Sukses

Sulit Konsentrasi Bekerja di Rumah Karena Anak? Ikuti 5 Cara Ini Agar Tetap Produktif

Ikuti lima cara ini jika Anda merasa kesulitan untuk bekerja di rumah terkendala anak.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja dari rumah bisa saja menguntungkan, namun bisa saja sebaliknya. 

Bagi sebagian orang, terlebih mereka yang sudah memiliki anak, mungkin merasakan bahwa bekerja di rumah tidak sepenuhnya efektif. Hal ini lantaran ketika anak-anak mereka juga berada di rumah, pekerjaan para orangtua menjadi terbengkalai karena harus lebih fokus kepada sang buah hati, terlebih yang masih kecil.

Hal ini akan menjadi semakin membingungkan, jika Anda juga harus mengejar deadline atau mengadakan konferensi video bersama rekan kerja Anda. 

Melansir Psychology Today, Jumat (20/3/2020), ini 5 tips yang mungkin bisa Anda ikuti supaya menjadi tetap produktif ketika bekerja bersama anak di rumah:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bertukar Shift Jika Ada Lebih dari 1 Orang Dewasa di Rumah

Jika ada dua orang dewasa di rumah Anda, cobalah untuk bergantian shift antara bekerja dan mengurus anak. Jadi, kedua-duanya tetap dapat terkendali secara baik. 

Anda juga bisa lebih fokus ketika harus bekerja maupun menemani anak Anda belajar dan mengerjakan tugas. 

 

3 dari 6 halaman

2. Atur Jadwal untuk Anak Anda

Selain mengatur waktu Anda sendiri, pastikan bahwa Anda juga mengatur waktu untuk anak Anda lantaran mereka belum bisa melakukannya sendiri.

Sesuaikan waktu mereka ketika harus bermain, belajar, makan ataupun tidur siang. Dengan demikian, Anda juga bisa menyesuaikan waktu kapan Anda bisa bekerja ataupun melakukan video konferensi dengan rekan kerja. 

4 dari 6 halaman

3. Jelaskan Situasi Anda di Rumah kepada Atasan Anda

Jika Anda diharapkan untuk melakukan pekerjaan profesional dari rumah, tetap berhubungan dengan bos Anda tentang bagaimana dan kapan Anda bisa menyelesaikan sesuatu.

Pastikan bahwa atasan Anda tahu bahwa Anda memiliki anak-anak yang harus diurus. Dengan itu ia akan memberi Anda sedikit kelonggaran, serta dapat lebih mengerti jika Anda mengalami kesulitan tersendiri di rumah. 

5 dari 6 halaman

4. Siapkan Segala Kebutuhan Anak Anda Sebelum Bekerja

Pastikan bahwa Anda telah menyiapkan segala kebutuhan anak Anda sebelum mulai bekerja.

Mulai dari makanan, alat belajar hingga mainan supaya mereka tidak terus meminta Anda mengambilkannya selagi bekerja. 

6 dari 6 halaman

5. Luangkan Sedikit Waktu Bersama

Selagi berada di rumah bersama anak-anak, luangkanlah sedikit waktu untuk sekadar bermain dengan mereka atau menemani mereka mengerjakan tugas rumah. 

Tenang, sedikit waktu bersama mereka tidak akan merusak seluruh jadwal pekerjaan Anda. Lagipula, seharusnya keuntungan seperti ini lah yang harus dimanfaatkan ketika para orangtua bisa bekerja dari rumah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.