Sukses

Mengenal Chloroquine, Obat Malaria untuk Pasien Corona COVID-19

Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa pengobatan pasien terinfeksi virus corona di Indonesia salah satunya akan menggunakan obat Chloroquine.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 19 Maret, Presiden AS Donald Trump mengatakan tentang "hasil yang sangat menggembirakan" dari dua obat yang disebut chloroquine dan hydroxychloroquine sebagai perawatan untuk pasien terinfeksi Virus Corona baru. Ia mengklaim bahwa obat-obatan telah "melalui proses persetujuan" dan bahwa "kita akan mampu membuat obat itu tersedia segera."

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo juga mengatakan bahwa pengobatan pasien terinfeksi virus corona di Indonesia salah satunya akan menggunakan obat Chloroquine.

"Chloroquine, kita siap 3 juta," jelas Jokowi pada 20 Maret 2020.

Tetapi, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dengan cepat mengeluarkan pernyataan untuk mengklarifikasi bahwa, tidak, obat-obatan ini tidak disetujui sebagai pengobatan untuk COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2.

Kedua obat disetujui untuk mengobati malaria, lupus dan rheumatoid arthritis, tetapi masih harus dinilai dalam uji klinis sebelum dinyatakan sebagai pengobatan COVID-19 yang aman dan efektif. Dokter di AS memiliki kebebasan luas untuk meresepkan obat "tidak berlabel", yang berarti obat-obatan di luar persetujuan FDA.

"Kami memahami dan mengenali urgensi yang kita semua mencari opsi pencegahan dan pengobatan untuk COVID-19. Staf FDA bekerja cepat pada bagian itu," kata komisioner FDA Dr. Stephen M. Hahn dalam pernyataannya.

"Kami juga harus memastikan produk ini efektif; jika tidak, kami berisiko merawat pasien dengan produk yang mungkin tidak berfungsi ketika mereka bisa mengejar perawatan lain yang lebih tepat."

Jadi bisakah obat untuk malaria dan lupus benar-benar melumpuhkan coronavirus baru? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Livescience, Sabtu (21/3/2020).

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Chloroquine

Pertama kali dikembangkan pada tahun 1940-an, Chloroquine mendapat persetujuan FDA sebagai pengobatan malaria pada tahun 1949 dan lama menempatkan statusnya sebagai pengobatan untuk penyakit tersebut, menurut database DrugBank.

Sebuah laporan tahun 2005 yang diterbitkan dalam jurnal Virology pertama kali meningkatkan kemungkinan bahwa Chloroquine dan turunannya hydroxychloroquine mungkin efektif dalam mengobati COVID-19, Dr. Len Horovitz, seorang spesialis penyakit dalam dan paru di Lenox Hill Hospital di New York City, mengatakan kepada Live Science.

Studi itu mengungkapkan bahwa Chloroquine dapat mencegah penyebaran virus SARS-CoV, yang menyebabkan sindrom pernafasan akut yang parah hampir 20 tahun yang lalu, pada sel primata yang tumbuh dalam kultur.

Chloroquine mengganggu kemampuan virus untuk mereplikasi dengan dua cara. Pertama, obat memasuki kompartemen yang disebut endosom di dalam membran sel. Endosom cenderung sedikit asam, tetapi struktur kimia obat meningkatkan pH mereka, membuat kompartemen lebih mendasar. Banyak virus, termasuk SARS-CoV, mengasamkan endosom untuk melanggar membran sel, melepaskan bahan genetik mereka dan mulai replikasi; chloroquine memblokir langkah kritis ini.

Obat ini juga mencegah SARS-CoV dari memasukkan ke reseptor yang disebut angiotensin-converting enzyme 2, atau ACE2, pada sel primata, menurut laporan tahun 2005. Ketika virus memasukkan protein lonjakannya ke dalam reseptor ACE2, ia memicu proses kimia yang mengubah struktur reseptor dan memungkinkan virus untuk menginfeksi. Dosis Chloroquine yang memadai tampaknya merusak proses ini, dan pada gilirannya, merusak replikasi virus secara umum, para penulis mencatat.

"Diperkirakan bahwa apa pun yang berkaitan dengan SAR-CoV-1 mungkin berlaku untuk SARS-CoV-2," kata Horovitz.

3 dari 4 halaman

Akankah Berhasil?

Pada Februari 2020, sebuah kelompok penelitian yang dipimpin oleh ahli virologi Manli Wang dari Chinese Academy of Sciences menguji ide tersebut dan menemukan bahwa Chloroquine berhasil menghentikan penyebaran SARS-CoV-2 dalam sel manusia yang dikultur.

Laporan awal dari China, Korea Selatan dan Prancis menunjukkan bahwa perawatan ini setidaknya agak efektif dalam merawat pasien manusia, dan beberapa rumah sakit di AS telah mulai memberikan obat, menurut The New York Times. Selain itu, FDA sedang mengorganisir uji klinis besar untuk secara resmi menilai efek obat, Times melaporkan.

Namun, karena pasokan chloroquine yang terbatas di China, dan fakta bahwa overdosis dapat menyebabkan keracunan akut atau kematian pada manusia, tim Wang juga menyelidiki obat hydroxychloroquine yang terkait erat. Meskipun memiliki struktur yang sama, hidroksi Chloroquine menunjukkan toksisitas yang lebih rendah pada hewan daripada sepupu kimianya dan tetap tersedia secara luas sebagai pengobatan untuk lupus dan rheumatoid arthritis, para penulis mencatat.

Tim Wang menguji hydroxychloroquine dalam sel primata dan menemukan bahwa, seperti chloroquine, obat itu mencegah replikasi SARS-CoV-2, menurut sebuah laporan yang diterbitkan 18 Maret dalam jurnal Cell Discovery. Pada 23 Februari, tujuh uji klinis telah terdaftar di Chinese Clinical Trial Registry untuk menguji efektivitas obat terhadap infeksi COVID-19, para penulis mencatat.

Di AS, University of Minnesota sedang mempelajari apakah menggunakan hydroxychloroquine dapat melindungi orang yang hidup dengan pasien COVID-19 yang terinfeksi agar tidak tertular virus itu sendiri, menurut Times.

Chloroquine dan hydroxychloroquine telah kekurangan pasokan sejak awal bulan ini, menurut American Farm of Health-System Apoteker. Tetapi pada 19 Maret, perusahaan farmasi Bayer menyumbangkan 3 juta tablet kepada pemerintah federal, dan Novartis, Mylan dan Teva bergerak untuk mengikutinya, menurut FiercePharma.

4 dari 4 halaman

Adakah Efek Samping?

Meskipun kita tidak akan mengetahui hasil uji coba ini selama beberapa waktu, keuntungan dari mencoba chloroquine dan hydroxychloroquine sebagai perawatan COVID-19 adalah bahwa profil keamanan obat dipahami dengan baik, kata Horovitz.

Kedua obat umumnya ditoleransi dengan baik pada dosis yang ditentukan tetapi dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, sakit kepala dan lebih jarang, gatal, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Ketika diminum dalam dosis tinggi selama bertahun-tahun, obat ini dapat menyebabkan penyakit mata yang langka yang dikenal sebagai retinopati.

Kedua obat dapat berinteraksi dengan obat lain dan dosis harus disesuaikan untuk memperhitungkan interaksi obat. Mereka yang menderita psoriasis tidak boleh menggunakan salah satu obat, CDC mencatat.

Dalam bentuknya saat ini, obat-obatan itu juga tidak aman bagi mereka yang menderita aritmia jantung, atau mereka yang mengalami gangguan ginjal atau hati, lapor Times.

Dengan asumsi obat ditoleransi dengan baik dalam uji klinis dan tampaknya efektif dalam mengobati COVID-19, FDA akan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pasokan negara, menurut Hahn.

"Jika data klinis menunjukkan produk ini mungkin menjanjikan dalam mengobati COVID-19, kami tahu akan ada peningkatan permintaan untuk itu," kata Hahn dalam pernyataan FDA.

"Kami akan mengambil semua langkah untuk memastikan chloroquine tetap tersedia bagi pasien yang menggunakannya untuk mengobati penyakit parah dan mengancam jiwa seperti lupus."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.