Sempat Ditolak karena Corona, Kapal Grand Princess Akhirnya Berlabuh di California

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 10 Mar 2020, 13:25 WIB
Diperbarui 10 Mar 2020, 13:25 WIB
Kapal pesiar Grand Princess melewati Golden Gate Bridge ketika dalam perjalanan menuju San Fransisco dari Hawaii.
Perbesar
Kapal pesiar Grand Princess melewati Golden Gate Bridge ketika dalam perjalanan menuju San Fransisco dari Hawaii. (Scott Strazzante/San Francisco Chronicle via AP)

Liputan6.com, Oakland - Sebuah kapal pesiar yang mengangkut 3.500 orang telah berlabuh di Pelabuhan Oakland, California, pada Senin, setelah menghabiskan beberapa hari terakhir berada di lepas pantai San Francisco. Hal tersebut lantaran 21 penumpang telah dikonfirmasi positif Virus Corona. 

Sekarang, setelah Grand Princess mencapai daratan, warga negara AS yang menjadi penumpang kapal tersebut akan diangkut ke pangkalan militer di California, Texas dan Georgia, di mana mereka akan diuji untuk virus Corona baru dan tetap di bawah karantina 14 hari.

Departemen Luar Negeri AS bekerja dengan negara asal dari ratusan penumpang internasional untuk mengatur pemulangan mereka.

Melansir The Guardian, Selasa (10/3/2020), penumpang mulai turun pada Senin sore. Hampir 1.000 penumpang yang merupakan penduduk California akan menuju ke pangkalan militer di negara bagian, sementara penduduk negara lain akan menyelesaikan karantina wajib di Joint Base San Antonio Lackland di Texas atau pangkalan angkatan udara Dobbins di Georgia, kata pejabat kesehatan federal.

Gubernur California, Gavin Newsom, dan Wali Kota Oakland, Libby Schaaf, mengatakan pada konferensi pers hari Minggu bahwa diperlukan waktu hingga tiga hari untuk turun dan memindahkan semua penumpang. Tidak ada penumpang yang akan dipulangkan sebelum mereka menjalani karantina 14 hari, dan mereka yang membutuhkan perawatan medis akut akan menjadi yang pertama turun.

"Ini adalah waktu di mana kita harus dibimbing oleh fakta dan bukan ketakutan, dan publik kita pantas untuk mengetahui apa yang sedang terjadi," kata Schaaf.

Hingga kini, jumlah total positif Virus Corona masih belum dapat dipastikan. Namun, penjaga pantai AS mengirim hasil dari 45 uji yang telah dilakukan, 21 di antaranya dinyatakan positif.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓