Sukses

Karyawan NASA di Kennedy Space Center Florida Positif Virus Corona COVID-19

NASA di Kennedy Space Center mengonfirmasi kasus pertama positif Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Florida - Kasus positif pertama Virus Corona COVID-19 di NASA Kennedy Space Center (KSC) di Florida dikonfirmasi 23 Maret 2020 waktu setempat.

"Juru bicara NASA di KSC, Tracy Young, mengatakan agensi memberi tahu karyawan pada Minggu (22 Maret) bahwa seorang karyawan yang dites hasilnya positif Virus Corona baru, SARS-CoV-2, yang menyebabkan penyakit COVID -19," kata Emre Kelly untuk Florida Today seperti dikutip dari Space.com, Selasa (24/3/3030).

Namun, Young menekankan bahwa karyawan yang telah dites positif Virus Corona COVID-19 kemungkinan tidak menularkan penyakit karena mereka sudah mulai telecommuting dan bekerja dari rumah.

"Karyawan ini terakhir di pusat lebih dari 10 hari yang lalu," jelas Young kepada Florida Today.

"Berdasarkan keadaan dan pola waktu sejak karyawan itu berada di kantor, kami percaya virus itu diperoleh setelah dia mulai bekerja jarak jauh dan tidak ada risiko tambahan di Kennedy Space Center dari orang ini," imbuhnya lagi

Young menambahkan bahwa "perlindungan dan perawatan tenaga kerja Kennedy, keluarga mereka dan seluruh komunitas Kennedy tetap menjadi prioritas utama kami selama masa yang tidak pasti ini."

Menurut CDC per 23 Maret, ada lebih dari 33.000 kasus Virus Corona baru di AS saja dan 400 kematian dilaporkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Karyawan Misi Vital yang Bekerja di Kantor

Berita ini mengikuti pengumuman Administrator NASA Jim Bridenstine minggu lalu, yang mengamanatkan bahwa semua karyawan agensi itu, dengan pengecualian personel misi vital, bekerja dari jarak jauh dari rumah. Ini merupakan peningkatan respons NASA terhadap pandemi Virus Corona baru ke Tahap 3, sebagai bagian dari "Kerangka Respons" lembaga tersebut.

Pengumuman Bridenstine mengemuka setelah karyawan NASA di pusat penelitian Ames Silicon Valley dan Marshall Space Flight Center Alabama dinyatakan positif Virus Corona COVID-19.

Sejak itu, badan antariksa AS meningkatkan status tiga kantornya - Fasilitas Perakitan Michoud di Louisiana, Pusat Antariksa Stennis di Mississippi dan Ames - ke Tahap 4, dengan alasan meningkatnya kekhawatiran terhadap Virus Corona baru.

Sejauh ini, penyebaran penyakit yang semakin meningkat telah menghasilkan sejumlah perubahan di NASA. Selain perubahan kondisi kerja untuk karyawan, pekerjaan saat ini yang tertunda adalah proyek James Webb Space Telescope.

Selain itu penundaan juga terjadi terhadap sejumlah misi yang berfokus pada sains, termasuk jadwal untuk pengembangan pesawat ruang angkasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.