Sukses

Donald Trump Umpamakan Krisis Corona COVID-19 Bak Masa Perang

Presiden AS Donald Trump mengibaratkan bahwa krisis saat ini seperti masa perang.

Liputan6.com, Washington - Menggambarkan dirinya sebagai "presiden masa perang", Presiden Donald Trump telah berjanji bahwa AS akan mencapai "kemenangan total" atas virus corona.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa akan menghidupkan kembali kondisi seperti pada era Perang Korea, yang memungkinkan AS untuk meningkatkan produksi pasokan medis vital.

Melansir laman BBC, Jumat (20/3/2020), pada konferensi pers Gedung Putih, presiden ditanyai oleh seorang wartawan apakah ia menganggap negara itu sedang berperang dalam hal memerangi virus.

"Ini perang," katanya. "Saya melihatnya sebagai, dalam arti tertentu, presiden masa perang."

Trump telah mengadakan briefing harian tentang keadaan darurat minggu ini setelah dituduh menutup-nutup jumlah kasus wabah pada tahap awal.

Dia berkata: "Kita harus berkorban bersama, karena kita semua bersama-sama, dan kita akan terus bersama-sama. Ini musuh yang tak terlihat. Itu selalu musuh terberat.

"Tapi kita akan mengalahkan musuh yang tak terlihat. Aku pikir kita akan melakukannya lebih cepat dari yang kita duga, dan itu akan menjadi kemenangan total. Itu akan menjadi kemenangan total."

Trump mengumumkan bahwa ia menandatangani Undang-Undang Produksi Pertahanan 1950, yang memberdayakan presiden untuk mengarahkan bisnis sipil untuk membantu memenuhi pesanan produk-produk yang diperlukan untuk keamanan nasional.

Namun kemudian dia mengatakan di Twitter bahwa dia hanya akan meminta ukuran "dalam skenario terburuk di masa depan".

Trump juga menggambarkan sebagai "absolut, total skenario terburuk" oleh Menteri Keuangannya, Steve Mnuchin, bahwa pandemi dapat mengirim pengangguran AS meroket hingga 20%.

Selama konferensi pers, Trump kembali menolak saran bahwa penggunaannya atas "virus China" untuk menggambarkan Covid-19 adalah rasis.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Aturan Baru AS

Presiden mengatakan dua kapal rumah sakit Angkatan Laut AS akan digunakan untuk membantu meringankan kekurangan tempat tidur yang diperkirakan.

Kapal USNS diharapkan akan dikirim ke Pelabuhan New York, meskipun pejabat pertahanan mengatakan saat ini sedang menjalani perawatan di Virginia.

Kapal lainnya, USNS Mercy, sedang dipersiapkan untuk ditempatkan ke lokasi di Pantai Barat.

Sebelumnya pada hari itu perbatasan AS-Kanada, yang terpanjang di dunia, secara efektif ditutup  kecuali untuk perjalanan penting dan perdagangan.

Trump juga mengumumkan tindakan keras baru terhadap migran atau pencari suaka yang melintasi perbatasan AS-Meksiko.

Dia mengatakan pemerintahannya akan menerapkan undang-undang yang memungkinkan orang untuk diblokir untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

Sementara itu dua anggota parlemen menjadi anggota Kongres pertama yang dinyatakan positif terinfeksi.

AS memiliki lebih dari 9.300 kasus Covid-19 dan sejauh ini telah melihat 150 kematian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.