Menhub Budi Karya Positif COVID-19, Menteri Belanda Isolasi Diri di Rumah

Oleh Hariz Barak pada 15 Mar 2020, 14:06 WIB
Diperbarui 15 Mar 2020, 14:06 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto Kemenhub)
Perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto Kemenhub)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif Virus Corona COVID-19. Salah satu kegiatan yang dilakukan Budi Karya sebelum positif COVID-19 adalah bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Cora van Nieuwenhuizen.

Saat ini, Menteri Cora dilaporkan bekerja dari rumah selama dua pekan, usai dirinya diketahui melakukan kontak dekat dengan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif Virus Corona COVID-19.

"Menteri Indonesia yang terinfeksi (dengan Virus Corona) melakukan kontak langsung dengan Menteri Cora van Nieuwenhuizen pada Rabu 4 Maret 2020," menurut laporan surat kabar kenamaan Belanda, De Telegraaf, dikutip pada Minggu (15/3/2020).

"Beliau (Menteri Cora) akan tinggal di rumah mengisolasi diri sendiri selama satu pekan," lanjut surat kabar Belanda tersebut.

Menteri Cora van Nieuwenhuizen merupakan bagian delegasi rombongan kunjungan kehormatan Raja dan Ratu Belanda pekan ini. Mereka bertemu dengan sejumlah anggota kabinet Indonesia, termasuk beberapa yang melaksanakan rapat dengan Menhub Budi Karya Sumadi.

2 dari 3 halaman

Menhub Budi Karya Positif COVID-19

20170108-Menhub Tinjau Proyek LRT Jabodetabek-Jakarta
Perbesar
Menhub Budi Karya Sumadi seusai memantau lokasi pembangunan kereta layang (Light Rail Transit/LRT), rute Cawang-Cibubur di tol Jagorawi Km 13, Jakarta, Minggu (8/1). LRT akan melewati 18 stasiun dengan panjang 42,1 km. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi positif COVID-19. Saat ini, Budi Karya tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

"Atas izin keluarga yang disampaikan Pak Wakil Kepala RSPAD tadi, pasien tersebut pak Budi Karya, Pak Menhub," ujar Mensesneg, Pratikno, di Kemensesneg, Jakarta, Sabtu 14 Maret malam.

"Hasil laboratorium confirm untuk Covid-19," ujar Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya disebut harus dirawat di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, saat itu Menhub dalam kondisi stabil.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓