Sukses

Menanti Obat dan Vaksin Virus Corona COVID-19, Sudah Sejauh Mana?

Saat ini, tidak ada obat untuk virus korona ini, dan perawatan didasarkan pada jenis perawatan yang diberikan untuk influenza (flu musiman). Sejumlah eksperimen dilakukan...

Liputan6.com, Jakarta - COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan Virus Corona baru, telah menyebar ke setiap benua kecuali Antartika. Tidak terlalu lama setelah virus pertama kali ditemukan pada akhir Desember 2019, laboratorium mengalihkan pandangan mereka ke arah pengobatan.

Namun, saat ini, tidak ada obat untuk Virus Corona COVID-19 ini, dan perawatan didasarkan pada jenis perawatan yang diberikan untuk influenza (flu musiman) dan penyakit pernapasan parah lainnya, yang dikenal sebagai "perawatan suportif," menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), seperti dikutip dari Livescience, Senin (16/3/2020).

Perawatan ini pada dasarnya mengobati gejala, yang sering dalam kasus COVID-19 melibatkan demam, batuk dan sesak napas. Dalam kasus-kasus ringan, ini mungkin berarti istirahat dan mengonsumsi obat penurun demam seperti acetaminophen (Tylenol) untuk mengurangi gejala.

Di rumah sakit, dokter dan perawat kadang-kadang merawat pasien COVID-19 dengan obat antivirus oseltamivir , atau Tamiflu, yang tampaknya menekan reproduksi virus setidaknya dalam beberapa kasus.

Ini agak mengejutkan, virolog Michigan Tech Ebenezer Tumban mengatakan kepada Live Science, karena Tamiflu dirancang untuk menargetkan enzim pada virus influenza, bukan pada virus corona.

National Institutes of Health telah memulai uji klinis di Pusat Medis Universitas Nebraska untuk menguji remdesivir antivirus untuk COVID-19, menurut pengumuman lembaga tersebut pada 25 Februari 2020.

Di China, dokter juga sedang menguji serangkaian anti-virus corona lain yang awalnya dirancang untuk mengobati Ebola dan HIV, lapor Nature Biotechnology.

Ventilator meniupkan udara ke paru-paru melalui masker atau tabung yang dimasukkan langsung ke tenggorokan. Sebuah studi New England Journal of Medicine terhadap 1.099 pasien rawat inap dengan coronavirus di China menemukan bahwa 41,3% membutuhkan oksigen tambahan dan 2,3% membutuhkan ventilasi mekanik invasif.

Glukokortikoid juga diberikan kepada 18,6% pasien infeksi Virus Corona COVID-19. Pengobatan ini sering digunakan untuk mengurangi peradangan dan membantu membuka saluran udara selama penyakit pernapasan.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Ada Vaksin

Belum ada vaksin untuk virus corona yang menyebabkan COVID-19. Para ilmuwan sedang berupaya mengembangkan satu, kata Hilary Marston, seorang petugas medis dan penasihat kebijakan di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID), mengatakan dalam webcast Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan, Senin (2 Maret).

Pada 14 Maret 2020, dokter di Seattle merekrut sukarelawan untuk berpartisipasi dalam uji klinis untuk vaksin eksperimental untuk COVID-19 yang sedang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Moderna Therapeutics. Namun, ahli etika biomedis khawatir bahwa langkah kritis dalam pengembangan vaksin mungkin terlewati.

Untuk mempercepat vaksin, para peneliti tidak pertama-tama menunjukkan bahwa vaksin itu memicu respons kekebalan pada hewan, suatu langkah yang biasanya diperlukan sebelum pengujian pada manusia, Live Science sebelumnya melaporkan.

Sementara itu, para peneliti mulai menguji vaksin eksperimental pada tikus percobaan pada hari yang sama ketika mereka mulai merekrut orang untuk uji klinis, lapor Stat News. Tikus-tikus itu memang menunjukkan respons kekebalan yang mirip dengan yang dipicu oleh vaksin eksperimental untuk virus korona MERS-CoV terkait. (Vaksin bekerja dengan mengatur sistem kekebalan tubuh Anda untuk mengenali virus seperti SARS-CoV-2 sebagai musuh dan melakukan serangan terhadapnya.)

Meski begitu, dokter tidak yakin seberapa cepat "pelacakan cepat" ini akan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan membawa vaksin semacam itu ke pasar.

Sebelum vaksin eksperimental ini bekerja, Marston mengatakan tidak akan mengharapkan vaksin dalam waktu dekat.

"Jika semuanya bergerak secepat mungkin, hal tercepat yang mungkin terjadi adalah sekitar satu setengah sampai dua tahun. Itu adalah perkiraan optimis," kata Marston.

 

3 dari 3 halaman

Sekilas Virus Corona Baru

Virus corona baru, sekarang disebut SARS-CoV-2, menyebabkan penyakit COVID-19. Virus ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan, China, pada 31 Desember 2019, meskipun tampaknya telah menyebar jauh sebelum tanggal tersebut.

Sejak itu, ia telah menyebar ke setiap benua kecuali Antartika. Tingkat kematian tampaknya lebih tinggi daripada flu musiman, tetapi juga bervariasi berdasarkan lokasi serta usia seseorang, kondisi kesehatan yang mendasarinya, di antara faktor-faktor lain.

Misalnya, di Provinsi Hubei, pusat wabah, tingkat kematian mencapai 2,9%, sedangkan itu hanya 0,4% di provinsi lain di China, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 18 Februari 2020 oleh China CDC Weekly.

Para ilmuwan tidak yakin dari mana virus itu berasal, meskipun mereka tahu bahwa coronavirus (yang juga termasuk SARS dan MERS) ditularkan antara hewan dan manusia.

Penelitian yang membandingkan urutan genetik SARS-CoV-2 dengan database virus menunjukkan bahwa itu berasal dari kelelawar. Karena tidak ada kelelawar yang dijual di pasar makanan laut di Wuhan di pusat penyakit, para peneliti menyarankan hewan peralihan, mungkin trenggiling (mamalia yang terancam punah) bertanggung jawab untuk penularan ke manusia.

Saat ini tidak ada perawatan untuk penyakit ini, tetapi laboratorium sedang mengerjakan berbagai jenis perawatan, termasuk vaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.