Sukses

Ilmuwan Ungkap Virus Corona COVID-19 Telah Bermutasi Jadi 40 Jenis

Tes ilmiah baru-baru ini mengungkap Virus Corona COVID-19 telah bermutasi menjadi 40 jenis.

Liputan6.com, Jakarta - Tes ilmiah baru-baru ini mengungkap Virus Corona COVID-19 telah bermutasi menjadi 40 jenis. Dengan bukti bahwa Virus Corona jenis baru ini bermutasi, para ilmuwan dapat belajar lebih banyak dengan mempelajari gen virus yang pada akhirnya membantu menemukan obatnnya.

Tapi apa artinya virus bermutasi? Dan mengapa itu penting?

Bukti adanya mutasi Virus Corona COVID-19 menjadi perhatian Christian Drosten, kepala Institute of Virology di Charité University Hospital di Berlin, sejak akhir Februari. Kala itu, Drosten mempelajari seorang pasien Jerman yang terkena Virus Corona jenis baru di Italia, dan seorang pasien Jerman yang terpisah yang terkena COVID-19 sebulan sebelumnya di Munich.

Kedua kasus memiliki tiga mutasi genetik yang belum terlihat dalam sampel dari Wuhan, China, di mana patogen pertama terjadi. Berdasarkan bukti ini, Drosten menduga ada kemungkinan varian China yang membawa ketiga mutasi telah menempuh rute independen ke Jerman dan Italia.

Sejak itu, tes lebih lanjut telah mengungkapkan lebih banyak bukti bahwa Virus Corona jenis baru telah bermutasi, seperti dilansir alarabiya.net, Jumat (27/3/2020).

Pada awal Maret, para peneliti China mengidentifikasi 149 mutasi dalam 103 genom berurutan dari Virus Corona COVID-19.

Pada minggu yang sama, Ilmuwan dari Brazil dan Inggris mengatakan, sampel yang dikumpulkan dari pasien pertama di Amerika Latin sedikit berbeda dari strain di Wuhan oleh tiga mutasi.

Baru-baru ini, pengujian volume tinggi Islandia mengungkapkan setidaknya ada 40 mutasi virus di negara yang terdiri dari 340.000 orang saja itu.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Normal Virus Bermutasi?

Menurut para ilmuwan, adalah normal bagi virus untuk bermutasi.

"Virus bermutasi secara alami sebagai bagian dari siklus hidup mereka," kata Ewan Harrison, manajer proyek ilmiah untuk COVID-19 Genomics UK Consortium, sebuah proyek baru yang melacak virus di Inggris.

Dr Derek Gatherer, seorang spesialis penyakit menular di Universitas Lancaster, mengatakan, dia tidak terkejut dengan temuan di Islandia.

"Ini seperti yang kita harapkan. Semua virus mengakumulasi mutasi, tetapi hanya sedikit yang memiliki konsekuensi medis," katanya.

Seperti semua virus berkembang dari waktu ke waktu melalui mutasi acak, tambah Andrew Rambaut, seorang ahli biologi evolusi molekuler di University of Edinburgh.

"Lebih dari panjang genom 30.000-pasangan-dasarnya, SARS-CoV-2 mengakumulasi rata-rata sekitar satu hingga dua mutasi per bulan," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Apa yang Bisa Dipelajari Para Ilmuwan dari Mutasi Virus?

Ketika Virus Corona baru terus menyebar di seluruh dunia, virus ini mengubah susunan genetiknya. Menurut para ilmuwan, pengurutan genomik sampel akan membantu memahami penyebaran virus dan memandu perawatan.

"Urutan genomik akan membantu kita memahami COVID-19 dan penyebarannya. Ini juga dapat membantu memandu perawatan di masa depan dan melihat dampak intervensi," ungkap Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah pemerintah Inggris.

Ilmuwan Inggris menggunakan sekuensing gen untuk menganalisis strain yang menyebabkan ribuan infeksi Virus Corona jenis baru di seluruh negeri. Bekerja dalam tim di seluruh Inggris, para ilmuwan akan memetakan dan menganalisis kode genetik lengkap dari sampel COVID-19.

Para peneliti di DeCode Genetics yang melakukan pengujian mengungkapkan 40 mutasi di Islandia mengatakan, varian yang ditemukan dapat bertindak sebagai sidik jari virus untuk melacak asal-usulnya. Tujuh dari orang yang terinfeksi dilacak ke pertandingan sepak bola yang tidak diungkapkan di Inggris, kata para peneliti.

Kári Stefánsson, direktur DeCode Genetics, mengatakan, "Kita bisa melihat bagaimana virus bermutasi. Kami telah menemukan 40 mutasi virus... Kami menemukan seseorang yang memiliki campuran virus."

Stefánsson menambahkan, "Beberapa berasal dari Austria. Ada jenis lain dari orang yang terinfeksi di Italia. Dan ada jenis virus ketiga yang ditemukan pada orang yang terinfeksi di Inggris. Tujuh orang menghadiri pertandingan sepak bola di Inggris."

"Sangat menarik dengan 40 varian spesifik yang terbagi dalam tiga kelompok yang dapat ditelusuri kembali ke sumber infeksi tertentu," kata Allan Randrup Thomsen, seorang ahli virologi dengan Departemen Imunologi dan Mikrobiologi di Universitas Kopenhagen.

"Virus Corona dikenal sebagai virus yang dapat bermutasi dengan cukup baik. Kami telah melihat laporan varian dari China. Dengan begitu, itu cocok dengan apa yang diharapkan seseorang."

Dia juga menunjuk pada kecepatan Virus Corona ketika mengungkapkan informasi tentang sifatnya. "Itu sekitar dua hingga empat kali lebih lambat dari flu," katanya.

"Dengan menggunakan perubahan kecil ini, para peneliti dapat membuat pohon filogenetik, seperti pohon keluarga. Mereka juga dapat membuat hubungan antara berbagai kasus COVID-19 dan mengukur apakah mungkin ada penyebaran virus yang tidak terdeteksi."

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Mutasi Memengaruhi Kekebalan?

Bisakah Virus Corona baru bermutasi menjadi strain yang berbeda sehingga dapat mengatasi pertahanan kekebalan tubuh yang sudah terbangun? Belum tentu, menurut para ahli.

"Saya memperkirakan bahwa SARS-CoV-2 akan berperilaku serupa dengan Virus Corona musiman yang ada dalam kemampuannya untuk bermutasi untuk menghindari vaksin dan kekebalan," kata Trevor Bedford dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, yang menganalisis aliran genom virus dan mendiskusikannya di Twitter.

Dia mengatakan, hampir semua mutasi Virus Corona akan memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada fungsi virus.

"Prediksi saya adalah bahwa kita harus melihat mutasi sesekali ke protein lonjakan SARS-CoV-2 yang memungkinkan virus untuk keluar sebagian dari vaksin atau kekebalan kawanan yang ada, tetapi bahwa proses ini kemungkinan besar akan memakan waktu bertahun-tahun daripada berbulan-bulan," ujarnya.

Sejak mewabah, Virus Corona baru bermutasi dengan cara yang sama seperti semua virus, tetapi tidak berubah dengan cara penting.

"Virus ini sangat stabil mengingat berapa banyak transmisi yang kami lihat," kata Lisa Gralinski dari University of North Carolina. "Itu masuk akal, karena tidak ada tekanan evolusi pada virus untuk mentransmisikan lebih baik."

Bagaimana mutasi berdampak pada pengembangan vaksin? Mutasi Coronavirus belum berdampak pada pengembangan vaksin terhadap penyakit ini, kata Zhou Qi, wakil sekretaris jenderal Akademi Ilmu Pengetahuan China.

"Kami telah menerima banyak informasi tentang mutasi virus. Namun, mutasi yang terlihat pada virus sejauh ini tidak memengaruhi pengembangan dan penelitian vaksin," kata Qi. "Kami secara aktif memantau sejauh mana virus bermutasi, kami sedang melakukan penelitian."

Menurut Bedford, Virus Corona akan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk bermutasi cukup untuk secara signifikan menghambat vaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.