Sukses

Awas, 5 Benda di dalam Rumah Ini Mengandung Racun Berbahaya

Siapa sangka, sejumlah barang yang biasanya kita temukan di dalam rumah ini punya ancaman yang nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah barang ini sangat dibutuhkan bagi banyak orang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Fungsinya sangat baik dan mempermudah manusia pekerjaan manusia.

Namun siapa sangka, sejumlah barang yang biasanya kita temukan di dalam rumah ini punya ancaman yang nyata.

Apabila kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya, maka akan menimbulkan racun. Jika sudah masuk ke dalam tubuh pasti akan lebih berbahaya.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Rabu (11/3/2020), berikut 5 benda di dalam rumah yang bisa menjadi racun bagi manusia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Aluminium Foil

Barang rumah tangga yang praktis ini mungkin memiliki efek kesehatan yang berbahaya, karena partikel aluminium dapat ditransfer ke makanan Anda.

Menurut sebuah penelitian, terutama ketika Anda memasak makanan Anda dibungkus dengan aluminium foil, Anda mungkin mengkonsumsi zat kimia yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan.

Efek kesehatan dari makan terlalu banyak zat kimia di aluminium foil memiliki kemungkinan hubungan dengan penyakit dan dapat memperburuk penyakit lain seperti penyakit Crohn -- penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan pada lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga anus.

3 dari 6 halaman

2. Panci Anti Lengket

Sementara peralatan dapur yang praktis ini sangat menghemat waktu kita dalam membersihkan panci, mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Karena panci anti lengket dilapisi bahan kimia polyfluoroalkyl (PFC), mereka dapat melepaskan gas dan bahan kimia beracun saat dipanaskan.

Penelitian telah menemukan bahwa PFC dapat memasukkan makanan Anda dari panci anti lengket. Sebenarnya, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa 98 persen populasi AS yang mengejutkan memiliki PFC dalam darah mereka saat diuji.

4 dari 6 halaman

3. Wadah Penyimpan Plastik

Wadah penyimpanan plastik berguna untuk membawa bekal makan siang kita ke kantor, namun wadah itu mungkin juga memasukkan bahan kimia jahat ke dalam makanan Anda.

Bahan kimia ini disebut BPA dan biasanya ditemukan di plastik, seperti kotak penyimpanan dan botol. Memasukkan wadah plastik ke dalam microwave dapat dapat membuat zat semakin berbahaya.

5 dari 6 halaman

4. Pengharum Ruangan

Banyak orang yang menggunakan pengharum ruangan guna membuat kamar, ruang tengah atau ruang lainnya di dalam rumah terasa segar.

Namun, pengharum ruangan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, menurut beberapa penelitian.

Satu studi mengatakan bahwa mereka dapat mempengaruhi perkembangan reproduksi manusia dan dapat menyebabkan migrain serta masalah pernapasan.

6 dari 6 halaman

5. Kapur Barus

Kapur barus sangat praktis untuk menjaga pakaian Anda tetap segar dan terlindung dari ngengat. Namun, kapur barus bisa jadi ancaman karena mengandung naphthalene.

Naphthalene dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah Anda. Menghirup kapur barus dapat berbahaya dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti katarak dan komplikasi hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.