Top 3: Panorama Mars Karya Wahana Curiosity NASA Jadi Sorotan

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 06 Mar 2020, 11:17 WIB
Diperbarui 06 Mar 2020, 11:17 WIB
Ilustrasi astronaut.
Perbesar
Ilustrasi astronaut. (NASA)

Liputan6.com, Jakarta- Berita terpopuler Kanal Global Liputan6.com  hari ini membahas wahana penjelajah milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), yaitu Curiosity, yang mengabadikan panorama beresolusi tertingginya dari permukaan Mars. 

Tidak hanya itu, berita populer lainnya juga membahas Asteroid yang diperkirakan memiliki lebar antara 1,1 dan 2,5 mil, dilaporkan akan melintasi Bumi pada 29 April mendatang. 

Isu ketahanan Virus Corona di benda sekitar kita juga tak kalah jadi sorotan.

Berikut ini 3 artikel populer dalam Top 3 kanal Global Liputan6.com edisi Jumat (6/3/2020):

2 dari 5 halaman

1. Wahana Curiosity NASA Abadikan Panorama Mars Beresolusi 1,8 Miliar Piksel

Rover Curiosity milik NASA saat menjalani ekspedisi di permukaan planet Mars. (Foto: NASA).
Perbesar
Rover Curiosity milik NASA saat menjalani ekspedisi di permukaan planet Mars. (Foto: NASA).

Wahana penjelajah milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Curiosity, mengabadikan panorama beresolusi tertingginya dari permukaan Mars. Gambar-gambar yang dihasilkan Curiosity pun menguak bentuk permukaan planet merah.

Berdasarkan rilis terbaru Laboratorium Propulsi Jet (JPL) NASA, terdiri dari 1.000 lebih gambar yang diambil selama liburan Thanksgiving 2019 dan dikumpulkan dengan cermat selama beberapa bulan berikutnya, komposit tersebut berisi 1,8 miliar piksel lanskap Planet Mars. 

Mast Camera (Mastcam) dari wahana penjelajah itu menggunakan lensa telefotonya untuk menghasilkan gambar panorama tersebut. Sementara itu, kamera tersebut mengandalkan lensa sudut-menengah untuk menghasilkan panorama dengan resolusi lebih rendah, dengan hampir 650 juta piksel yang mencakup bagian dek dan lengan robot dari wahana angkasa luar itu.

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Asteroid Besar Dekati Bumi Akhir April, NASA Yakin Tak Akan Bertabrakan

ilustrasi asteroid.
Perbesar
ilustrasi asteroid. (iStockphoto)

Asteroid yang diperkirakan memiliki lebar antara 1,1 dan 2,5 mil, akan melintasi Bumi pada 29 April. Namun, menurut perkiraan NASA, asteroid tersebut tidak akan bertabrakan dengan planet manusia. 

"Jika itu (tabrakan) terjadi, asteroid itu cukup besar untuk menimbulkan efek global," menurut NASA, ketika asteroid pertama kali ditemukan. 

Melansir CNN, Kamis (5/3/2020), asteroid itu disebut dengan 52768 (1998 OR2) dan pertama kali terlihat pada 1998. Asteroid ini akan melewati jarak 3.908.791 mil dari Bumi, bergerak dengan kecepatan 19.461 mil per jam. 

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan di Benda Sekitar Anda?

Intip Penanganan Pasien Virus Corona di Iran
Perbesar
Petugas medis mengenakan pakaian pelindung saat berkerja di rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau COVID-19 di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Iran tercatat memiliki korban meninggal tertinggi setelah China, yang menjadi pusat wabah. (Koosha Mahshid Falahi/Mizan News Agency via AP)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, saat ini tidak jelas apakah seseorang bisa tertular Virus Corona hanya dengan menyentuh permukaan atau benda yang sebelumnya terdapat COVID-19.

Faktanya, tidak banyak yang diketahui tentang virus COVID-19, jadi para peneliti beralih ke jenis virus yang hampir yang sama, seperti SARS dan MERS, untuk mendapatkan jawabannya. 

Dikutip dari laman sciencealert, Kamis (5/3/2020) Peneliti menemukan bahwa patogen manusia dapat bertahan di permukaan dan tetap menular pada suhu kamar hingga sembilan hari. 

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓