Gedung Putih-Media AS Bikin Kampanye Informasi Corona COVID-19 untuk Publik

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 19 Mar 2020, 12:38 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 12:38 WIB
Gaun Melania Trump Harganya Capai Ratusan Juta
Perbesar
Presiden AS, Donald Trump dan Melania Trump memberikan sambutan pada jamuan makan malam White House Historical Association, Jumat (15/9). (NICHOLAS KAMM / AFP)

Liputan6.com, Los Angeles- Ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump dan Dr. Anthony Fauci dilaporkan akan mengambil bagian dalam kampanye layanan publik. Upaya yang dibuat untuk memberikan informasi kepada warga Amerika Serikat, mengenai cara melindungi diri dan orang lain dari Virus Corona COVID-19.

Dr. Anthony Fauci dikenal sebagai pakar penyakit menular terbaik Pemerintah Amerika Serikat.

Pada Rabu, 18 Maret 2020 Gedung Putih telah mengumumkan bahwa pihaknya akan bergabung dengan sebagian besar perusahaan media, platform digital dan Ad Council  untuk membagikan "informasi yang akurat dan tepat waktu langsung kepada rakyat Amerika" tentang social distancing, kebersihan, dan kesehatan mental.

Gedung Putih juga menyatakan bahwa pengumuman itu dikenal sebagai PSA, yang bekerja untuk mengarahkan warga ke coronavirus.gov, yang merupakan sumber terpusat di Amerika Serikat dari informasi terbaru tentang krisis Virus Corona COVID-19.

Dengan konten yang dikoordinasikan dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, outlet media akan ikut memberikan siaran mereka.

Bagian dalam PSA juga akan melibatkan ahli bedah Jenderal Jerome M. Adams dan pejabat administrasi lainnya, seperti dikutip dari Associated Press, Kamis, (19/3/2020).

2 dari 3 halaman

Deretan Media yang Berpartisipasi

Penampilan Para Ibu Negara di KTT G20
Perbesar
Presiden AS, Donald Trump didampingi istrinya Melania tiba pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman utara, Jumat, (7/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. (AP Photo/Markus Schreiber)

Berikut adalah deretan perusahaan media yang terlibat dalam kampanye informasi Virus Corona COVID-19 serta langkah-langkah yang mereka lakukan:

  • Video dan gambar berbahasa Inggris dan Spanyol akan dibuat oleh NBCUniversal yang bertujuan membantu menginformasikan kelompok berisiko tinggi.
  • Dalam kemitraan dengan Ad Council, ViacomCBS akan mengembangkan Kampanye PSA berlabel #AloneTogether yang berfokus pada pentingnya social distancing.
  • Jajaran media ViacomCBS  termasuk MTV, Comedy Central dan CMT, dan didukung oleh Nickelodeon, BET, dan lainnya akan memimpin kampanye yang berbahasa Inggris dan Spanyol.
  • Kampanye CBS dikatakan akan mencakup pesan kesehatan masyarakat yang penting.
  • Penjangkauan penyampaian pesan untuk orang tua dan keluarga akan dilakukan oleh Walt Disney Television dan jaringan ABC-nya di seluruh saluran dan platform perusahaan itu. 
  • Sedangkan berita yang terkait topik Virus Corona COVID-19 juga akan disebarkan oleh Jaringan stasiun radio iHeartMedia yang pembahasannya termasuk mengenai social distancing.
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓