penelitian tentang SARS - kerabat dekat COVID-19 - menemukan bahwa mengekspos virus ke UVA selama 15 menit tidak berdampak pada seberapa infeksi itu.

Namun, penelitian ini tidak melihat paparan yang lebih lama, atau UVB, yang diketahui lebih merusak bahan genetik.

Sebaliknya, virus lain mungkin memberikan beberapa petunjuk. Contohnya adalah flu. Ketika para ilmuwan menganalisis catatan penerimaan rumah sakit di Brasil, mereka menemukan bahwa jumlah kasus flu cenderung meningkat selama musim pembakaran, ketika ada lebih banyak asap di atmosfer dari kebakaran hutan dan UV di sinar matahari menguap.

Studi lain menemukan bahwa semakin lama partikel flu terpapar sinar matahari - dan semakin terkonsentrasi - semakin kecil kemungkinannya untuk tetap menular. Sayangnya, penelitian itu mengamati flu yang melayang di udara, bukannya mengering pada benda.

Kendati demikian, tidak ada yang tahu berapa lama untuk menonaktifkan COVID-19 dengan sinar matahari, atau seberapa banyak yang dibutuhkan. Dan bahkan jika mereka melakukannya, jumlah UV di bawah sinar matahari bervariasi tergantung pada waktu, cuaca, musim, dan di mana di dunia Anda tinggal - terutama lintang mana - jadi ini bukan cara yang dapat diandalkan untuk membunuh virus.

Semua ini berarti bahwa menggunakan sinar matahari untuk mendisinfeksi permukaan menimbulkan masalah.

Akhirnya, tak perlu dikatakan bahwa disinfektan kulit Anda dengan segala jenis UV akan menyebabkan kerusakan, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Dan begitu virus ada di dalam tubuh Anda, tidak ada jumlah UV yang akan berdampak pada apakah Anda terinfeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.