Deretan Pemimpin Negara di Dunia Ucap Dukacita atas Meninggalnya Ibunda Jokowi

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 26 Mar 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 27 Mar 2020, 09:26 WIB
Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Ibunda dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo dalam usia 77 tahun pada Rabu, 25 Maret 2020.

Ibunda Jokowi dimakamkan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Kamis (26/3/2020).

Dengan adanya kabar duka tersebut, beberapa pemimpin negara di dunia telah menyampaikan belasungkawa mereka kepada Presiden Jokowi

Antara lain, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Presiden Singapura Halimah Yacob, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Putra Mahkota UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MbZ). 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. PM Malaysia Muhyiddin Yassin

Muhyiddin Yassin Resmi Dilantik Menjadi PM Malaysia
Muhyiddin Yassin (tengah) melambaikan tangan sebelum upacara pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur, Minggu (1/3/2020). Berdasarkan hukum Malaysia, penunjukan PM Malaysia bisa dilakukan oleh raja. (NAZRI RAPAAI/AFP/MALAYSIA'S DEPARTMENT OF INFORMATION)

Melalui halaman Twitter-nya, Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, memberikan ungkapan dukanya atas berpulangnya ibunda dari Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo, pada Rabu, 25 Maret 2020. 

Dalam pesan itu, PM Muhyiddin Yassin juga menyampaikan doanya untuk ibunda dari Presiden Jokowi.

3 dari 6 halaman

2. Presiden Singapura Halimah Yacob

Jokowi dan Halimah Yacob
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Presiden Singapura, Halimah Yacob melakukan konferensi pers bersama saat kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Dalam pertemuan tersebut kedua negara membahas kerjasama terutama dalam sektor bisnis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Singapura Halimah Yacob dan PM Singapura Lee Hsien Loong menuliskan surat kepada Presiden Jokowi atas meninggalnya sang ibunda. 

"Suami saya Mohamed dan saya merasa sedih atas meninggalnya ibunda Anda yang tercinta Ibu Sudjiatmi Notomihardjo. Kami menyampaikan rasa duka paling mendalam, dan berharap bahwa Anda dan keluarga bisa mendapatkan ketabahan dan kekuatan selama masa sulit ini," tulis surat Presiden Halimah Yacob yang dibagikan melalui halaman Facebook Kedutaan Besar Singapura di Jakarta, Kamis, (26/3/2020).

 

4 dari 6 halaman

3. PM Singapura Lee Hsien Loong

Sultan Brunei hingga PM Singapura Temui Jokowi Jelang Pelantikan Presiden
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2019). Jelang pelantikan di Gedung MPR, Jokowi menerima kunjungan lima kepala negara di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Jakarta. (AFP Photo/Bay Ismoyo)

Bersama dengan istrinya, yakni Ho Ching, PM Lee Hsien Loong juga memberikan surat ungkapan duka untuk kepergian ibunda Presiden Jokowi.

"Ho Ching dan saya mengirimkan duka cita mendalam terhadap meninggalnya ibunda Anda yang tercinta, Ibu Sudjiatmi Notomihardjo. Meski kami tak pernah berkesempatan bertemu Ibu Sudjiatmi, kami paham rasanya kehilangan sosok orangtua, dan rasa duka dan sakit yang pastinya Anda rasakan. Simpati dan doa kami bersama Anda dan keluarga selama masa sulit ini," tulis PM Lee Hsien Loong. 

5 dari 6 halaman

4. Putra Mahkota UEA, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MbZ)

Jokowi Gelar Pertemuan Bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi
Presiden Joko Widodo menyambut Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Bogor, Kamis (24/7/2019). Keduanya menggelar pertemuan bilateral guna membahas sejumlah kerja sama. (Liputan.com/HO/Setkab Agung)

Penyampaian belasungkawa dan doa untuk kepergian ibunda Presiden Jokowi juga disampaikan oleh Putra Mahkota Uni Emirat Arab, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MbZ), melalui halaman Twitter-nya pada Kamis, 26 Maret 2020. 

Selain menyampaikan belasungkawa dan doa, Pangeran Mohamed juga memanggil Presiden Jokowi sebagai teman baiknya. 

Pangeran Mohamed bin Zayed saat ini adalah Komandan Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓