Potret Terbaru Jupiter dari Pesawat Antariksa NASA

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 19 Mar 2020, 19:10 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 19:10 WIB
Pesawat Antariksa Juno milik NASA mengabadikan belahan selatan Jupiter pada 17 Februari 2020. (Foto: NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill, © CC BY)
Perbesar
Pesawat Antariksa Juno milik NASA mengabadikan belahan selatan Jupiter pada 17 Februari 2020. (Foto: NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill, © CC BY)

Liputan6.com, Jakarta- Pesawat Antariksa Juno milik NASA berhasil mengabadikan gambar terbaru dari belahan selatan Jupiter pada 17 Februari. 

Kamera pesawat yang disebut sebagai JunoCam itu mengambil gambar pada Jupiter yang merupakan kombinasi dari empat gambar.

Gambar-gambar itu digabungkan seorang ilmuwan bernama Kevin M. Gill, ke dalam pemandangan yang tampak menakjubkan itu.

Pesawat Antariksa Juno mengorbit antara 30.700 dan 62.400 mil (49.500 dan 100.400 kilometer) di atas awan Jupiter saat mengabadikan gambar-gambar itu. 

Pesawat Antariksa Juno tiba di Jupiter pada 2016, dengan tujuan utama untuk membantu para ilmuwan memahami bagaimana Jupiter terbentuk dan berevolusi, menurut NASA, seperti dikutip dari Space.com, Kamis (19/3/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Misi Pesawat Ruang Angkasa Juno

Ilustrasi Juno.
Perbesar
Ilustrasi Juno. (Sumber: NASA)

Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya manusia. Dengan mempelajari hal itu, memungkinkan para ilmuan dapat belajar mengenai bagaimana terbentuknya planet-planet besar lain, juga untuk melacak bagaimana orbit dunia kecil seperti asteroid telah dipengaruhi oleh Jupiter, di antara penelitian lain.  

Dalam rilis berita terkait foto Jupiter itu, NASA menyampaikan, "Jupiter tidak hanya merupakan planet terbesar yang mengorbit Matahari, Jupiter juga mengandung lebih dari dua kali jumlah material semua benda di tata surya, termasuk semua planet, bulan, asteroid, dan komet."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓