Sukses

Akibat Corona COVID-19, Pemakaman di AS Wajib Diadakan Lewat Video Streaming

Virus Corona COVID-19 membuat pemakaman di AS digelar secara online melalui video streaming.

Liputan6.com, Washington - Ketika krisis Virus Corona di AS meningkat, lembaga perlindungan kesehatan AS telah mendesak pelayat untuk mengubah secara drastis cara mereka mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang meninggal yaitu dengan menyiarkan langsung pemakaman mereka.

Dalam sebuah meeting online dengan Asosiasi Direktur Pemakaman Nasional dan rumah duka di seluruh AS, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan pemakaman harus dibatasi pada sejumlah kecil pelayat yang hadir secara fisik, dan streaming online untuk semua orang.

Ini bukan karena risiko terinfeksi dari orang yang meninggal akibat Virus Corona sebab CDC mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa ini mungkin terjadi. Demikian seperti dikutip dari BBC, Rabu (18/3/2020). 

Upaya itu adalah agar orang dapat mematuhi nasihat “menjaga jarak”. Tidak hanya di AS, tetapi di negara-negara di seluruh dunia.

Dr David Berendes, seorang ahli epidemiologi di CDC, mengatakan dalam meeting tersebut: "Ketika Anda berpikir tentang perencanaan acara, batasi jumlah orang jika memungkinkan, gunakan opsi live-streaming dan mungkin hanya ada keluarga segera."

CDC sebelumnya merekomendasikan membatasi pertemuan untuk tidak lebih dari 50 orang, sementara Presiden AS Donald Trump mengatakan pertemuan harus dihadiri oleh tidak lebih dari 10 orang.

Ini sangat penting untuk acara di mana banyak tamu dianggap rentan, baik karena mereka berusia di atas 70 tahun atau karena kondisi kesehatan yang mendasarinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AS Bukan yang Pertama

Tetapi bahkan sebelum arahan ini dikeluarkan, sebuah rumah pemakaman di AS sudah mulai menawarkan untuk adanya live-stream.  

Seorang direktur pemakaman di Syracuse, New York, mengatakan kepada sebuah situs berita lokal bahwa seorang pendeta telah melakukan pelayanan melalui webcam, ketika larangan bepergian di negara bagian mencegahnya untuk menghadirinya secara langsung.

Dan AS jauh dari negara pertama yang mengubah pengaturan pemakaman.

Di Inggris, beberapa rumah duka telah mengesampingkan arahan resmi dengan menawarkan layanan streaming langsung. Salah satu direktur pemakaman di North Yorkshire mengatakan kepada BBC bahwa meskipun ia selama ini telah menawarkan adanya layanan pemakaman, namun kini ia juga menolak pembayaran untuk hal ini.. 

Di Irlandia, pelayat telah diperintahkan untuk tidak mencium tubuh orang yang mereka cintai yang sudah meninggal, sementara Asosiasi Direktur Pemakaman Irlandia melangkah lebih jauh dan menyarankan semua layanan harus ditunda.

Tetapi mungkin langkah-langkah yang paling ketat adalah di Italia, pusat virus baru, di mana layanan pemakaman telah dilarang sama sekali - dibatasi hanya untuk pemberkatan sederhana.

3 dari 3 halaman

Harus Bisa Menyesuaikan

Lianna Champ, penasihat kedukaan dan direktur pemakaman yang berbasis di Inggris, mengantisipasi bahwa "cara kita berduka akan benar-benar berubah karena Virus Corona".

"Kita harus memiliki proses penutupan peti, ritual, terutama ketika kita sedang bersedih, itu membutuhkan keintiman dengan orang-orang yang berbagi kehidupan dengan kita dan orang-orang yang kita cintai," katanya kepada BBC.

“Tapi saya pikir jarak fisik dari layanan pemakaman yang sebenarnya bisa menjadi sangat normal bagi kita untuk bergerak maju. Kita harus menyesuaikan diri dengan cara berpikir dan menjadi yang baru seperti saat ini. Dunia telah berubah, masyarakat telah berubah dan kita perlu menyadari bahwa ketika sesuatu seperti Virus Corona menyerang dunia, kita perlu mengubah tidak hanya kehidupan kita sehari-hari, tetapi bagaimana kita mati juga."

Jika Anda berduka dan tidak dapat menghadiri pemakaman orang yang dicintai secara pribadi, Champ merekomendasikan agar Anda "menjangkau orang-orang dan berbagi dengan orang-orang tentang bagaimana perasaan Anda".

"Sebagai manusia kita membutuhkan keintiman," katanya. "Dan jika Virus Corona memaksa kita menggunakan ponsel dan surel kita maka itu lah seharusnya - tetapi kita perlu menjangkau orang lain dan berada di sana untuk satu sama lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini