Sukses

Peneliti Uji Potensi Darah Pasien Virus Corona yang Sembuh sebagai Obat

Kunci untuk memperlambat dan mengobati virus corona mungkin tersembunyi di dalam darah para pasien yang sudah pulih dari penyakit.

Liputan6.com, Baltimore - Dengan tidak adanya vaksin atau obat antivirus, para peneliti di Universitas Johns Hopkins di Baltimore mengatakan kunci untuk memperlambat dan mengobati virus corona mungkin tersembunyi di dalam darah para pasien yang sudah pulih dari penyakit.

Metode "serum pemulihan", yang pada dasarnya memanen antibodi penangkal virus dari darah pasien yang sebelumnya terinfeksi, sudah ada sejak lebih dari seabad, tetapi belum digunakan secara luas di Amerika Serikat dalam beberapa dekade.

Selama epidemi flu Spanyol tahun 1918, para ilmuwan melaporkan bahwa transfusi produk darah yang diperoleh dari korban menyebabkan penurunan 50 persen kematian di antara pasien yang sakit parah.

Strategi serupa digunakan untuk mengobati dan memperlambat penyebaran polio dan campak beberapa dekade lalu, tetapi teknik ini tidak disukai pada 1950-an dengan inovasi sains vaksin modern dan obat antivirus, kata Dr. Arturo Casadevall, ketua departemen molekul, mikrobiologi dan imunologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg.

Ketika Casadevall mengetahui pada bulan Desember bahwa virus corona baru menyebar dengan cepat di China, ia mulai memberi tahu rekan-rekannya bahwa mungkin sudah waktunya untuk menghidupkan kembali pengobatan kuno.

"Saya seorang dokter penyakit menular yang tertarik pada sejarah," kata Casadevall.

"Saya tahu sejarah apa yang dilakukan pada awal abad ke-20 dengan epidemi. Mereka tidak memiliki vaksin saat itu, mereka tidak punya obat apa pun - sama seperti situasi yang kita hadapi sekarang. Tetapi dokter kemudian tahu bahwa, untuk kondisi tertentu, Anda dapat mengambil darah kekebalan tubuh dan menggunakannya untuk mencegah penyakit atau mengobati mereka yang menjadi sakit," lanjutnya seperti dikutip dari NBC News, Sabtu (14/3/2020).

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Riset

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada Jumat 13 Maret 2020 kemarin di Journal of Clinical Investigation, Casadevall dan seorang rekannya, Dr. Liise-anne Pirofski, berpendapat bahwa mengumpulkan serum darah atau plasma dari orang yang sebelumnya terinfeksi mungkin menjadi harapan terbaik untuk mengobati kasus COVID-19 yang parah, penyakit yang disebabkan oleh virus, setidaknya sampai pengobatan yang lebih baik dapat dikembangkan.

Ada beberapa bukti dari sejarah baru-baru ini yang menunjukkan bahwa pendekatan ini bisa berhasil.

Pada tahun 2003, dokter di China menggunakan plasma dari pasien yang pulih untuk mengobati 80 orang yang menderita penyakit virus yang dikenal sebagai sindrom pernafasan akut yang parah, atau SARS --salah satu jenis coronavirus sebelumnya-- dan menemukan bahwa perawatan terkait dengan hasil yang lebih baik dan masa tinggal yang lebih pendek di rumah sakit.

Pada tahun 2014, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan pedoman untuk menggunakan plasma yang disumbangkan untuk mengobati orang yang terinfeksi Ebola setelah perawatan menunjukkan harapan.

Dalam sebuah wawancara dengan Stat News bulan lalu, seorang pejabat tinggi Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) mengatakan, plasma yang disembuhkan mungkin membantu dalam perang melawan virus corona baru. Meskipun pengobatan ini bukan obat, Casadevall mengatakan itu mungkin merupakan pengganti sementara yang penting.

Para peneliti di AS dan di seluruh dunia telah berjuang untuk mengembangkan obat-obatan untuk virus korona, tetapi pejabat federal mengatakan perawatan itu mungkin berbulan-bulan atau --dalam hal vaksin-- bisa lebih dari setahun lagi.

Hal itu menyebabkan rumah sakit hanya memiliki beberapa pilihan selain pemasangan alat ventilator untuk mengobati pasien COVID-19 yang menderita gagal pernapasan, memicu kekhawatiran secara nasional bahwa lonjakan pasien yang sakit parah dalam beberapa minggu mendatang dapat membanjiri ruang gawat darurat dan unit perawatan intensif.

"Pendekatannya jelas memiliki kelebihan, dan yang luar biasa tentang itu bukanlah gagasan baru; sudah bersama kami selama ratusan tahun atau lebih," kata Dr. Jeffrey Henderson, asisten profesor kedokteran dan mikrobiologi molekuler di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis.

"Saya pikir kami tidak tahu sampai kami memiliki pengalaman dan laporan kasus dengan penyakit tertentu ini apakah itu akan efektif, tetapi hanya berdasarkan rekam jejaknya dengan sejumlah virus lain, saya pikir itu memiliki peluang yang sangat bagus untuk dilakukan."

3 dari 3 halaman

Apa yang Membuatnya Berpotensi Berhasil?

Dr Jeffrey Henderson mengatakan, bagian dari apa yang membuat perawatan berpotensi berhasil adalah kesederhanaannya. Meskipun ada bahaya dalam memberikan pasien jenis darah yang salah, peningkatan keamanan selama dua dekade terakhir telah membuat hasil yang merugikan jarang terjadi. Dan rumah sakit memiliki alat yang diperlukan untuk mulai memanen dan mentransfusikan pasien dengan serum darah segera, katanya.

Tim Johns Hopkins berencana untuk menyerahkan rencananya untuk disetujui oleh FDA, tetapi Casadevall mengatakan mereka tidak mengantisipasi masalah karena metode ini telah digunakan di masa lalu dan mengandalkan teknologi perbankan darah standar. Dia berharap untuk mulai mengumpulkan serum dari pasien yang pulih dalam waktu empat hingga enam minggu.

Pasien cenderung membuat sejumlah besar antibodi terhadap patogen yang menginfeksi, dan antibodi ini sering beredar dalam darah penderita selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun sesudahnya. Dengan mengumpulkan dan mentransfusikan serum atau plasma korban yang selamat --bagian cairan darah yang tersisa begitu sel dan trombosit dikeluarkan-- dokter berpotensi meningkatkan respons kekebalan pasien yang sakit, kata Casadevall.

Dokter di China telah mulai merawat pasien COVID-19 dengan plasma yang dipanen dari penyintas dan melaporkan hasil yang agak positif, terutama ketika metode ini diterapkan pada awal penyakit, meskipun belum diuji secara luas.

"Penggunaan plasma mungkin akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit dari lima menjadi 10 hari menjadi tiga hingga lima hari," kata Dr. Zhang Wenhong, pemimpin tim medis yang dikirim dari Shanghai ke Wuhan untuk membantu mengatasi wabah tersebut, dalam sebuah wawancara dengan Al-Jazeera minggu lalu.

Casadevall berpendapat bahwa serum pemulihan juga dapat diberikan kepada pekerja perawatan kesehatan garis depan untuk membantu melindungi mereka dari sakit.

Untuk mengimplementasikan rencananya, rumah sakit akademik perlu bekerja secara kolaboratif dengan bank darah untuk membuat protokol penelitian dan pedoman perawatan. Dokter di Johns Hopkins memulai pekerjaan itu beberapa minggu yang lalu, kata Dr. Arturi Casadevall, dan mereka telah mulai menyusun pedoman yang dapat disalin oleh rumah sakit di seluruh negeri.

Dia sudah menghubungi dokter di Mayo Clinic di Minnesota, katanya.

"Di tingkat lokal, rumah sakit dan bank darah memiliki semua yang mereka butuhkan untuk melakukan ini," kata Casadevall. "Tetapi yang benar-benar akan membantu adalah koordinasi dari pemerintah federal."

Pertama, kata Casadevall, AS harus segera memulai pengujian luas, karena tidak mungkin mengumpulkan serum darah dari korban jika petugas kesehatan masyarakat tidak tahu siapa yang terinfeksi.

Kedua, Casadevall mengatakan pejabat federal mungkin perlu mengawasi pengiriman produk darah antar negara. Dia dapat membayangkan sebuah skenario di mana bank darah di Seattle, yang telah berada di pusat wabah AS selama berminggu-minggu, mungkin berada dalam posisi untuk mengirim produk darah berlebih ke kota-kota lain di mana wabah masih meningkat.

Dan akhirnya, kata Casadevall, para pejabat pemerintah perlu membantu menyebarkan berita. Dia percaya orang yang memiliki virus korona dan pulih akan bersemangat untuk menyumbangkan plasma jika mereka percaya itu dapat membantu pasien usia lanjut dan petugas perawatan kesehatan.

"Ini sama sekali bukan obat mujarab," kata Casadevall.

"Tetapi pada saat pesan itu telah disampaikan, 'Tidak ada yang dapat Anda lakukan selain mencuci tangan,' ini adalah kesempatan untuk melakukan sesuatu yang proaktif yang dapat membantu melawan hal ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.