Mengenal Slenderman, Figur yang Digambar ABG Pembunuh Bocah di Sawah Besar

Oleh Hariz Barak pada 08 Mar 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 08 Mar 2020, 18:35 WIB
Polisi menunjukkan gambar NF (15), remaja yang bunuh bocah di Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Yopi Makdori)
Perbesar
Polisi menunjukkan gambar NF (15), remaja yang bunuh bocah di Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Yopi Makdori)

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pembunuhan bocah perempuan berusia 5 tahun oleh remaja perempuan berusia 15 tahun di Jakarta yang menjadi sorotan pekan ini memunculkan sejumlah fakta.

Salah satunya, polisi menemukan beberapa catatan dan gambar di dalam kamar NF, pelaku pembunuhan APA, di Sawah Besar, Jakarta Pusat Jumat (6/3/2020).

Kabid Humas Polda Metro Jakarta Kombes Yusri Yunus catatan tersebut di antaranya berupa tokoh fiksi Slenderman.

"Tentunya kami juga harus mencari kenapa niat itu muncul. Selain dari perbuatan yang dilakukan, kami juga mencoba mendalami dari berbagai catatan-catatan yang dimiliki," kata Yusri di Mapolres Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020).

Slenderman, kata Yusri merupakan tokoh fiksi yang muncul dalam film horor berbalut kekerasan.

Tokoh fiksi tersebut bukan barang baru. Figur itu sudah muncul pada 2009 sebagai sebuah gambar dan tokoh seram yang viral di forum-forum online.

Selanjutnya di halaman kedua...

 

 

Disclaimer: Redaksi memahami bahwa sebuah peristiwa pembunuhan bisa disebabkan oleh lebih dari satu faktor. Oleh karenanya, isi artikel ini hanya sebatas memberikan informasi, bukan semata-mata mengarahkan pembaca untuk menjadikannya referensi dan alasan tunggal atas sebuah kasus yang tengah marak beberapa waktu terakhir.

Redaksi juga memahami betapa pentingnya suatu persoalan psikologis yang diderita seseorang, dan oleh karenanya, kami meminta pembaca untuk peka dan bersimpati jika menemukan kerabat yang mengalaminya.

Kami mengingatkan kepada pembaca betapa pentingnya peran orang tua dalam mengawasi keseharian anak, termasuk, dalam penggunaan teknologi internet dan platform digital lain sehari-hari. Kami juga mengingatkan pentingya agar bersikap bijak dan kritis dalam menerima segala informasi yang Anda dan anak Anda terima.

2 dari 5 halaman

Karakter Cerita Seram Internet atau Creepypasta

Slenderman
Perbesar
Slenderman (Wiki)

Di internet, Slenderman digambarkan sebagai pria bertubuh tinggi namun tipis, tak berwajah, mengenakan jas hitam dan dasi merah atau gelap. Kadang-kadang sosoknya dibayangkan memiliki tentakel. Ia konon akan menghantui anak-anak dan mereka yang berusaha menguak identitasnya.

Monster itu juga dikatakan suka menculik atau melukai orang, terutama para bocah. Ia muncul dalam banyak kisah seram di dunia maya atau populer disebut sebagai creepypasta.

Begini sejarahnya. Pada 8 Juni 2009 diadakan sebuah kontes pengeditan foto yang mengandung entitas supernatural. Menurut Know Your Meme, blog tentang kronik budaya web dan meme, tujuan dari kontes ini adalah untuk membuat gambar dan kemudian menggunakannya untuk menipu alias "troll" pengguna internet lain dengan mengirimkannya ke situs-situs paranormal.

Salah satu pesertanya adalah Eric Knudsen yang punya nama alias 'Victor Surge' mengirim 2 gambar dalam kontes, keduanya gambar anak-anak hitam putih, salah satu di antaranya menampilkan sosok Slenderman di latar belakang.

Dua foto tersebut diaku berasal dari tahun 1984, salah satunya memuat teks, "Kami tidak ingin pergi, kami tidak ingin membunuh mereka, tapi sosok diam dengan tangan terentang membuat ngeri sekaligus membuat kita nyaman..."

Sehari kemudian, menurut Know Your Meme, Knudsen menambahkan foto ke tiga dan pengakuan fiktif seorang dokter tentang pembunuhan massal. Dan berawal dari itu, aksi gila Slenderman di internet dimulai.

"Sejumlah orang bercanda, 'Bukankah lucu jika beberapa di antara foto itu berakhir di situs-situs paranormal atau seseorang mengatakan foto-foto tersebut terlihat nyata," kata Knudsen dalam wawancaranya pada 2014 di National Public Radio.

"Aku tak mengira bahwa ada orang yang mengharap itu benar-benar terjadi."

 

3 dari 5 halaman

Berkembang

Slenderman
Perbesar
Slenderman (Wikia)

Sejumlah pengguna lain kemudian membuat versi cerita Slenderman sendiri, lalu menyebar ke situs-situs lain.

Mereka mulai menciptakan cerita Slenderman mereka sendiri. Dalam 5 tahun terakhir sosoknya muncul di fan art, cerita pendek, video, game dan media lain di seluruh web. Sebuah pencarian Google untuk "Slenderman" pada Selasa kemarin menghasilkan lebih dari 4 juta hasil.

Slenderman juga telah menjadi subjek populer 'creepypasta' suatu bentuk fiksi pendek di internet. Plesetan dari istilah 'copypasta' yang sendiri berasal dari 'copy-paste'.

Creepypasta adalah fiksi horor yang ditulis di internet. Kadang dalam gaya mirip seperti berita atau kriminal yang benar-benar terjadi.

 

4 dari 5 halaman

Menginspirasi Kasus Percobaan Pembunuhan di AS

Morgan Geyser dan Anissa Weier
Perbesar
Morgan Geyser dan Anissa Weier mengaku membunuh demi Slenderman ( Waukesha County Police Department)

Karakter itu juga disebut-sebut menginspirasi kasus percobaan pembunuhan yang mengguncang Amerika Serikat 2014 silam. Dua gadis tanggung berusia 12 tahun tega menikam teman sebayanya sebanyak 19 kali di sebuah hutan di Milwaukee. Beruntung, korban selamat.

Latar belakang kasus itu ditengarai oleh obsesi para pelaku dengan kisah Slenderman.

Polisi mengatakan, mereka tahu karakter Slenderman dari situs yang mengkompilasi Creepypasta fiksi tersebut.

Belakangan, situs tersebut mengeluarkan pernyataan mengutuk serangan itu. "Ini adalah insiden yang berdiri sendiri, tidak merepresentasikan komunitas Creepypasta secara keseluruhan," kata situs itu. "Wiki ini tidak mendukung atau membela pembunuhan, pemujaan, dan replikasi karya fiksi. Ada garis jelas antara fiksi dan realitas, dan terserah kepada Anda untuk menetapkan garis itu. Kami adalah situs sastra, bukan pemuja setan."

5 dari 5 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓