Sukses

Menang Primary di 3 Negara Bagian, Joe Biden Berpotensi Jadi Capres AS dari Demokrat

Mantan wakil presiden Joe Biden berpotensi menjadi capres pemilu AS 2020.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Jalan bagi Joe Biden menjadi capres Partai Demokrat semakin mulus. Pada pemilihan primary yang berlangsung Selasa, 17 Maret 2020, Joe Biden menang di tiga negara bagian sekaligus: Arizona, Florida, dan Illinois.

Ada 441 delegasi yang Joe Biden menangkan di tiga negara bagian tersebut. Biden dari awal sudah diunggulkan menang di Florida dan Illinois, dan terakhir ia diproyeksikan menang di Arizona, demikian laporan USA Today, Rabu (18/3/2020).

Pesaing tunggal Joe Biden, yakni Senator Bernie Sanders, tidak berhasil menang. Jumlah delegasi Biden kini mencapai 1.147 orang, dan delegasi Sanders bahkan belum menyentuh 900.

Jumlah delegasi yang dibutuhkan untuk menang di Konvensi Nasional Partai Demokrat adalah 1.991 orang. Pemenangnya akan mendapat tiket sebagai capres Partai Demokrat.

Primary yang baru berlangsung ini adalah yang pertama kali sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan darurat nasional akibat Virus Corona. Akibatnya, Ohio batal ikut primary hari ini karena banyak pegawai di pencoblosan yang mangkir.

Pada primary kali ini, Joe Biden dan Bernie Sanders sama-sama akur. Senator Bernie berkata ini adalah saatnya kompak.

"Pada momen krisis ini maka penting agar kita berdiri bersama," ujar Sanders. "Ini adalah momen untuk kita bekerja bersama-sama," ujar Sanders.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Primary Selanjutnya

Akhir bulan ini, masih ada Puerto Rico yang mengadakan primary untuk memperebutkan 51 delegasi. Primary berikutnya akan dilaksanakan pada 4 April mendatang untuk Hawaii, Alaska, dan Wyoming.

Tanggal penting lainnya adalah 28 April ketika New York dan empat negara bagian sekitarnya melaksanakan primary Partai Demokrat. New York menyiapkan hingga 274 delegasi yang bisa diperebutkan dalam primary.

Rencananya, Konvensi Nasional Partai Demokrat akan diadakan pada Juli mendatang. Joe Biden menjadi unggulan di kalangan pemilih Partai Demokrat.

Capres Partai Demokrat nantinya akan bersaing melawan Presiden Donald Trump yang akan kembali maju untuk periode dua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.