Sukses

Ramai Soal Hantavirus, Ini 4 Cara Agar Rumah Anda Tak Dimasuki Tikus

Karena Hantavirus diyakini berasal dari tikus, maka ada baiknya melakukan pencegahan dengan menjauhi hewan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini masyarakat dibuat panik dengan pemberitaan Hantavirus di China. Yang terjadi saat dunia tengah dilanda Virus Corona COVID-19.

Hantavirus adalah keluarga virus yang menyebar melalui tikus, demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Beberapa waktu lalu, di Provinsi Yunnan, seorang pria meninggal dalam perjalanan kembali ke Provinsi Shandong.

Meskipun negara-negara di seluruh dunia dalam siaga tinggi karena ketidakpastian seputar penyebaran Corona COVID-19, tidak ada indikasi bahwa hantavirus merupakan ancaman kesehatan masyarakat global.

Karena Hantavirus diyakini berasal dari tikus, maka ada baiknya melakukan pencegahan dengan menjauhi hewan ini.

Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan agar rumah atau lokasi tempat tinggal Anda terhindar dari tikus:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Simpan Sampah di Tempat Tertutup

Sampah harus disimpan dalam kantong atau wadah tertutup. Jika tidak, maka keberadaannya akan mudah diendus oleh hewan pengerat ini.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah. Sebab, lokasi rumah yang dalam kondisi bersih tidak akan mengundang keberadaan hewan ini.

Dengan menerapkan teknik-teknik ini, Anda dapat membantu menjaga rumah Anda agar tidak dibombardir dengan serangan hewan pengerat dan membuat Anda dan keluarga tinggal dengan penuh kenyamanan.

 

3 dari 5 halaman

2. Jangan Menimbun Pakaian Kotor

Banyak orang yang mempunyai kebiasaan buruk yaitu menumpuk pakaian kotor. Mungkin kebiasaan ini dianggap biasa saja.

Namun, kebiasaan seperti ini bisa mengundang kehadiran tikus. Bisa jadi, tumpukan kain itu bisa jadi tempat singgah mereka sementara.

Jadi segeralah cuci kain yang menumpuk. Kain bisa jadi penghangat bagi mereka. Bahkan, bisa dijadikan tempat beranak pinak bagi mereka.

 

4 dari 5 halaman

3. Tutup Jalur Pipa di Rumah

Pipa dan saluran air pada rumah bisa menjadi pintu masuk bagi tikus. Pastikan saluran pembuangan di rumah Anda tertutup dengan rapi.

Tikus bisa masuk dari luar rumah. Mereka akan mengendap-endap masuk ke dalam rumah pada malam hari di kala Anda sedang tidur.

Bahkan tikus yang masuk ke dalam rumah bisa mencuri makanan.

 

5 dari 5 halaman

4. Perbaikan Atap Rumah yang Bocor

Bukan hanya menghindari aliran air dari atap saat hujan. Memperbaiki atap rumah yang bocor juga bisa menjadi jalan masuk bagi tikus ke dalam rumah Anda.

Mungkin ini terdengar tidak mungkin, namun benar-benar terjadi. Maka segeralah perbaiki atap rumah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini