Sukses

Belasungkawa Kedubes Singapura Atas Meninggalnya Ibunda Jokowi

Perwakilan negara sahabat, Singapura turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya ibunda Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Jokowi meninggal dunia pada Rabu 25 Maret 2020. Kabar duka itu telah sampai ke perwakilan negara sahabat, Singapura.

Melalui kedutaan besar Singapura di Jakarta, ucapan belasungkawa dihaturkan kepada Jokowi.

"Kedutaan Besar Singapura ingin menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada Yang Mulia Presiden Joko Widodo atas meninggalnya ibu tercinta, Sudjiatmi Notomiharjo. Pikiran dan doa kita bersama Presiden dan keluarganya di masa sulit ini," tulis akun resmi kedutaan di akun Facebook Singapore Embassy in Jakarta yang Liputan6.com kutip Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, Kedutaan Besar Malaysia untuk Indonesia yang berkantor di Jakarta telah lebih dahulu menyampaikan ungkapan duka cita atas meninggalnya ibunda Jokowi. Mengirimkan ucapan melalui akun Twitter resmi @MYEmbJkt.

Saksikan juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belasungkawa PM Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin turut menyampaikan belasungkawanya. Sepenggal pesan dikirimkan olehnya melalui akun Twitter pribadi.

"Saya baru sahaja menerima khabar dukacita bahawa Ibu Sujiatmi Notomiharjo (Ibunda kepada Bapak Joko Widodo @jokowi, Presiden Republik Indonesia) telah kembali ke Rahmatullah sebentar tadi," tulisnya di akun @MuhyiddinYassin yang dikutip Rabu (25/3/2020).

Pada kesempatan tersebut, PM Muhyiddin juga menyampaikan salam takziah mengatasnamakan rakyat Malaysia.

"Justeru, saya dan seluruh rakyat Malaysia ingin mengucapkan takziah dan turut berdukacita di atas pemergian Almarhumah yang sudah tentu merupakan kehilangan besar kepada Bapak Presiden dan seluruh rakyat Indonesia," tulisnya dalam bahasa Melayu.

3 dari 3 halaman

Sakit Kanker

Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, dikabarkan wafat di usia 77 tahun, pukul 16.45 WIB, Rabu 25 Maret 2020. Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman membenarkan hal tersebut.

"Saya mendapatkan berita dari Mensesneg Pratikno Berita Duka Innalillahi wa innaillaihi rojiun Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pkl 16.45 tadi," kata dia saat dikonfirmasi.

Dia pun meminta masyarakat untuk ikut mendoakan arwah ibunda Jokowi. "Mohon doanya semoga almarhumah husnul khotimah," tulis Fadjroel.

Sebelum pulang, jenazah ibunda Jokowi berada di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Surakarta.

Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal lantaran sakit kanker yang sudah dideritanya lama.

"Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini," ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta, Rabu.

Menurut dia, berbagai pengobatan sudah dilakukan. Terakhir, Sujiatmi menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta.

"Ternyata Allah berkehendak lain," lanjut Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.