Sukses

Physical Distancing Akibat Corona COVID-19? Ini 8 Opsi Kegiatan Asyik di Rumah

Jika Anda sudah mulai merasa bosan di rumah karena harus mengisolasi diri dari Virus Corona COVID-19, mungkin 8 referensi kegiatan ini bisa jadi pilihan.

Jakarta - Virus Corona COVID-19 telah mengubah rutinitas kegiatan kita sehari-hari. 

Anak-anak tak lagi belajar di sekolah seperti biasa dan orang dewasa pun juga tidak pergi ke kantor lagi untuk bekerja. Rutinitas yang berubah tentu juga mengubah jadwal Anda sehari-hari.

Jika biasanya bertemu dengan banyak orang ataupun pergi ke banyak tempat jadi agenda sehar-hari, nampaknya hal itu tidak bisa dilakukan untuk waktu sekarang-sekarang ini. Terlebih, masa isolasi di rumah ini mungkin saja akan berlangsung selama lebih lama. 

Melansir DW Indonesia, Rabu (25/3/2020), berikut adalah 9 referensi kegiatan yang dapat Anda lakukan di rumah jika sudah merasa bosan atau bingung ingin melakukan apa:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Mencoba Resep Masakan Baru

Memasak atau membuat kue bisa jadi kegiatan menyenangkan sekaligus bermanfaat yang bisa dilakukan saat menjalani social distancing alias pembatasan sosial di rumah. Proses memasak, seperti memotong daging atau sayuran dipercaya dapat memberikan efek relaksasi. Anda bisa mencoba resep-resep baru lewat buku resep masak atau menonton panduan memasak dari koki favorit lewat Youtube.

3 dari 9 halaman

2. Bermain board game

Daripada sibuk memantau media sosial selama di rumah, bermain board game bisa menjadi alternatif. Permainan yang menjadikan papan sebagai komponen utamanya ini bisa dilakukan beramai-ramai dari 2 hingga 6 orang. Beberapa contoh board game, yakni ular tangga, ludo, halma, dan monopoli.

4 dari 9 halaman

3. Menonton Film

Tidak perlu jauh-jauh ke bioskop, Anda bisa menghabiskan waktu selama social distancing di rumah dengan menonton film atau serial favorit melalui aplikasi layanan streaming. Jika bosan dengan film-film mainstream, Anda bisa mencoba menonton film-film dokumenter yang tentunya dapat menambah wawasan pengetahuan.

5 dari 9 halaman

4. Olahraga di Rumah

Olahraga tidak melulu hanya dilakukan di studio fitness atau ruangan terbuka. Anda bisa berolahraga di dalam rumah tanpa perlu membutuhkan ruangan yang besar maupun peralatan khusus. Yoga dan calisthenics bisa jadi opsi. Berbagai macam gerakan seperti push up, sit up, squat, hingga plank bisa Anda praktikkan di rumah. Selain menyehatkan, ini juga bagus membentuk tubuh serta mengencangkan otot.

6 dari 9 halaman

5. Baca Buku

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu. Tidak perlu bacaan yang topiknya berat, Anda bisa membaca novel romantis, buku motivasi, buku tentang perjalanan, atau komik sambil diiringi alunan musik instrumental yang memberikan efek relaksasi. Secangkir teh atau kopi hangat bisa jadi teman setia selama membaca. Tapi jangan sampai tertidur ya.

7 dari 9 halaman

6. Berkebun

Berkebun bisa jadi kegiatan seru selama social distancing di rumah. Mungkin selama ini Anda tidak sempat mengurus halaman rumah karena padatnya aktivitas. Anda bisa menanam berbagai jenis tumbuhan, dari tanaman hias, bunga, sayuran, hingga buah. Banyak penelitian menyebutkan bahwa berkebun menjadi obat penghilang stres dan baik untuk kesehatan mental.

8 dari 9 halaman

7. Bersih-bersih Rumah

Dengan waktu yang lebih banyak dihabiskan di rumah, Anda tentunya bisa memberikan perhatian lebih untuk tempat hunian Anda sekeluarga. Menjaga kebersihan rumah menjadi aktivitas penting selama masa social distancing ini. Anda juga bisa sekaligus merapikan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan mendonasikannya ke sejumlah pihak yang lebih membutuhkan.

9 dari 9 halaman

8. Habiskan Waktu dengan Keluarga

Seberapa sering Anda menghabiskan waktu untuk anak ataupun pasangan Anda di rumah dalam sehari? Selama imbauan social distancing di rumah, ini saatnya Anda memperbanyak waktu bersama dengan anggota keluarga tercinta. Berbincang-bincang hangat, belajar dan bermain bersama, saling tukar pikiran dengan anak dan pasangan jadi kegiatan berharga yang selama ini mungkin sering terlewatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.