Sukses

20 Maret Peringatan Hari Kebahagiaan Dunia, Jangan Lupa Bahagia

20 Maret diperingati sebagai International Day of Happiness atau hari kebahagiaan dunia. Selalu ada cara untuk merasakan kebahagiaan di tengah situasi apapun. Jangan lupa untuk bahagia hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mencapai kebahagiaan bukanlah hal yang mudah, terlebih di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 yang kini sudah terlalu luas penyebarannya. Namun, tetap harus ada sisi positif yang diambil dari suatu kejadian.

Artinya, selalu ada cara untuk merasakan kebahagiaan di tengah situasi apapun.

Kebahagiaan dapat berarti sesuatu yang sangat berbeda bagi setiap orang, tetapi pendiri Hari Kebahagiaan Internasional percaya itu adalah "hak asasi manusia yang mendasar" bagi semua orang.

Setiap tahun, Hari Kebahagiaan Internasional merayakan kebahagiaan dan hak semua orang untuk memperjuangkannya. Demikian seperti dilansir dari Independent, Jumat (20/3/2020). 

Hari Kebahagiaan Internasional berlangsung setiap tahun pada tanggal 20 Maret. Tanggalnya bertepatan dengan vernal equinox, yang menandai awal musim semi.

Ini bukan kebetulan, karena pendiri perayaan secara khusus memilih tanggal dari equinox musim semi untuk perayaan global kebahagiaan.

Saat menyampaikan pidato di World Happiness Summit pada tahun 2017, Jayme Illien menggambarkan vernal equinox sebagai "fenomena universal yang dirasakan oleh semua umat manusia".

Dia juga menggambarkan awal musim semi sebagai "periode pembaruan dan awal baru, untuk semua", itulah sebabnya mengapa Hari Internasional Kebahagiaan akan jatuh pada hari itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Mula Peringatan

Konsep Hari Kebahagiaan Internasional diciptakan oleh Illien, seorang dermawan dan penasihat khusus PBB.

Illien datang dengan ide menciptakan acara internasional untuk menekankan pengejaran kebahagiaan sebagai "tujuan untuk semua umat manusia".

Inisiatifnya didukung oleh Ban Ki-moon, sekretaris jenderal PBB pada saat itu.

Illien juga menerima dukungan dari 193 negara anggota PBB untuk menjadikan tanggal tersebut sebagai jadwal tahunan resmi pada kalender PBB.

 Pada 28 Juni 2012, resolusi PBB untuk penciptaan hari itu dengan suara bulat diterima oleh negara-negara anggota di Majelis Umum PBB.

Hari Kebahagiaan Internasional pertama secara resmi diadakan pada 20 Maret 2013.

3 dari 3 halaman

Tema Tahun Ini

Tema untuk Hari Kebahagiaan Internasional tahun ini adalah "Kebahagiaan Untuk Semua, Bersama-Sama", negara - negara PBB.

Organisasi ini mendorong orang untuk mengambil bagian dalam tantangan "10 langkah menuju kebahagiaan global", yang diuraikan di situs webnya.

Selain itu, ada juga tiga saran utama yang bisa diambil ketika sedang menghadapi saat-saat sulit yaitu: "Keep Calm", "Stay Wise", and "Be Kind."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.