Sukses

Indonesia Pastikan Jemaah Umrah yang Tertahan di Yordania Telah Pulang

Pemerintah Indonesia memastikan kepulangan seluruh WNI ketika pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan sementara akibat Virus Corona.

Liputan6.com, Amman - Indonesia memastikan kepulangan kloter terakhir jamaah umrah Indonesia yang tertahan di Yordania dan tidak dapat melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi.

Jamaah Indonesia yang tertahan di Yordania berjumlah 285 orang dan kini sudah kembali ke Tanah Air menyusul kebijakan Arab Saudi untuk menghentikan sementara izin masuk ke negaranya.

Keputusan Arab Saudi menimbulkan kekhawatiran bagi para Jemaah yang tertahan, khususnya terkait dengan kepastian kepulangan mereka. Demikian seperti dikutip dari portal website Kemlu.go.id, Jumat (6/3/2020). 

Indonesia melalui KBRI Amman bergerak cepat mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan hadir untuk para Jemaah di bandara Queen Alia, Yordania.

"Sebagai bentuk kehadiran negara dalam melindungi WNI di luar negeri, KBRI Amman telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan perwakilan agen perjalanan, jamaah, dan maskapai penerbangan untuk memastikan kepulangan para jamaah kembali ke Indonesia secepatnya," ungkap Duta Besar Indonesia untuk Yordania, Andy Rachmianto.

Indonesia melakukan upaya semaksimal mungkin agar para Jemaah mendapatkan hak-haknya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yordania Jadi Daftar Kunjungan Jamaah Umrah Indonesia

Yordania merupakan salah satu destinasi ziarah bagi jamaah umrah plus asal Indonesia yang umumnya dirangkaikan dengan ziarah ke Mesjid Al-Aqsa di Palestina.

Sejumlah situs-situs sejarah Islam di Yordania yang sering dikunjungi jamaah umrah Indonesia antara lain Gua Kahfi (Ashabul Kahfi), situs perang Mu'tah dan perang Yarmouk, makam para sahabat Nabi, dan Laut Mati. 

Dalam tiga tahun terkahir, jumlah wisatawan Indonesia ke Yordania mengalami kenaikan 30% hingga mencapai lebih dari 45.000 orang setiap tahunnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.