Sukses

Ratu Elizabeth II Pernah Bertemu PM Inggris yang Positif Corona COVID-19

Istana Buckingham menolak berkomentar apakah sang ratu dan sang suami, Pangeran Philip (98) telah diuji untuk Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, London - Pada Jumat 27 Maret 2020, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi pemimpin utama dunia pertama yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona Baru.

Namun, riwayat kontak PM Johnosn menimbulkan kekhawatiran baru.

Salah satu riwayat kontak terakhir Johnson adalah bertemu dan berinteraksi langsung dengan Pemimpin Monarki Britania Raya, Ratu Elizabeth II yang berusia 93 tahun pada 11 Maret 2020, kata Istana Buckingham kepada USA Today dalam sebuah pernyataan.

Muncul dugaan bahwa Ratu Elizabeth II mungkin terinfeksi Virus Corona.

Namun, pihak Buckingham mengatakan;

"Sang Ratu tetap dalam kondisi sehat. Sang Ratu terakhir melihat (perdana menteri) pada 11 Maret dan mengikuti semua saran yang tepat berkaitan dengan kesehatannya," Istana Buckingham mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat 27 Maret 2020, seperti dikutip dari USA Today, Sabtu (28/3/2020).

Istana menolak berkomentar apakah sang ratu dan sang suami, Pangeran Philip (98) telah diuji untuk Virus Corona.

Sebelumnya, putra ratu, Pangeran Charles, juga dites positif terkena virus korona awal pekan ini dan terakhir melakukan kontak dengan sang ratu pada 12 Maret 2020.

The Prince of Wales yang berusia 71 tahun yang juga merupakan pewaris takhta Inggris, dinyatakan positif terkena virus itu setelah "menunjukkan gejala ringan," kata Clarence House, kediaman resminya, dalam sebuah pernyataan, Rabu pekan ini.

Pada hari Jumat, Clarence House membenarkan bahwa terakhir kali Charles ada di hadapan Johnson adalah 9 Maret.

"Untuk mengkonfirmasi terakhir kali Pangeran Wales bertemu Perdana Menteri adalaha pada pertemuan di Westminster Abbey Commonwealth pada 9 Maret," kata pernyataan itu.

Pernyataan dari Clarence House yang mengumumkan hasil tes positif Pangeran Charles mencatat: "Tidak mungkin memastikan dari siapa sang Pangeran terserang virus karena banyaknya keterlibatan yang ia lakukan dalam peran publiknya selama beberapa minggu terakhir."

Sang putra mahkota kini mengisolasi diri di Birkhall, rumah sang pangeran di tanah kerajaan Balmoral di Skotlandia. Istrinya, Duchess Camilla of Cornwall, 72, telah dites negatif untuk virus dan juga mengisolasi diri sendiri dari Charles di Birkhall.

Berita tentang hasil tes positif Pangeran Charles dan PM Johnson datang seminggu setelah ratu pindah ke Windsor Castle di tengah pandemi Virus Corona.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Kerajaan Ditunda

Juga pada hari Jumat, Istana Buckingham mengumumkan bahwa parade tahunan Trooping the Color, perayaan populer ulang tahun resmi sang ratu, tidak akan dilanjutkan "dalam jadwal tradisional" pada bulan Juni.

"Sejumlah opsi lain dipertimbangkan, sejalan dengan panduan yang relevan," kata pernyataan istana. Ratu berusia 94 tahun pada bulan April, tetapi hari ulang tahunnya dirayakan pada bulan Juni ketika cuaca di Inggris biasanya lebih baik.

Perayaan ini menampilkan barisan pasukan berbaris dan pengawal berseragam warna-warni, kerumunan besar di The Mall dan keluarga semua-kerajaan menyebar di balkon istana ketika sebuah angkatan udara terbang melintasi akhir perayaan.

Sang ratu membatalkan sejumlah acara "sebagai tindakan pencegahan yang masuk akal" karena pandemi, tetapi hingga pekan lalu, ia masih mengadakan "audiensi" dengan para pejabat tinggi yang berkunjung, termasuk PM Boris Johnson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.