Sukses

Kemlu: Singapura-China Tawarkan Bantuan Test Kit Virus Corona COVID-19

Hingga kini pemerintah Indonesia masih melakukan beberapa kajian terkait jumlah dan apa saja yang diperlukan Indonesia untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyampaikan beberapa negara seperti China dan Singapura telah menawarkan bantuan berupa alat pemeriksaan atau test kit virus Corona COVID-19.

Dalam konferensi pers yang disampaikan lewat sambungan video digital, Direktur Asia Timur dan Pasifik Kemlu RI, Santo Darmosumarto mengatakan beberapa pihak tersebut datang dari pemerintahan hingga swasta.

"Ada beberapa pihak memang yang sudah menyampaikan keinginan untuk menyumbangkan test kit, seperti China dan Singapura," jelas Santo Darmosumarto Kamis (19/3/2020).

"Bukan hanya pemerintah dari negara lain, pihak seperti kelompok masyarakat dan swasta juga sudah mengungkapkan kesediaan untuk menyumbangkan test kit," tambahnya.

Hingga kini pemerintah Indonesia masih melakukan beberapa kajian terkait jumlah dan apa saja yang diperlukan Indonesia untuk mencegah penyebaran Corona COVID-19.

"Kini, kami masih menunggu jumlahnya dari pihak-pihak berwenang Indonesia seperti Kementerian Kesehatan RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," jelas Santo.

"Setelah itu, baru kami sampaikan ke pihak asing yang ingin membantu," jelasnya.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Masker Untuk China

Sebelumnya, pemerintah Indonesia menyampaikan bantuan untuk China berupa masker.

Kala itu, pemerintah Indonesia melalui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menlu Retno Marsudi dan Menkes Terawan melepas 42 orang tim evakuasi untuk menjemput 245 Warga Negara Indonesia (WNI) di pusat Virus Corona Wuhan, China.

Pelepasan telah dilakukan di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu, 1 Februani 2020 pukul 13.00 WIB.

Menlu Retno menuturkan bahwa misi evakuasi WNI di pusat Virus Corona Wuhan tersebut juga membawa bantuan untuk pihak China.

"Di dalam pesawat kita juga membawa peralatan yang diperlukan pihak RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Yaitu antara lain masker dan surgical unit," tutur mantan Dubes RI untuk Belanda itu VIP Terminal 1, Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Bantuan tersebut, jelas Menlu Retno, akan diterima melalui Hubei Charity Foundation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.