Sukses

Si Ekstrovert Isolasi Diri di Rumah Saat Pandemi Corona COVID-19, Coba 3 Trik Ini

Menerapkan isolasi diri di rumah, sepeti saat pandemi Virus Corona COVID-19 ini, mungkin lebih sulit bagi mereka dengan kepribadian ekstrovert. Karena terbiasa bertemu dengan banyak orang. Coba trik ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda merupakan seorang ekstrovert dan memikirkan bahwa dalam beberapa waktu ini harus berada di rumah untuk menjalankan isolasi diri, mungkin akan terasa lebih sulit. Anda yang terbiasa banyak bicara dan bertemu dengan banyak orang pasti merasakan rintangan yang berbeda dalam masa isolasi ini.

"Kami adalah makhluk sosial," Jaime Blandino, seorang psikolog klinis di Decatur, Georgia, mengatakan kepada CNN. "Klien saya yang paling ekstrovert mengalami kesulitan."

Seorang ekstrovert adalah seseorang yang mendapatkan energinya dari orang lain. Ketika mereka tidak bisa menghabiskan waktu dengan orang lain, "mereka mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan diri mereka sendiri," katanya.

Praktik Blandino telah ditutup akibat pandemi Virus Corona COVID-19, dan dia dan rekan-rekannya telah pindah untuk melihat semua klien mereka melalui telehealth.

Pesannya kepada kliennya sederhana: "Adalah normal untuk merasa tidak normal dalam situasi yang tidak normal."

"Saya tidak kenal siapa pun yang tidak merasakan gelombang kecemasan ketika aturan baru ini diperkenalkan," katanya.

Ketika pemerintah AS bersiap menghadapi potensi perjuangan berbulan-bulan melawan COVID-19, para ekstrovert perlu belajar untuk membuat rencana sendiri tentang bagaimana mereka dapat mengelola emosi dan masalah jiwa mereka sendiri ketika menjalani isolasi sosial dan karantina. 

Melansir CNN, Selasa (24/3/2020), ini beberapa tips yang cocok untuk Anda, si ekstrovert yang mengalami kesulitan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gunakan teknologi untuk tetap terhubung dengan teman

"Kebiasaan Anda yang biasa akan terganggu," kata Gretchen Rubin, penulis "Outer Order, Inner Calm".

Strategi yang menjadi penting adalah "menata kembali apa yang Anda inginkan dan mewujudkannya."

Dalam hal hubungan sosial, "tidak ada yang bisa mengalahkan kehidupan nyata," katanya, tetapi cara terbaik kedua untuk berinteraksi bisa melalui gambar. Ada banyak aplikasi yang menawarkan fungsi obrolan video atau siaran langsung, mulai dari Skype hingga Zoom. Anda dapat menggunakan salah satunya untuk terhubung dengan teman yang kini harus berjauhan dengan Anda. 

Dia merekomendasikan "banyak sentuhan" - secara virtual, tentu saja - termasuk menulis kartu fisik kepada teman-teman Anda, menjadi tuan rumah reuni keluarga virtual dan bahkan keluar dari gaya hidup dasar seperti mengirim lebih banyak memo suara daripada pesan teks.

"Orang-orang punya lebih banyak waktu, dan mereka ingin mendengar suaramu," katanya.

Atau Anda dapat membuat lebih banyak utas pesan teks grup dengan teman dan keluarga, mengetahui bahwa pada saat tertentu, seseorang di utas mungkin dapat membalas.

Di Italia, di mana seluruh negara telah dikunci selama lebih dari seminggu , kerumunan bergabung dalam flash mob dan bernyanyi menyanyikan lagu kebangsaan negara itu dari balkon apartemen mereka.

3 dari 4 halaman

2. Praktik jarak fisik, bukan jarak sosial

Dalam masa seperti ini, masih penting untuk berjalan-jalan, naik sepeda atau keluar sebentar ke lingkungan sekitar Anda, kata Dr. Don Dizon, seorang profesor kedokteran di Brown University.

Ia menekankan bahwa masih baik-baik saja untuk berjalan-jalan dan merasakan sinar matahari di kulit Anda selama Anda menjaga jarak dengan orang lain.

"Lockdown bukan berarti bahwa kamu tidak bisa pergi keluar," katanya

Dan dia menyarankan untuk memisahkan konsep jarak sosial agar terasa kurang menakutkan.

Sebagai dokter dan peneliti Dr William Dale mengatakan, kebijakan terkait COVID-19 sebenarnya "physical distancing." Masih ada banyak ruang untuk mempraktekkan hubungan emosional dan sosial, meskipun secara fisik terpisah.

Dizon mengatakan dia menemukan waktu untuk bermain game online. Dan dia telah menggunakan Twitter, Instagram dan TikTok untuk tetap mendapatkan informasi terbaru dengan rekan-rekan medis di seluruh dunia, berbagi video lucu dan data ilmiah substantif.

4 dari 4 halaman

3. Cari waktu untuk membaca

Dari Plato ke Thoreau, generasi filsuf, penyair dan nabi telah merayakan kesendirian, keheningan, dan meluangkan waktu untuk mengenal diri sendiri.

"Ekstrovert sangat terhubung," kata Blandino. "Ini adalah waktu untuk berlatih memperlambat dan memperkenalkan rutinitas baru."

Meluangkan waktu sejenak untuk duduk diam dengan buku yang selalu ingin Anda baca, mungkin merupakan salah satu cara terbaik bagi ekstrovert untuk mencari ketenangan.

"Biarkan ada ruang dalam kebersamaan Anda," saran penulis filosofis Kahlil Gibran dalam bukunya "The Prophet."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.