Sukses

Walau Kerja dari Rumah, Menlu Retno Tetap Jalin Hubungan Bilateral

Dalam kegiatannya di rumah, Menlu Retno terus melakukan diskusi bilateral dengan sejumlah pemimpin negara.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Virus Corona, banyak orang telah mengikuti kegiatan #WorkFromHome atau bekerja dari rumah. Tak terkecuali bagi Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi. Sambil terus memantau kondisi pandemi di seluruh dunia dan bekerja sama dengan pemerintah luar negeri, Menlu Retno juga terus menjalin hubungan bilateral dengan sejumlah negara.

Pada Senin (23/3/2020), Menlu Retno melakukan panggilan telepon dengan Menlu Jepang, Toshimitsu Motegi. Menlu Retno menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah dilakukan bersama dengan Jepang dalam proses evakuasi kru Indonesia dari kapal pesiar Diamond Princess.

"Saya juga menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Jepang atas perhatian yang diberikan kepada kru Indonesia. Awak Indonesia sekarang semuanya sepenuhnya pulih dan telah dikonfirmasi negatif untuk COVID-19," tulisnya melalui akun Twitter @Menlu_RI. 

Selain masalah Virus Corona COVID-19, kedua pihak juga menyampaikan komitmennya dalam hubungan bilateral. 

"Indonesia dan Jepang berkomitmen untuk mengintensifkan kerja sama bilateral, regional dan juga melalui mekanisme G-20 dalam memerangi COVID-19," tulisnya lagi. Keduanya juga sepakat untuk menjadwal ulang pertemuan Indonesia - Jepang 2 + 2 Indonesia - Jepang di masa mendatang. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungi Menlu Korsel

Sebelumnya, Menlu Retno juga telah menjalin komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha. Sebagai sesama Menlu wanita, keduanya membahas usaha mempererat kerja sama dalam menghadapi Virus Corona COVID-19. 

Sebelum hari ini, ketika masih bertugas di kantor, Menlu Retno juga terus menjalin komunikasi dengan pejabat negara lainnya lantaran perjalanan kunjungan di saat seperti ini tidak memungkinkan untuk dilakukan. 

Pada 20 Maret 2020 lalu, ia juga menghubungi Menlu Malaysia Dato’ Seri Hishammuddin Hussein untuk mendiskusikan kerja sama bilateral maupun dalam lingkup ASEAN untuk memerangi COVID-19. Menlu Retno juga memohon bantuan perhatian kepada WNI di sana sebelum pemerintah Malaysia menerapkan aturan lockdown waktu itu. 

Hal serupa pun juga sebelumnya telah dilakukan dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.