Sukses

6 Langkah Antisipasi Agar Tak Terserang Virus Menular Seperti COVID-19

bukan hanya Virus Corona. Kita juga patut mewaspadai semua jenis virus berbahaya sehingga kita tidak sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona menjadi ancaman bagi masyarakat dunia. Meskipun sudah banyak pasien yang berhasil disembuhkan, namun penyebarannya begitu cepat.

Sejumlah negara bahkan harus berupaya keras menanggulangi permasalahan ini. Virus yang diyakini bermula dari Wuhan ini memang patut diwaspadai.

Namun, bukan hanya Virus Corona. Kita juga patut mewaspadai semua jenis virus berbahaya sehingga kita tidak sakit.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (6/3/2020) berikut 6 langkah antisipasi agar tidak terserang virus menular:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Biarkan Anggota Keluarga yang Sakit di Rumah

Untuk meminimalisir virus atau penyebaran penyakit menular, maka langkah bijak yang harus diambil adalah merawat anggota keluarga yang sakit di dalam rumah saja.

Sehingga virus atau penyakit menular itu bisa diminimalisir penyebarannya. Jika Anda atau orang yang dicintai sudah menunjukkan tanda-tanda penyakit, hindari keluar di tempat umum.

Dalam kasus yang lebih parah, orang yang sakit mungkin ditempatkan di bawah karantina atau isolasi.

 

3 dari 7 halaman

2. Minum Obat Saat Gelaja Awal Muncul

Bagi orang yang sudah minum obat untuk asma atau alergi, mungkin ide yang baik untuk berbicara dengan dokter mereka tentang rencana pra-pengobatan, di mana mereka mengobati gejala sebelum terjadi, untuk membantu mencegah risiko penyakit.

 

4 dari 7 halaman

3. Sanitasi yang Baik Serta Jaga Kebersihan

Sanitasi dan menjaga kebersihan adalah hal penting lainnya. Anda harus secara teratur membersihkan barang-barang yang sering disentuh di rumah.

Bisa jadi barang-barang itu terdapat virus. Anda juga harus memastikan cuci tangan sebelum makan.

 

5 dari 7 halaman

4. Masak Daging dan Telur dengan Benar

Makanan bisa mengandung bakteri beracun dan bisa membuat orang sakit baik dengan memakannya atau hanya dengan menyentuhnya. Sebagian besar makanan, terutama daging, unggas, ikan, dan telur, perlu dimasak dengan benar untuk membunuh bakteri.

 

6 dari 7 halaman

5. Hindari Kontak dengan Hewan Liar atau Ternak

Berbagai hewan dapat membawa kuman berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. Dikenal sebagai penyakit zoonosis, mereka dapat menyebar melalui sentuhan, gigitan.

Hewan ternak, dan juga hewan liar, bisa berbahaya bagi manusia, terutama saat terjadi epidemi. Kapan pun memungkinkan, hindari hewan-hewan ini. Jika bersentuhan dengan mereka tidak dapat dihindari, yang terbaik adalah mencuci dan membersihkan tangan setelah berurusan dengan mereka.

 

7 dari 7 halaman

6. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Ketika Anda merasa tidak sehat, tubuh Anda mulai menggunakan lebih banyak cairan dari biasanya, sehingga Anda bisa mengalami dehidrasi.

Minumlah sekitar 8 gelas cairan sehari, seperti air, kaldu, jus buah, susu, atau kopi tanpa kafein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.