Awas, 5 Benda di dalam Rumah Ini Mengandung Racun Berbahaya

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 11 Mar 2020, 20:40 WIB
Diperbarui 11 Mar 2020, 20:40 WIB
20170818-kegunaan lain alumunium foil
Perbesar
Alumunium foil adalah sebuah bahan berupa lembaran logam aluminium yang padat dan juga tipis. (Image: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah barang ini sangat dibutuhkan bagi banyak orang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Fungsinya sangat baik dan mempermudah manusia pekerjaan manusia.

Namun siapa sangka, sejumlah barang yang biasanya kita temukan di dalam rumah ini punya ancaman yang nyata.

Apabila kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya, maka akan menimbulkan racun. Jika sudah masuk ke dalam tubuh pasti akan lebih berbahaya.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Rabu (11/3/2020), berikut 5 benda di dalam rumah yang bisa menjadi racun bagi manusia:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Aluminium Foil

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Barang rumah tangga yang praktis ini mungkin memiliki efek kesehatan yang berbahaya, karena partikel aluminium dapat ditransfer ke makanan Anda.

Menurut sebuah penelitian, terutama ketika Anda memasak makanan Anda dibungkus dengan aluminium foil, Anda mungkin mengkonsumsi zat kimia yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan.

Efek kesehatan dari makan terlalu banyak zat kimia di aluminium foil memiliki kemungkinan hubungan dengan penyakit dan dapat memperburuk penyakit lain seperti penyakit Crohn -- penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan pada lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga anus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Panci Anti Lengket

Alat Masak Panci
Perbesar
Ilustrasi Alat Masak Panci. (iStockphoto)

Sementara peralatan dapur yang praktis ini sangat menghemat waktu kita dalam membersihkan panci, mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Karena panci anti lengket dilapisi bahan kimia polyfluoroalkyl (PFC), mereka dapat melepaskan gas dan bahan kimia beracun saat dipanaskan.

Penelitian telah menemukan bahwa PFC dapat memasukkan makanan Anda dari panci anti lengket. Sebenarnya, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa 98 persen populasi AS yang mengejutkan memiliki PFC dalam darah mereka saat diuji.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Wadah Penyimpan Plastik

ilustrasi kantong plastik.
Perbesar
ilustrasi kantong plastik. (iStockphoto)

Wadah penyimpanan plastik berguna untuk membawa bekal makan siang kita ke kantor, namun wadah itu mungkin juga memasukkan bahan kimia jahat ke dalam makanan Anda.

Bahan kimia ini disebut BPA dan biasanya ditemukan di plastik, seperti kotak penyimpanan dan botol. Memasukkan wadah plastik ke dalam microwave dapat dapat membuat zat semakin berbahaya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Pengharum Ruangan

Art de Vivre, Pilihan Pengharum Ruangan Berdasarkan Suasana Hati dari L'Occitane
Perbesar
Selain hadirkan pengharum tubuh, L'Occitane hadirkan pengharum ruangan sesuai dengan suasana hati (Foto: L'Occitane)

Banyak orang yang menggunakan pengharum ruangan guna membuat kamar, ruang tengah atau ruang lainnya di dalam rumah terasa segar.

Namun, pengharum ruangan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, menurut beberapa penelitian.

Satu studi mengatakan bahwa mereka dapat mempengaruhi perkembangan reproduksi manusia dan dapat menyebabkan migrain serta masalah pernapasan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Kapur Barus

Ilustrasi kapur barus (iStock)
Perbesar
Ilustrasi kapur barus (iStock)

Kapur barus sangat praktis untuk menjaga pakaian Anda tetap segar dan terlindung dari ngengat. Namun, kapur barus bisa jadi ancaman karena mengandung naphthalene.

Naphthalene dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah Anda. Menghirup kapur barus dapat berbahaya dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti katarak dan komplikasi hati.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya