Sukses

Alat Rapid Test Buatan AS Bisa Deteksi Corona COVID-19 Hanya Dalam 45 Menit

Alat uji cepat atau rapid test di AS kini telah diizinkan untuk digunakan mendeteksi hanya dalam waktu 45 menit.

Jakarta - Kasus Virus Corona COVID-19 di Amerika Serikat hingga Selasa, 24 Maret sudah mencapai 46.450, dengan 593 kematian, dan 295 yang sembuh. 

Melihat perkembangan tersebut, jawatan federal AS untuk pengawasan obat-obatan dan makanan FDA mengizinkan penggunaan alat tes terbaru virus Corona supercepat belum lama ini. Regulasi darurat ini diputuskan, melihat situasi kekurangan akut alat rapid test SARS-CoV-2 di Amerika Serikat.

Alat tes cepat itu dikembangkan perusahaan diagnostik molekuler Cepheid yang berbasis di California. Alat itu terutama akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit dan ruang perawatan gawat darurat mulai pekan ini, seperti dikutip dari DW Indonesia, Rabu (25/3/2020). 

"Dengan alat diagnostik baru seperti ini, kita memasuki fase baru tes cepat, di mana tes akan lebih mudah diakses oleh warga Amerika yang memerlukan," ujar Menteri Kesehatan dan Pelayanan Sosial AS, Alex Azar.

Ia menjelaskan, hasil tes akan bisa diperoleh dalam kurang dari 1 jam, bukannya hari seperti alat tes yang saat ini beredar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minimnya Alat Tes Corona di AS

Kecepatan tes yang menunjukkan apakah orang positif terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 dinilai menjadi bagian terpenting dalam upaya meredam penyebaran virus tersebut.

Saat ini Amerika Serikat tidak siap menghadapi permintaan peralatan Rapid Test untuk COVID-19 serta deteksi virus Corona yang terus meningkat, demikian ditegaskan Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS.

Banyak pakar medis memprediksi, kelambatan, atau tes yang kacau-balau bisa menelan banyak korban jiwa, termasuk para dokter dan perawat kesehatan.

Alat tes baru yang hanya perlu 45 menit dapat membantu mengubah situasi tersebut. Prosedur sekarang ini, jika dilakukan test virus SARS-CoV-2, sampel harus dikirim ke laboratorium sentral, dan pengiriman hasilnya bisa memakan waktu beberapa hari.

3 dari 3 halaman

Mampu Lakukan Diagnosa Global

Alat tes diagnostik terbaru buatan Cepheid itu disebutkan didesain untuk bisa dioperasikan oleh peralatan dan GeneXpert Systems yang saat ini ada 23.000 unit, dan tersebar di seluruh dunia, demikian pernyataan perusahaan di California.

Sistem ini ditegaskan tidak memerlukan pelatihan khusus bagi penggunanya. “Hasil test yang disebut 'point of care' itu bisa langsung diperoleh di pusat pelayanan kesehatan setempat, seperti rumah sakit, pusat perawatan darurat serta ruang perawatan gawat darurat“, ujar komisioner FDA Stephen Hahn. Jadi sampel tes tidak perlu lagi dikirim ke laboratorium.

Amerika Serikat mengkonfirmasi saat ini lebih dari 41.000 orag terinfeksi COVID-19 dan 485 pasien meninggal. Sejumlah kota besar dan negara bagian juga sudah menerapkan lockdown total, di antaranya negara bagian California dan kota metropolitan New York.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.