Sekretaris Presiden Brasil Positif Virus Corona COVID-19 Usai Kunjungi AS

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 13 Mar 2020, 14:38 WIB
Diperbarui 13 Mar 2020, 14:38 WIB
Unggahan Fabio Wajngarten lima hari lalu di akun Instagramnya saat berfoto dengan Presiden AS Donald Trump (Instagram/@fabiowajngarten)

Liputan6.com, Washington, D.C - Fabio Wajngarten, sekretaris untuk Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dinyatakan positif terkena Virus Corona pada Kamis, 12 Maret 2020.

Dikutip dari laman CNN, Jumat (13/3/2020) setelah Wajngarten dinyatakan positif COVID-19, kesehatan Presiden Brasil Jair Bolsonaro sedang dipantau.

Sebelumnya, Wajngarten bersama Bolsonaro melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat untuk menemui Presiden Donald Trump dan makan malam bersama di Mar-a-Lago.

Usai pertemuan tersebut Wajngarten bahkan mengunggah foto dirinya bersama Trump di Instagram. Sejauh ini, belum ada informasi terbaru seputar Fabio Wajngarten setelah dinyatakan positif terpapar Virus Corona.

Informasi yang tak kalah membuat banyak orang kaget adalah istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Sophie Grégoire Trudeau, yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. Hal ini telah dikonfirmasi kantor pemerintahan pada Kamis 12 Maret malam.

Sophie, yang kini berusia 44, mulai merasa sakit pada Rabu, 11 Maret malam. Hal itu dirasakannya tak lama setelah kembali ke Kanada dari acara yang ia hadiri di London.

Melansir New York Post, Jumat (13/3/2020), ia kemudian dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret dan akan tetap di isolasi untuk sementara waktu, kata seorang juru bicara.

"Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Anda semua yang telah berbicara kepada saya dan menanyakan kabar saya," kata Sophie dalam sebuah pernyataan. "Meskipun saya mengalami gejala Virus Corona yang tidak nyaman, saya akan segera kembali."

2 dari 3 halaman

Justin Trudeau Sehat

Istri PM Kanada
File foto pada 11 September 2019, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba di Rideau Hall di Ottawa. Istri PM Kanada dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret setelah mulai merasa sakit pada Rabu malam sekembalinya dari acara di London. (Dave Chan/AFP)

"Berada dalam masa karantina di rumah tidak ada bandingannya dengan keluarga Kanada lainnya yang mungkin mengalami hal ini dan bagi mereka yang menghadapi masalah kesehatan yang lebih serius," imbuh Sophie.

Justin Trudeau hingga kini dinyatakan berada dalam kondisi sehat tanpa gejala, kata juru bicara itu. Tetapi sebagai tindakan pencegahan, ia akan mengisolasi dirinya selama dua minggu.

Sampai saat ini, belum ada rencana pengujian kepada Justin Trudeau. "Perdana Menteri akan terus sepenuhnya memikul tugasnya dan akan berbicara dengan warga Kanada besok (Jumat)," kata kantor pemerintahan Kanada.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓