Pemerintah Kanada Keluarkan UU Larangan Praktik Ubah Gender

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 10 Mar 2020, 15:22 WIB
Diperbarui 10 Mar 2020, 15:22 WIB
Sejarah Bendera Pelangi, Simbol Bagi Para LGBT Seluruh Dunia
Perbesar
Bendera lambang komunitas LGBT

Liputan6.com, Ottawa - Pemerintah Kanada sedang bergerak maju dengan rencana mereka terkait larangan nasional terhadap praktik konversi gender. 

Undang-undang federal yang baru diusulkan akan membuatnya ilegal untuk memiliki anak di bawah umur menjalani praktik atau meminta seseorang menjalani itu di luar kehendak mereka.

Terapi yang disebut berusaha untuk membantu mengubah seksualitas seseorang atau identitas gender dan secara luas didiskreditkan.

Melansir BBC, Selasa (10/3/2020), Menteri Kehakiman Federal David Lametti mengatakan praktik itu "didasarkan pada kebohongan".

Undang-undang, yang diperkenalkan pada hari Senin, mengusulkan lima perubahan pada kode kriminal federal terkait dengan terapi konversi.

Jika disahkan, maka akan ilegal untuk:

  • Membuat anak di bawah umur menjalani praktik konversi gender
  • Mengeluarkan anak di bawah umur dari Kanada untuk menjalani praktik konversi gender
  • Menyebabkan seseorang menjalani praktik konversi gender yang bertentangan dengan keinginannya
  • Mendapatkan untung dari memberikan praktik konversi gender
  • Mengiklankan penawaran untuk memberikan praktik konversi gender.

Lametti mengatakan RUU yang diusulkan tidak menargetkan percakapan pribadi tentang orientasi seksual atau identitas gender dengan orang-orang seperti guru, penasihat sekolah, pemimpin agama, atau profesional kesehatan mental.

Oposisi federal NDP mengatakan akan bekerja dengan pemerintah minoritas Liberal untuk mengesahkan undang-undang tersebut. 

2 dari 3 halaman

Bukan yang Pertama

LGBT atau GLBT Lesbian Gay Biseksual dan Transgender
Perbesar
Ilustrasi Foto LGBT atau GLBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender). (iStockphoto)

Praktik konversi gender telah banyak didiskreditkan oleh psikoterapi besar dan asosiasi medis di banyak negara, termasuk Kanada, AS dan Inggris, dan ditentang oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan PBB.

Berbagai bentuk praktik ini terus dilakukan di seluruh dunia pada orang-orang LGBT, meskipun ada bukti ilmiah bahwa itu berbahaya dan tidak efektif.

Pada tahun 2018, ribuan warga Kanada bersatu di belakang dua petisi yang menyerukan larangan nasional terhadap praktik konversi, tetapi pemerintah federal menolak permohonan pada saat itu.

Empat provinsi di Kanada, Ontario, Manitoba, Prince Edward Island, dan Nova Scotia telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi terapi konversi dalam yurisdiksi mereka, seperti halnya beberapa kota.

Kanada bukan negara pertama yang menerapkan pembatasan atau larangan praktik tersebut.

Pada bulan November, Jerman menerbitkan rancangan undang-undang yang dimaksudkan untuk menghentikan kelompok yang menawarkan layanan kepada orang di bawah 18 tahun.

Pada tahun 2018, Inggris mengumumkan rencana untuk mengajukan proposal untuk mengakhiri terapi konversi, yang disebutnya "praktik berbahaya".

Di AS, 20 negara bagian telah melangkah maju dengan larangan terapi konversi untuk anak di bawah umur, termasuk California, yang melakukannya pada 2012, dan Utah, yang melakukannya tahun ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓