Sukses

7 Jurus Ampuh Bangunkan Anak Tanpa Marah

Beberapa cara ini diyakini ampuh membangunkan anak Anda di pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi orangtua, membangunkan anak di pagi hari punya tantangan tersendiri. Terlebih beberapa menit sebelum berangkat ke sekolah.

Belum menyiapkan sarapan, seragam sekolah hingga mengantarkannya. Ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh orangtua.

Jika setiap hari seperti ini, bisa jadi emosi terpancing. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangunkan anak yang sulit tidur.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (20/3/2020) berikut 7 cara ampuh membangunkan anak di pagi hari:

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Biarkan Sinar Matahari Masuk ke Kamar

Cahaya alami berfungsi sebagai stimulator bagi otak kita untuk melepaskan serotonin yang pada gilirannya membantu kita merasa terjaga.

Itulah mengapa sangat bagus untuk membiarkan sinar matahari masuk ke kamar anak Anda sekitar 15 menit sebelum Anda ingin mereka bangun dari tempat tidur.

2. Batasi Perangkat Elekronik Sebelum Tidur

Semua perangkat digital seperti tablet, TV, dan telepon pintar memancarkan cahaya biru yang mengingatkan ritme alami tubuh kita.

Ada penelitian yang menunjukkan dengan jelas bahwa terpapar cahaya biru untuk waktu yang lama sebelum tidur dapat menyebabkan orang sulit tidur dan bangun.

 

3 dari 4 halaman

3. Putar Musik Untuk Bangunkan Anak

Musik merupakan cara yang lebih rileks untuk bangun daripada membunyikan alarm. Anda dapat menempatkan radio di kamar anak Anda untuk memutar lagu favorit mereka.

Ini pasti akan membuat suasana hati mereka lebih baik dan membantu mereka terhindar dari kemarahan yang biasa terjadi di pagi hari.

4. Ubah Cara Bangun Jadi Permainan

Anda dapat membuat seluruh proses membangunkan lebih menyenangkan dengan mengubahnya menjadi permainan. Selain itu, ini akan sangat mengurangi stres dan kebutuhan untuk berdebat dengan anak Anda.

Gunakan imajinasi Anda untuk membuat permainan yang berbeda dan anak Anda tidak akan pernah mengeluh tentang bangun pagi.

4 dari 4 halaman

5. Bangunkan dengan Aroma Makanan

Bayangkan seberapa baik suasana hati anak Anda di siang hari jika pagi hari mereka dimulai dengan makanan favorit mereka! Dan aroma itu di seluruh rumah akan membuat mereka bangun dari tempat tidur sesegera mungkin.

6. Beri Mereka Minuman Jus

Bangun di pagi hari bukanlah pekerjaan yang mudah, bahkan untuk orang dewasa, dan anak-anak dapat benar-benar merasa tidak nyaman setelah tidur begitu nyenyak.

Memberi mereka minuman favorit seperti susu atau jus akan membuat mereka mudah bangun.

7. Gunakan Hewan Peliharaan

Jika anak Anda memiliki anjing atau kucing kesayangan, Anda dapat menggunakannya untuk membangunkan mereka.

Letakkan saja di tempat tidur mereka dan itu akan membuat mereka tidak memiliki kesempatan untuk tidur lebih jauh, karena si anjing yang suka menjilati mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.