Selain Menhub Budi Karya Sumadi, 7 Pejabat Dunia Ini Positif Virus Corona

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 15 Mar 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 15 Mar 2020, 21:00 WIB
Menhub Budi Karya Pimpin Apel Lebaran 2019
Perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya memberikan keterengan kepada awak media usai apel persiapan pengamanan dan angkutan lebaran 2019 di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (26/5/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta- Pada Sabtu, 14 Maret 2020, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dilaporkan positif mengalami Virus Corona COVID-19.

Dalam sebuah pernyataan, Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya mengonfirmasi hal itu dengan mengatakan, "Hasil laboratorium confirm untuk COVID-19."

Menurut laporan Liputan6.com pada Sabtu, 14 Maret 2020, Menhub Budi Karya Sumadi saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

Selain Menhub Budi Karya, ada deretan pejabat pemerintah mancanegara lainnya yang dilaporkan positif mengalami Virus Corona COVID-19.

Berikut deretan para pejabat dunia lainnya yang positif mengalami Virus Corona.

2 dari 9 halaman

1. Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton

Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton (AP)
Perbesar
Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton (AP)

Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton, pada Sabtu, 14 Maret 2020 dilaporkan telah mengkonfirmasi bahwa ia positif Virus Corona, seperti dikutip dari abc.net.au, Minggu, (15/3/2020).

Menteri Pemerintah Federal itu mengatakan bahwa ia merasa baik-baik saja namun bangun dengan suhu yang tinggi dan sakit tenggorokan.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Peter Dutton mengatakan, "Saya segera menghubungi Departemen Kesehatan Queensland dan kemudian dites untuk COVID-19," ujarnya.

Lalu ia menceritakan hasil positif yang didapatkan, "Saya diberitahu oleh Queensland Health bahwa tes itu berujung positif," ungkap Menteri Peter Dutton.

Namun Menteri Peter Dutton menyampaikan bahwa dirinya dalam keadaan yang "baik" dan akan memberikan kabar pada waktunya.

3 dari 9 halaman

2. Menteri Kebudayaan Prancis, Franck Riester

Menteri Kebudayaan Prancis, Franck Riester. (Photo: Ludovic Marin/AFP)
Perbesar
Menteri Kebudayaan Prancis, Franck Riester. (Photo: Ludovic Marin/AFP)

Menteri kebudayaan Prancis, Franck Riester dilaporkan positif mengalami Virus Corona, menurut pernyataan dari seorang rekan pemerintah pada Senin, 9 Maret 2020, setelah beberapa anggota parlemen juga dilaporkan mengalami virus itu, seperti dikutip dari Straits Times, Minggu, (15/3/2020).

Menteri Kesehatan Prancis, Olivier Veran di BFM Television mengatakan bahwa Menteri Franck Riester dalam keadaan baik-baik saja dan telah beristirahat di kediamannya.

4 dari 9 halaman

3. Istri PM Kanada, Sophie Trudeau

Istri PM Kanada
Perbesar
PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba di Rideau Hall di Ottawa. Istri PM Kanada dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret setelah mulai merasa sakit pada Rabu malam sekembalinya dari acara di London. (Dave Chan/AFP)

Istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yaitu Sophie Gregoire Trudeau dilaporkan positif mengalami Virus Corona, seperti dikutip dari abc.net.au.

PM Justin Trudeau dan istrinya, Sophie Trudeau dilaporkan telah menjalani isolasi diri sejak ia mengalami gejala seperti flu dan diuji.

Kantor Perdana Menteri mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis, 12 Maret 2020 bahwa Sophie Trudeau memiliki gejala ringan dan merasa sehat, dan akan menjalani isolasi selama 14 hari, seperti dikutip dari CNN.

Kantor Perdana Menteri itu juga mengatakan bahwa Sophie Trudeau mengalami gejala mirip flu ringan pada Rabu, 11 Maret 2020 setelah menghadiri pertemuan di Inggris, termasuk kondisi kesehatan PM Justin Trudeau yang juga dikatakan dalam kondisi baik tanpa gejala.

5 dari 9 halaman

4. Nadine Dorries - Menteri Inggris

Menteri Kesehatan Junior dan Anggota Parlemen Konservatif Nadine Dorries mengatakan dia telah didiagnosis positif Virus Corona.

Dorries, anggota parlemen pertama yang dites positif, mengatakan dia telah mengambil semua tindakan pencegahan yang disarankan setelah mencari tahu dan melakukan isolasi sendiri di rumah.

Melansir BBC, Dorries, yang telah menjadi anggota parlemen sejak 2005, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Saya dapat mengonfirmasi bahwa saya telah dites positif terkena virus Corona."

"Saya mengerti mengapa orang khawatir tentang penyakit ini. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membuat orang tetap aman, berdasarkan ilmu pengetahuan terbaik."

6 dari 9 halaman

5. Masoumeh Ebtekar - Wakil Presiden Iran

Wapres Iran Masumeh Ebtekar
Perbesar
Salah seorang Wapres Iran Masumeh Ebtekar (foto:AFP)

Seorang tokoh senior dalam pemerintahan Iran, yang menjadi bawahan langsung Presiden Hassan Rouhani telah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona.

Wakil Presiden Masoumeh Ebtekar, wakil Rouhani untuk urusan wanita dan wanita berperingkat tertinggi di pemerintahan, memiliki infeksi virus korona yang dikonfirmasi dan dikarantina di rumah. Hal ini disampaikan oleh wakilnya pada Kamis 27 Februari 2020.

Pengungkapan itu terjadi sehari setelah rapat kabinet di mana dia berhubungan dekat dengan para pemimpin pemerintah lainnya, termasuk Rouhani. Sebuah foto yang diposting oleh wartawan BBC Persia di Twitter menunjukkan dia duduk beberapa meter dari presiden.

7 dari 9 halaman

6. Salvatore Farina - Kepala Staf Angkatan Darat Italia

Italia Tutup Seluruh Wilayahnya Akibat Virus Corona
Perbesar
Seorang wanita berjalan di Lapangan Santo Markus, Venesia, Italia, Senin (9/3/2020). Hingga saat ini, sebanyak 9.172 pasien di Italia dinyatakan positif virus corona (COVID-19). (Anteo Marinoni/LaPresse via AP)

Kepala Staf Angkatan Darat Italia Salvatore Farina dilaporkan positif terpapar Virus Corona. Kondisinya diketahui setelah melakukan pengecekkan dengan tim medis.

Dikutip dari laman Al Arabiya, Salvatore Farina diharuskan menjalani masa karantina setelah dinyatakan positif Virus Corona.

Jenderal Farina akan tetap diisolasi di rumah. Posisinya akan digantikan oleh Jenderal Federico Bonato.

Pemerintah Italia melaporkan 366 kematian dan 7.375 kasus infeksi. Jutaan orang ditempatkan di bawah karantina paksa di Italia utara pada Minggu pagi, ketika pemerintah menyetujui langkah-langkah drastis dalam upaya menghentikan penyebaran virus.

Korban tewas akibat Virus Corona yang menyerang Italia terus melonjak hingga Minggu, 8 Maret 2020. Angka kematian di Negeri Menara Pisa ini menyalip Korea Selatan.

8 dari 9 halaman

7. Iraj Haririchi - Wakil Menteri Kesehatan Iran

Wakil Menteri Kesehatan Iran Positif Virus Corona
Perbesar
Wakil Menteri Kesehatan Iran Iraj Haririchi menyampaikan keterangan saat konferensi pers di Teheran, Iran, Senin (24/2/2020). Dalam sebuah video yang diunggahnya di media sosial, Harirchi mengatakan bahwa dia terinfeksi virus corona COVID-19 dan harus diisolasi. (Iranian Presidency/AFP)

Wakil Menteri Kesehatan Iran Iraj Haririchi menyatakan dirinya terinfeksi Virus Corona COVID-19 satu hari usai dikabarkan demam saat konferensi pers.

Dalam sebuah video yang ia unggah di media sosial, Haririchi menyampaikan bahwa ia terinfeksi Virus Corona dan harus diisolasi.

Sebelumnya, dalam sebuah konferensi pers Haririchi memang terlihat batuk-batuk. Ia pun juga tampak pucat saat tampil di publik.

9 dari 9 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓